semua tentang ibu hamil

Kapan Detak Jantung Janin Dapat Terdeteksi Dan Terdengar

loading...

loading...
Mendeteksi detak jantung janin sejak dini cukup penting untuk dilakukan apa bila kita ingin memastikan apakah janin dalam kandungan kita dalam keadaan sehat. Sebab salah satu indikator pertumbuhan janin yang sehat dalam kandungan adalah terdeteksinya denyut jantung.

Hamil tetapi tidak terdeteksi denyut jantung janin maka kehamilan ini perlu dicurigai kenormalannya, sebab salah satu ciri dari janin tidak berkembang adalah tidak terdeteksinya denyut jantung janin di usia kehamilan tertentu.

Kapan Detak Jantung Janin Dapat Terdeteksi

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah usia berapa dan kapan janin dapat terdengar detak jantungnya? Detak jantung janin mulai dapat terdeteksi pada usia kehamilan 8 minggu dengan menggunakan alat USG (Ultrasonografi), hal lain yang dapat mempengaruhi dalam mendeteksi detak jantung janin pada usia kandungan 8 minggu adalah posisi janin yang tepat, alat USG yang normal dan digunakan oleh orang yang ahli/ profesional.


Beberpa pertanyaan yang mungkin juga Anda alami:
Apakah bisa mendeteksi detak jantung janin secara dini tanpa alat?
Bisakah kita merasakan denyut jantung janin menggunakan telapak tangan saja?

Untuk dapat mendeteksi adanya detak jantung janin secara dini tepatnya pada usia kehamilan 8 minggu saat ini hanya bisa di lakukan dengan bantuan alat ultrasonografi dan sedangkan untuk merasakan denyut jantung janin menggunakan telapak tangan mulai dapat dirasakan ketika usia kehamilan 3 bulan atau 12 minggu.

Terkadang yang menjadi permasalahan dalam mendeteksi detak jantung janin pada usia kehamilan 8 minggu adalah kesalahan didalam menghitung masa kehamilan sehingga ketika seorang ibu hamil datang ke dokter kandungan untuk memeriksakan denyut jantung dengan bantuan alat USG usia kehamilannya kurang dari 8 minggu sehingga detak jantung janin belum dapat terdeteksi.

Bagaimana menghitung usia kehamilan? Ada beberapa metode untuk mengetahui usia kandungan Anda, salah satunya dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Biar tambah mudeng atau mengerti metode ini langsung kita menuju contoh: Misalkan sekarang tanggal 16 maret Anda telah positif hamil dengan menggunakan testpack dan HPHT anda 16 februari maka usia kehamilan Anda sudah 4 minggu.

Kelemahan munggunakan metode HPHT ini adalah kesalahan dalam menghitung usia kandungan, plus minusnya sekitar 2 minggu. Lalu bagaimana cara menghitung usia kandungan yang labih akurat? dengan menggunakaan USG karena dapat melihat dan mengukur ukuran janin sesuai dengan usianya, cara ini akan lebih akurat dari pada HPHT.

Jadi ketika Anda ingin memerikasakan kandungan untuk mendeteksi detak jantung janin menggunakan USG Anda juga dapat sekaligus mengetahui berapa sebanarnya usia kehamilan Anda.

Berapakah denyut jantung janin yang normal ? Janin yang sehat memiliki denyut jantung sekitar 110 hingga 160 kali permenit. Bagaimana jika kurang atau lebih dari kisaran itu? Apa bila denyut janin Anda kurang dari 100 atau lebih dari 180 kali permanit maka hal ini menunjukkan kemungkinan ada masalah pada kehamilan.

Namun Anda tidak perlu panik sebab apa bila terjadi sesuatu pada kehamilan atau hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai kondisi kandungan, Dokter akan menyampaikannya kepada Anda saat melakukan USG.

Saran dari kami sebaiknya Anda memilih rumah sakit dan dokter kandungan yang telah mimiliki reputasi yang baik agar Anda mendapat pelayanan yang berkualitas dan informasi yang memadai. Cara mencarinya adalah dengan bertanya pada kerabat atau sahabat terdekat Anda yang telah berpengalaman untuk meminta rekomendasi.

Kesimpalan  dar artikel iniadalah :
Detak jantung janin dapat mulai terdeteksi paling cepat di usia kehamilan 8 minggu dengan menggunakan USG dan mulai dapat di rasakan menggunakan telapak tangan ketika 12 minggu (3bulan). Baca juga Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman Untuk Janin

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kapan Detak Jantung Janin Dapat Terdeteksi Dan Terdengar

0 komentar: