semua tentang ibu hamil

Tips Agar Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

loading...

loading...
Melahirkan secara normal merupakan keingan hampir setiap ibu hamil dan dengan kelahiran yang normal kemungkinan untuk lekas sembuh lebih cepat. Umunya persalinan normal akan mengakibatkakn adanya pereobekan pada organ kewanitaan baik di sengaja ataupun tidak sehingga mengharuskan untuk dijahit.

Hal ini yang menjadikan banyak ibu hamil merasa ngeri dengan proses persalinan. "Bun ada ga ya tips agar melahirkan normal tanpa jaitan, soalnya tetangga saya ngelahirin kena 8 jaitan, ngeri bun" Iya sih bun memang mengerikan, kalau seandainya bisa pastinya semua bunda ingin melahirkan normal tanpa ada robekan yang menyebabkan harus di jait.

Setelah tim areabumil.com mencari informasi lebih dalam mengenai kasus ini, ternyata ada tips bagaimana caranya agar menghindari atau meminimalisir kemungkinan adanya robekan sehingga bunda tidak perlu mendapat jaitan, ya kalau dapat tidak sampe banyak. 

Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Penyebab Melahikan Normal Mendapat Jahitan
Sebenanya apa sih penyebab ibu hamil ketika melahirkan harus di jahit dan faktor apa yang mempengaruhi perobekan pada otot jalan keluarnya baby? Ada beberapa faktor bunda di antaranya karena kondisi pinggul yang terelalu sempit, kurang elastisnya jalannya baby, ukuran baby yang terlalu besar dan tim medis / penolong yang menangani persalinan bunda.

Apakah jika ukuran dedek baby besar tetap bisa melahirkan secara normal tanpa jahitan? Bisa bun, Ada kasus ibu hamil melahirkan baby 4,7 kg tidak dijahit, jadi kesimpulannya bunda jangan patah harapan, yang terpenting usaha terlabih dahulu, toh kalau berusaha tidak akan ada ruginya malah untung kalau berhasil, sedangkan yang tidak usaha udah rugi duluan.

Sekarang kita masuk pada pokok pembahasan bunda, yaitu membahas tips agar dapat melahirkan secara normal tanpa jaihitan, sebelumnya bunda saya sarankan untuk membaca dulu artikel sebelumnya yang membahas : Cara Melahirkan Bayi Secara Normal Dengan Mudah

Tips Agar Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Hal pertama yang harus bunda pahami adalah tips ini tidak menjamin 100 persen bunda tidak akan dijahit, semuanya tergantung takdir kedepannya sebab banyak faktor yang mempengaruhi. Jadi bunda harus tetap yakin bisa dan berdao disertai dengan usaha.

1. Hindari Mengangkat Pantat Saat Proses Persalinan
Bunda-bunda terdahulu yang telah berpengalaman di dalam melahirkan banyak bayi dan tidak dijahit mengatakan kalau kuncinya itu adalah jangan mengangkat pantat saat proses persalinan terutama saat mengejan. 

Why? ternyata stelah di usut bun ada pengaruhnya, sebab kalau pantat kita di angkat jalan bayi tidak ada yang menopang sehingga ketika bayi hendak keluar perobekan akan terjadi karena tidak ada penahannya. Cara ini tlah dibuktikan oleh banyak ibu hamil dan berhasil. Setidaknya kalau gagal tidak akan menjadikan banyak jaitan.

2. Melakukan Latihan Kegel
Untuk mendukung persalinan tanpa jahitan bunda harus memiliki lubang miss v yang lentur dan lunak sehingga memudahkan bayi keluar tanpa menimbulkan perobekan. Salah satu cara agar miss v lentur, elastis dan lunak dengan melakukan latihan kagel.

3. Perbanyak Gerakan Jongkok
Sering jongkok pada ibu hamil juga dapat melatih paha panggul dan area kewanitaan yang baik untuk mmpermudah proses persalinan. Tapi bunda juga harus ingat geerakan jongkok juga sewajarnya dan jangan sampai terlalu capek.

4. Tidak Tergesa-Gesa
Ketika dalam proses persalinan bunda harus sabar dan tidak terburu-buru dalam mengejan, biarkanlah kepala bayi keluar secara perlahan serta santai dan untuk mengusahakan tidak terjadinya robekan, intinya jangan tergesa-gesa ya bun.

5. Usahakan Dalam Keadaan Rileks
Bagaiamana mau rileks dan tenang bun, isinya ya tegang, apa lagi taruhannya kan nyawa. Iya walaupun demikian situasinya usahakan bunda slalu berfikir positif dan tenang saat proses melahirkan sebab kalau bunda tegang otot-otot akan mengencang dan tidak akan lentur.

6. Mintalah Untuk Di Ingatkan Penolong
Umumnya ibu hamil saat proses peresalinan mengetahui untuk tidak mengangkat bokong kekanan atau kekiri dan ke atas, karena terlalu panik atau bahkan terlalu semangat untuk mengeluarkan bayi sehingga lupa pada aturannya sehingga di angkatlah bokong tinggi-tinggi tanpa disadari.

Hal ini cukup banyak di alami oleh ibu hamil sehingga robekpun tidak bisa di hindari dan pada akhirnya harus di jahit. Oleh sebab itu penting untuk minta di ingatkan kepada penolong dan orang di sekitar Anda yang menemani proses persalinan.

7. Carilah Penolong yang sabar dan Berpengalaman
Tips yang terakhir ini tergantung dari penolong bunda dalam proses melahirkan, bila penolong sabar dalam menahan perinium dengan kuat dan terkendali maka akan sangat memungkinkan tidak adanya robekan. Hal ini dibutuhakn keterampilan dan pengalaman yang baik oleh penolong.

Sebelum saya tutup perjumpaan kita kali ini bun, saya ingatkan kembali bunda harus banyak berdoa dan berpasrah diri kepada yang maha kuasa. Jagalah selalu kesehatan bunda saat hamil dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang sertakan juga dengan olahraga ringan. Semoga tips agar melahirkan normal tanpa jahitan ini bermanfaat ya bun, sampai jumpa di postingan yang lain. Salam senyum ^-^

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Agar Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

0 komentar: