semua tentang ibu hamil

Seberapa Akurat Alat Tes Kehamilan? Ini Jawabannya

loading...

loading...
Menguji apakah kita hamil ataukah tidak dapat kita buktikan dengan menggunakan alat tes kehamilan (salah satunya test pack). namun yang menjadi permasalahan seberapa tingkat ke akuratan alat tes kehamilan tersebut. 

Saat ini banyak sekali merk tes kehamilan yang di jual di pasaran, cukup dengan sedikit merogoh kantong, kita dapat membelinya dengan harga kisaran Rp.5000 ke atas untuk yang biasa dan sedangkan yang luar biasa di kisaran Rp.25000. Apakah berbeda ke sensitifannya? Tidak, sama-sama sensitifnya.

Seberapa Tingkat Ke Akuratan Alat Tes Kehamilan

Menggunakan alat tes kehamilan ini dapat dengan cepat mengetahui hasilnya, sebab cukup dengan beberapa menit saja Anda akan mengetahuiapakah positif hamil atau kah tidak Namun, apakah hasilnya di jamin akurat 100% ?  Nah untuk mengetahui tingkat ke akuratannya cobalah untuk mengikuti tes berikut ini :

Prinsip penggunaan kerja dari alat tes kehamilan khususnya test pack yaitu menggunakan urin untuk menjadi parameternya.  Cukup dengan menyelupkan alat tes yang menyerupai tongkat ataupun lembaran kertas kecil ke dalam urin yang telah kita tampung dengan sesuai aturan dapat menunjukkan apakah Anda positif hamil ataukah tidak.

Berdasarkan informasi dari pusat kesehatan wanita menyebutkan bahwa alat tes kehamilan dapat memberikan hasil yang sangat akurat apa bila di lakukan dengan prosedur yang benar. Oleh sebab itu pentingnya untuk mengikuti intruksi yang tertera pada kemasan test pack dan hindari penggunaan test pack yang telah kadaluarsa.

Hati-hatilah dalam memeriksa stip tes dengan teliti karena step tes ini yang akan memberikan informasi penting mengenai hasil tesnya kepada Anda. Perhatikanlah tanda yang di hasilkan apa bila positif pada kemasan alat tes kehamilan. Jika tanda positif muncul baik samar ataupun jelas maka segeralah untuk lebih memastikanya dengan mendatangi dokter kandungan.

Waktu penggunaan alat tes kehamilan di rumah juga mempengaruhi tingkat ke akuratannya, hal ini juga perlu di perhatikan. Hormon HCG (human chorionic gonadotropin) juga akan di produksi 6 hari setelah proses pembuahan sel telur.

Setiap hari konsentrasi hormon HCG akan mengalami peningkatan sehingga semakin tinggi hormon HCG dalam urin maka hasil dari tes kehamlan akan semakin jelas. Apa bila saat menggunakan test pack pertama hasilnya belum positif atau samar maka Anda dapat mengulangnya 2-6 hari selanjutnya. 


Pusat informasi Kesehatan wanita menyebutkan bahwa setiap hari konsentrasi kerja homon kehamilan berfareasi dan konsentrasi hormon ini lebih sering tinggi pada saat pagi hari. 

Melakukan tes kehamilan di rumah saat pagi hari, sebelum meminum apapun yang dapat mempengaruhi kualitas urin juga di sarankan oleh Mayo Clinic dan prosedur dalam kemasan alat tes kehamilan. Hal ini sangat membantu Anda untuk menghindari hasil negatif yang tidak valid, jika Anda kurang yakin dengan hasil negatif atau samar maka tes ulang dapat menjadi pilihan untuk mendapat kepastian yang lebih akurat.

Beberapa desain alat tes kehamilan yang dapat di gunakan di rumah ternyata memiliki kepekaan yang berbeda-beda. Sebuah percobaan yang di lakukan di tahun 2004 dengan menguji 18 macam alat tes kehamilan yang berbeda merk semuanya menunjukan hasil yang positif dalam mendeteksi hormon kehamilan walupun dengan hasil indikator yang cukup rendah. 

Memeriksakan diri ke dokter atau bidan tetap di perlukan apa bila hasil tes kehamilan menunjukkan Anda positif hamil untuk memastikan ke akuratan hasil tes.

Kemudian dokter atau bidan akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengkonfirmasi kehamilan Anda dengan melakukan tes darah atau USG. Ketika telah dinyatakan positif maka Anda akan mendapatkan saran-saran yang membantu untuk melewati masa kehamilan muda agar Anda tetap dalam kondisi yang sehat.

Bagaimana dengan hasil tes kehamilan yang negatif? Tetap perlu untuk diperiksakan ke dokter apa bila Anda mengalami gejala-gejala seperti orang hamil pada umumnya, gejala ini muncul dapat di sebabkan adanya gangguan kesehatan sehingga perlu untuk di lakukan.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seberapa Akurat Alat Tes Kehamilan? Ini Jawabannya

0 komentar: