semua tentang ibu hamil

Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran Dan Pemulihan Tubuh

loading...

loading...
Seorang wanita yang mengalami keguguran pasti mengalami strees bahkan trauma kalau keguguran itu adalah calon anak pertamanya. Ada beberapa orang yang sangat ingin hamil lagi dan mempunyai anak, dan ada pula orang yang harus menunggu sekitar tiga sampai enam bulan untuk pemulihan rahim setelah dikuret.

Beberapa kasus yang menimpa wanita setelah keguguran untuk bisa hamil kembali sangat sulit bahkan tante saya sendiri belum pernah hamil lagi pasca keguguran yang telah menimpanya 10 tahun yang lalu.

Untuk Anda yang ingin segera mempunyai momongan dan tidak perlu menunggu beberapa waktu, ada beberapa cara yang bisa digunakan sebagai kiat-kiat untuk segera bisa hamil lagi setelah insiden keguguran yang menyakitkan hati:

1. Hindari Stress
Stress dapat memicu terganggunya hormon estrogen yang dapat mengontrol datangnya ovulasi atau masa subur. Apabila setelah keguguran kita stress dan tidak mau move on kita tidak akan bisa memliki anak lagi. Berhubungan seksual pada saat masa subur sangat membantu apabila ingin segera memiliki anak. Dukungan suami setelah istri keguguran sangat penting agar istri tidak mengalami stress pasca keguguran.

2. Konsumsi Obat-Obatan Khusus
Pasca keguguran kemungkinan anda akan diberi beberapa obat khusus oleh dokter, baik itu antibiotik, antidepresian, atau vitamin tergantung dengan kebutuhan anda. Tetap minum obat-obat itu sesuai dengan resep dan dosis yang dianjurkan oleh dokter sampai pada batas waktu, sampai Anda diperbolehkan untuk berhenti minum obat-obat tersebut. Banyak-banyak mengonsumsi asam folat yang merupakan nutrisi untuk mempersiapkan kehamilan selanjutnya.

3. Rutin Berolahraga
Lakukan olahraga yang ringan namun rutin dan teratur seperti jalan-jalan pagi, senam ringan dan bersepeda santai. Hindari olahraga terlalu berat yang menguras tenaga karena efeknya justru sebaliknya. Kualitas sel telur akan menurun.

4. Rajin Mengonsumsi Makanan Penyubur Kandungan
Konsumsi makanan yang disukai oleh sistem reproduksi kita seperti daging rendah lemak, ikan, tumbuh-tumbuhan berprotein seperti kacang dan kedelai, susu, telur dan daging sapi.

5. Kurangi Konsumsi Minuman Berkafein
Kurangi atau bahkan hindari minuman-minuman berkafein seperti kopi, teh, minuman energi, dan minuman bersoda. Kafein bisa menghambat kemampuan seseorang untuk hamil. Dan menurunkan kualitas sel telur.
6. Berhubungan Seksual di Waktu yang Tepat
Batasi diri anda dan suami jangan terlalu banyak melakukan hubungan seksual. Lakukan hubungan seksual saat masa ovulasi atau masa subur sehingga akan cepat hamil.

7. Cek ke Dokter
Berkonsultasilah dengan dokter, bagaimana agar bisa cepat hamil kembali usai keguguran. Dan seandainya anda mengidap kondisi tertentu yang dapat mengganggu proses kehamilan, anda bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut untuk mangatasi masalah tersebut dan segera bisa hamil kembali.

8. Lakukan Tes Darah
Tes darah dilakukan untuk mengatahui kondisi hormon seorang wanita, apakah bermasalah atau tidak. Selain itu, dilihat juga kondisi kekebalan tubuh wanita yang ingin segera hamil.

9. Lakukan Tes Kromosom
Untuk tes kromosom tidak hanya dilakukan pada istri saja tetapi juga suaminya. Tes kromosom dilakukan untuk mengetahui kesiapan kromosom kedua belah pihak untuk kehamilan berikutnya.

10. Melakukan Hubungan Seksual dengan Posisi Misionaris
Berhubungan seksual dengan posisi misionaris atau istri berada di bawah akan membantu sperma tertampung seluruhnya ke dalam vagina, usahakan tetap berbaring setelah sperma tertampung, agar sperma mudah membuahi sel telur.

11. Orgasme Juga Bisa Mempercepat Kehamilan
Usahakan pria dan wanita orgasme secara bersamaan, karena pada saat orgasme, vagina wanita akan menyedot seluruh sperma menuju sel telur dan akan mempercepat jalannya pembuahan sel telur.

12. Enjoy Saat Berhubungan Seksual
Jangan pikirkan hal yang macam-macam, cukup pikirkan hal-hal positif yang bisa membuat anda nyaman dan mood dalam melakukan hubungan seksual. Mengusahakan enjoy saat berhubungan seksual dan tidak tergesa-gesa akan membuat orgasme yang bersamaan dan membantu mempercepat proses pembuahan.

13. Rajin Membaca Informasi Kehamilan
Di era yang seperti sekarang ini tentunya tidak sulit bagi seseorang untuk mencari informasi. Anda bisa menggunakan internet sebagai media untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan.

14. Mengkonsumsi Makanan Yang Bergizi Seimbang
Agar tubuh lekas pulih kembali maka makanan yang bergizi seimbang adalah penunjang yang penting didalam memperbaiki dan meregenerasi sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan akibat ke guguran. 

Makan yang bergizi seimbang adalah makanan yang mengandung Protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh. Oleh sebab itu keragaman makanan sangat penting untuk asupan nutrisi yang seimbang.


Faktor usia merupakan salah satu penyebab keguguran, wanita yang hamil pada usia di atas 35 tahun memiliki resiko mengalami keguguran lebih tinggi daripada wanita yang berusia sekitar dua puluhan. Resiko meningkat menjadi 80% saat wanita hamil berusia di atas 40 tahun. 

Namun demikian, 70% dari wanita yang mengalami keguguran masih bisa hamil lagi, jadi jangan pernah menyerah untuk terus mencoba yang terbaik sebab hasil tidak akan mengecewakan usaha dan doa yang sungguh-sungguh. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cepat Hamil Setelah Keguguran Dan Pemulihan Tubuh

0 komentar: