Sering Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Apakah Normal?

loading...
Kehamilan memang membawa banyak perubahan dalam fisik seorang wanita salah satunya adalah mengalami sakit pinggang saat hamil muda. Biasanya sakit pingang ini di alami oleh banyak wanita yang baru pertama kali hamil yang di sebabkan karena adanya perubahan secara fisik. Jadi apakah sakit pinggang pada ibu hamil muda ini adalah hal yang wajar? 

Setelah membaca artikel mengenai ibu hamil akhirnya admin areabumil.com menemukan jawabannya untuk Ibu-ibu hamil yang merasa was-was dan khawatir mengenai sakit pinggang yang di alami. 

Ternyata tidak hanya Anda yang mengalami sakit pinggang saat hamil, tetapi banyak di antara ibu hamil yang justru mengalami keluhan yang sama. Bagi ibu yang baru pertama kali hamil akan merasakan sakit pinggang yang cukup berat dan kadang juga akan di alami ibu hamil yang sudah beberapa kali mengalami kehamilan. 

Sering Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Apakah Normal?

Sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab kenapa ibu hamil muda sering mengalami sakit pinggang? Beberapa ibu hamil telah mengkonsultasikan hal ini kepada bidan kandungan dan jawabannya adalah  sakit pinggang saat hamil muda merupakan hal yang wajar terutama bagi ibu yang sedang hamil pertama kali, hal ini di sebabkan karena pembagian nineral kalsium ibu dan janin sehingga menjadi penyebab kenapa sering muncul sakit pinggang dan mudah lelah.


Nah oleh sebab itu, mengapa kebutuhan ibu hamil cenderung lebih tinggi daripada wanita biasa. Tidak hanya kalsium, melainkan nutrisi penting lainnya yang harus ibu hamil penuhi untuk mengurangi keluhan saat hamil. Ingat nutrisi yang baik untuk ibu hamil bukan 4 sehat 5 sempurna tetapi makanakan yang bergizi lengkap dan seimbang

Makanan yang bernutrisi lengkap dan seimbang itu adalah pengganti dari makanan 4 sehat 5 sempurna yang di anggap oleh pemerintah tidak relevan lagi dengan kesehatan. Nah seperti apa makanan bergizi lengkap dan seimbang ini? 

Makanan yang dimaksud di atas adalah asupan nutrisi atau gizi yang terpenuhi sesuai kebutuhan tubuh (tidak terlalu kurang dan tidak lebih) kemudian di imbangi dengan olahraga fisik dan menjaga kebersihan tubuh. Untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap kita harus makan makanan yang bervariasi seperti nasi, ubi, sayuran dan buah-buahan. Sekarang kita balik lagi kepada masalah sakit pinggang. 

Bagaimana ya jika sakit pinggang ini benar-benar sakit tidak tertahankan? 

Setiap orang mengalami rasa sakit pinggang yang berbeda, ada yang merasa sakit pinggang biasa dan ada juga yang merasa sakit pinggang seperti mau copot pinggangnya, apakah ini normal? Iya bisa jadi ini adalah hal yang normal sebab beberapa bumil merasakan pinggang yang sangat sakit seperti yang ibu rasakan. 

Untuk memastikannya ada dua cara, cobalah Ibu makan makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, kacang-kacangan dan sayur bayam. apabila sakit pinggang tidak kunjung berkurang pada keesokan harinya maka sebaiknya di konsultasikan ke dokter atau bidan terdekat. 

Cara kedua untuk membuktikan apakah sakit pinggang biasa atau tidak adalah dengan tidur terlentang dan carilah posisi yang nyaman misal meletakkan bantal di bawah pinggang dan sebagainya yang penting membuat ibu nyaman. Bila sakit tidak berkurang sebaiknya coba konsultasikan kepada tim kesehatan. 

Kapan Sakit Pinggang Ini Akan Berakhir ?
Masalah kapan kami tidak dapat memastikannya karena kondisi tubuh setiap ibu hamil berbeda-beda, Namun pada umumnya keluhan sakit pinggang ini akan mereda setelah trimester pertama atau masuk ke minggu ke 12, ada juga yang kurang dari 12 minggu dan ada juga hingga masa kehamilan mencapai trimester ke 12. 

Bagaimana Cara Mengurangi Keluhan Sakit Pinggang Ini 
Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, pertama konsumilah makanan yang bergizi lengkap terutama kalsium, kemudian berbaringlah dengan posisi yang nyaman sehingga pinggang mulai berkurang rasa sakitnya dan yang terakhir cobalah untuk tidak menganggak beban yang berat atau hentikanlah aktifitas yang membutuhkan tenaga yang banyak.  
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sering Sakit Pinggang Saat Hamil Muda Apakah Normal?"

loading...