semua tentang ibu hamil

Tanda-Tanda Anda Akan Melahirkan Anak Pertama

loading...

loading...
Siang bunda, kali ini kita akan membahas apa saja tanda-tanda bahwa Anda akan segera melahirkan anak pertama. Kenapa saya memilih topik ini sebab saya yakin bunda yang baru pertama kali hamil akan penasaran dengan gejala atau tanda akan melahirkan yang sudah dekat.

Salah satu bekal penting untuk bunda-bunda yang saat ini hamil adalah mengetahui tanda bahwa bunda akan segera melahirkan. Mengapa ini penting ? Karena dengan bunda mengetahui hal ini bunda akan dapat mempersiapkan proses persalinan lebih matang apa lagi jika bunda baru pertama kali. 

Tanda-Tanda Anda Akan Melahirkan Anak Pertama

Bunda proses melahirkan ini adalah proses yang cukup panjang dan sangat melelahkan. Jarak antara tanda-tanda persalinan ini hingga ke proses bersalin dapat memakan waktu hingga 5 jam lebih jadi bunda masih dapat mempersiakan diri.

Hal yang perlu bunda ketahui adalah tidak semua ibu hamil memiliki tanda yang sama ketika akan melahirkan. Namun secara umum memiliki ciri yang sama. Sebenarnya gejala bahwa bunda akan segera melahirkan bisa di rasakan seminggu hingga sehari sebelum proses melahirkan berlangsung. 

Perubahan fisik dan emosional yang terjadi pada ibu hamil bisa menjadi tanda bahwa bunda akn segera melahirkan. Berikut ini beberapa tanda yang mungkin akan dirasakan bunda ketika akan segera melahirkan dari segi fisik :

1. Punggung mulia terasa nyeri seperti pra haid
2. Susah tidur ( tidak seperti biasanya)
3. Buang air kecil semakin sering dari biasanya. Hal ini di karenakan sebelum proses persalinan berlangsung, bayi akan turun ke area tulang panggul sehingga kandungan kemih sering di sandari oleh rahim, inilah yang menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil sebelum persalinan.

4. Dari miss V keluar cairan semacam lendir kental yang bercampur dengan darah. Serviks bunda di tutupi oleh lendir yang kental saat hamil. Serviks akan membesar saat mendekati persalinan, pembesaran inilah yang menjadikan lendir ini keluar. Lendir ini juga dapat keluar juga apa bila bunda berhubungan intim di saat hamil ataumelakukan pemeriksaan miss v.

5. Kontraksi palsu akan bunda rasakan, biasanya kontraksi ini juga di sebut Braxton Hicks yang merupakan proses pengencangan perut yang datang dan pergi. Kontraksi ini biasanya berlangsung antara 30 hingga 120 detik. Kontraksi Braxton Hicks juga akan mereda ketika bunda berpindah posisi dan dalam kondisi rileks.

Perbedaan antara kontraksi sungguhandan kontraksi palsu ini adalah kontraksi Braxton Hicks terjadi di daerah perut atau panggul sedangkan kkontraksi sungguhan terjadi pada bagian bawah panggul dan kemudian berpindah kebagian perut depan.

6. Serviks Akan Lebih Elastis dan Lunak sehingga akan melebar 1 hingga 2 centimeter, untuk bunda yang baru pertama kali melahirkan tidak ada jaminan ke elastisan serviks dapat mencapai 1 centimeter.

7. Air ketuban pecah. Kebanyakan yang di ketahui orang air ketuban pecah adalah tanda paling umum bahwa akan segera terjadi persalinan .

Umumnya kontraksi lebih dahulu terjadi sebelum air ketuban pecah, namun tidak menutup kemungkinan air ketuban yang pecah terlebih dahulu kemudian di susul adanya kontraksi. Ketika hal ini telah terjadi makan persalinan akan segera terjadi.

Artikel Terkait : Pengalaman Melahirkan Anak Pertama Secara Normal 

Hal yang perlu di waspadai adalah ketika air ketuban telah pecah namun bunda tidak kunjung merasakan kontraksi, kejadian ini cukup beresiko sebab bayi dapat terinfeksi karena cairan yang selalu melindungi bayi dari infeksi telah habis keluar.

Apa bila hal ini terjadi proses induksi akan dilakukan untuk keselamatan bayi. Bila bunda mengalami hal ini maka segeralah bergegas kerumah sakit karena biasnya persalinan akan segera terjadi sekitar 24 jam setelah pecahnya air ketuban.

Sedangkan dari segi emosional bunda akan merasa lebih sensitif atau mudah marah seperti prahaid.

Tips Untuk Persiapan Persalinan

Umumnya proses melahirkan terjadi pada usia hamil 9 bulan atau 40 minggu. Pada usia tersebut fisik bayi telah siap untuk menjalani kehidupan di luar rahim Anda. Namun tidak semua wanita melahirkan pada kisaran waktu tersebut.

Ketika kehamilan berusia 9 bulan atau 40 minggu bayi telah siap untuk menjalani kehidupan di luar kandungan, namun bunda juga perlu tau bahwa proses melahirkan setiap wanita dapat berbeda karena ada yang lebih cepat (seperti bayi prematur).

Saat masa persalinan telah dekat buda sebaiknya juga menpersiapkan perlengkapan melahirkan agar ketika bunda sudah masuk dalam proses persalinan bunda dapat membawa perlengkapan ini sehingga tidak perlu sibuk mencari perlengkapan lagi. Berikut ini beberapa perlengkapan yang mungkin perlu bunda persiapkan  :
  • Baju dan peralatan mandi 
  • Perlengkapan bayi
  • Makanan Ringan 
  • Benda yang dapat menghibur bunda saat menunggu persalinan 
  • Selimut dan bantal yang nyaman
  • Membawa kamera bila perlu, jika bunda hendak mengabadikn momen indah ini.

Pastikan juga siapa yang akan menemani bunda saat proses persalinan. Bunda dapat memilih suami ataupun ibu.embantu para wanita saat bersalin. Pastikan mereka siap menemani Anda saat persalinan dimulai.

Artikel terkait : Tips Cara Melahirkan Bayi Secara Normal Dengan Mudah

Bunda yang merencanakan melahirkan dengan normal sangat pnting untuk mengetahui tanda-tanda melahirkan akan segera terjadi agar dapat mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Namun, untuk bunda yang merencanakan persalinan secara ceasar tanda-tanda melahirkan tidak terlalau di perlukan karea dapat di lakukan kapan saja asalkan kondisi kesehatan bunda telah baik dan usia kandungan telah mencukup syarat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanda-Tanda Anda Akan Melahirkan Anak Pertama

0 komentar: