Tips Berpuasa Saat Hamil Agar Janin Tetap Sehat

loading...
Menyambung postingan sebelumnya yang membahas mengenai puasa saat hamil. Setelah bunda mengetahui kalau ibu hamil itu boleh puasa ada baiknya jika bunda juga mengetaui tips berpuasa agar tetap sehat dan dedek bayi tidak kekurangan nutrisi hariannya. 

Saya dan bunda pasti tau kalau puasa itu tidak makan, tidak minum dan menahan hawa nafsu di siang hari dari imsyak hingga adzan magrib, pastinya itu bukanlah waktu yang sebentar untuk menahan makan dan minum. 

Sebelum bunda memutuskan untuk berpuasa, baik di bulan romathon ataupun di bulan yang lain ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan bidan untuk mengecek kondisi kesehatan bunda dan dedek bayi dalam kandungan.

Tips Berpuasa Saat Hamil

Jika bunda sudah mengantongi restu dari dokter atau bidan silahkan untuk memulai puasa, tapi dengan satu syarat bunda harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk bunda sendiri dan dedek bayi pada saat berpuasa.

Kali ini areabumil.com akan membagikan tips untuk bunda bagaimana berpuasa saat hamil agar kondisi tubuh tetap sehat dan janin tidak kekurangan asupan gizinya, berikut ini beberapa tips yang bisa bunda terapkan.

Ketika Sahur 
Saat sahur adalah hal yang paling penting untuk bunda lakukan, karena modal nutrisi di saat sahur yang akan bunda gunakan selama berpuasa.
1. Santaplah makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup. Salah satu makanan yang kaya akan protein dan lemak adalah telur dan daging kandungan ini cukup awet bertahan di dalam pencernaan sehingga bunda akan lebih lama merasakan kenyang.
2. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, baik dikonsumsi karena dapat membuat Bunda kenyang lebih lama.
3. Agar vitalitas tubuh tetap terjaga, Bunda juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah dan sayuran, serta makanan dengan kandungan seng (zinc) yang tinggi seperti daging, ikan, dan susu.
4. Bunda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.
5. Hindari makanan manis saat sahur karena akan merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula darah. Akibatnya, kadar gula darah menurun, sehingga Bunda merasa lemas dan cepat lapar.
6. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi usahakan minum air putih yang banyak ya bun.

Ketika Berpuasa
1. Bunda harus mengurangi aktivitas fisik yang sekiranya banyak mengeluarkan energi, seperti mencuci baju yang banyak dengan tangan atau secara manual dan berjalan kaki dengan jarak yang terlalu jauh.
2. Saat berpuasa bunda akan merasa lemas hal itu adalah wajar. Jadi bunda harus banyak istirahat seperti duduk santai sambil membaca buku atau di gunakan untuk tidur.
3. Batalkanlah puasa bunda apa bila terjadi hal-hal di bawah ini:
- Berkeringat secara berlebihan, terutama keringat dingin. Ini menandakan bahwa kondisi fisik Bunda  sudah tidak kuat lagi untuk berpuasa.
- Mimisan yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah, yang menandakan kondisi tubuh Bunda sudah tidak stabil.
- Muntah-muntah lebih dari tiga kali yang dapat menyebabkan dehidrasi.
- Mengalami diare yang diikuti rasa mulas.
- Lemas dan pusing yang diikuti dengan mata yang berkunang-kunang. Hal ini pertanda timbulnya hipoglikemia, yaitu kondisi dimana kadar gula terlalu rendah.

Ketika Berbuka Puasa
1. Saat berbuka bunda makanlah makanan dan minuman yang manis seperti kolak dan buah korma untuk meningkatkan kadar gula darah.
2. Agar kinerja lambung tidak mengalami penurunan bunda hindari terlebih dahulu makanan dan minuman yang dingin.
3. Ketika bunda makan malam boleh kok makan makanan yang cukup banyak porsinya tapi jangan sampai menimbulkan begah karena dapat membuat tidak nayman pada badan, konsumsi air putih yang cukup juga sangat di perlukan agar volume darah tetap stabil dan terhindar dari dehidrasi, selain itu banyak minum air putih akan menjaga suhu tubuh normal dan mencegah munculnya sembelit.

Setelah usai berbuka bunda ketika malam dapat mengemil makanan yang baik, makan buah-buahan agar vitamin dan mineralnya juga tercukupi. Hindari berpuasa saat hamil apa bila bunda memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi dan lainnya. Namun biasanya dokter atau bidan sebelum memberikan izin akan mempertimbangkan kondisi kesehatan bunda untuk berpuasa saat hamil. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Berpuasa Saat Hamil Agar Janin Tetap Sehat "

loading...