Tips dan Saran Hamil Sambil Kuliah

loading...
Mengalami hamil tapi sambil kuliah, menurut bunda gimana, apakah ada cara untuk memanajemen hal ini agar semuanya tetap bisa berjalan? Mungkin bagi Bunda yang mengalami kondisi ini akan merasa bingung harus bagaimana. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk calon ibu yang masih mengenyam dunia pendidikan seperti menjadi mahasiswa.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa ibu hamil kata orang tidak boleh ini dan tidak boleh itu, misalnya berkendara terlalu jauh, naik tangga dan lain-lain. Padahal kegiatan kerja atau kuliah mengharukan ibu hamil untuk mengerjakan banyak pantangan yang orang lain katakan. 

Kita harus bagaimana dong? Pertama jangan terlalu memperdulikan apa kata orang, sebab mitos atau pantangan yang orang lain katakan tidak semuanya benar dan hanya berupa kekhawatiran semata. Jadi alangkah baiknya jika bunda klarifikasi dulu pada pakar kandungan seperti bidan atau dokter kandungan yang kompeten.


Kuliah dalam kondisi hamil? Kenapa Tidak
Sebab diantara banyak ibu hamil ada beberapa yang masih dalam proses studi alias menjadi mahasiswa, toh tidak ada salahnya juga kuliah dalam keadaan hamil karena kampus biasanya tidak melarang mahasiswanya untuk hamil sambil melaksanakan kegiatan perkuliahan. 

Yang menjadi masalah pada bunda yang sedang kuliah adalah menghawatirkan kesehatan kandungan selama mengerjakan aktifitas kuliah yang berat. Agar bunda tidak merasa terlalu khawatir mengenai hal ini, bagaimana kalau kita mempelajari pengalaman dari bunda-bunda yang lain yang pernah mengalami keadaan yang sama dengan yang bunda alami saat ini. 

Areabumil.com mencoba untuk menyajikan dan merangkum beberapa pengalaman dari wanita yang pernah hamil saat kuliah dan tetap memiliki kandungan yang sehat dan normal. Apa komentar mereka menganai hamil sambil kuliah, berikut ini ulasannya: 

1. Jika sanggup ya di jalanin aja bila bunda yakin akan mampu melalui medan kuliah dengan baik maka silahkan untuk di lanjutkan, tetapi jika merasa di tengah jalan sudah tak sanggup karena muncul keluhan yang tidak tertahankan sebaiknya cuti terlebih dahulu dan dilanjutkan pada semester berikutnya. 

2. Bagaimana jika sudah waktunya masa persalinan? pengalaman teman saya tetap masuk kuliah namun pada saat persalinan berlangsung sebaiknya ambil liburan minimal 1 minggu hingga 2 minggu untuk memulihkan tubuh, jadi ga perlu cuti selama satu smester. Sebaiknya juga kekampusnya di anterin jangan berangkat sendiri untuk ke amanan dan kesehatan. 

3. Terus yang merawat bayinya siapa? Kalau keluarga mau di titipin merawat bayi seperti mertua atau kakak ipar maka hal ini bisa menjadi pilihan untuk tetap bisa kuliah dan tetap bisa merawat bayi setelah pulang dari kampus. Tapi kalau bunda tinggal hanya bersama suami juga dapat menyewa seorang babysister untuk merawat buah hati bunda.

4. Bagaimana Dengan Kesehatan Janin Dalam Kandungan? Selama bunda yakin kuat dan mampu melaluinya kemungkinan janin tidak akan menjadi masalah sebab pengalaman teman saya  dan ibu hamil yang lain sejak hamil muda hingga melahirkanpun tetap aktif di kampus (selama persalinan cuti beberapa hari). 

Setelah mengetahui beberap tanggapan dari ibu hamil yang juga sambil kuliah saatnya memasuki sekmen selanjutnya yaitu membahas seputar tips hamil dan kuliah.

Jagalah Kondisi Fisik  Jika bunda memutuskan untuk tetap kuliah maka hasur tetep menjaga kondisi tubuh dengan baik dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang sertakan juga dengan olahraga kebugaran untuk ibu hamil agar tubuh tetap fit setiap hari.

Hindari Gerakan Yang Cepat dan Berat Apabila kampus bunda bertingkat dan kelas kuliah berada di lantai atas maka mau tidak mau bunda akan naik kelantai atas dimana kelas bunda berada. Naik tangga saat hamil harus hati-hati sebaiknya juga hindari gerakan yang tergesa-gesa untuk mengurangi goncangan yang terjadi pada ibu hamil. 

Mintalah Dukungan Dari Orang Sekitar Terutama Suami Agar semangat kuliah tidak luntur di tengah jalan harus ada yang selalu membackup kita dari belakang seperti suami yang selalu menumbukan motivasi kita untuk tetap semangat. Selain itu jika bunda mendapat dukungan dari orang sekitar ketika bunda mendapat masalah akan ada orang yang membantu menyelesaikan masalah bunda.

Gitu aja ya bun sharing malam ini mengenai tips hamil sambil kuliah, karena sudah malam saya ingin tidur terlebih dahulu agar saya bisa bangun pagi karena besok pagi harus berperlajanan jauh. Sampai jumpa di postingan yang lainnya, salam senyum :-)
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips dan Saran Hamil Sambil Kuliah "

loading...