semua tentang ibu hamil

Ciri-Ciri Pria dan Wanita Mandul Serta Penyebabnya

loading...

loading...
Ketika seseorang ingin mendapatkan anak, sudah melakukan segala cara yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan maka akan muncul fikiran bahwa pasangan kita, atau bahkan kita sendiri mengalami kemandulan. Sebenarnya apa kemandulan itu?

Kemandulan atau istilah ilmiahnya infertilitas adalah kegagalan pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan walaupun sudah berusaha dan melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama beberapa bulan bahkan sampai setahun. Mandul dipengaruhi oleh 30% faktor pria, 30% faktor wanita, dan 40% faktor lainnya. Bisa seperti lingkungan, keadaan rumah tangga, tingkat stress dan lain-lain.

Ciri-Ciri Pria dan Wanita Mandul Serta Penyebabnya
Penyebab mandul pada wanita disebabkan karena siklus menstruasi yang tidak teratur, seperti menstruasi nya terlalu cepat, terlalu lambat, terlalu banyak darah yang keluar dan sebagainya sehingga menyulitkan untuk memperhitungkan kapan masa suburnya. 

Hal-hal yang dapat memicu gangguan pada siklus menstruasi salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, dan banyak makan makanan cepat saji. Pemicu yang lain adalah faktor usia dimana ketika seorang wanita berumur diatas 40 tahun, maka produksi sel telur pada wanita juga menurun. 

Selain gaya hidup dan usia ada beberapa makanan yang menjadi penyebab masalah kesuburan wanita, yaitu : kedelai karena terlalu banyak mengonsumsi kedelai dapat memicu pendarahan yang tidak normal pada polip, rahim dan endometriosis, makanan manis, produk kafein, daging dan telur mentah karena mengandung bakteri yang bisa menggangu kesuburan wanita seperti bakteri salmonella, makanan dengan lemak jenuh seperti yang terdapat pada coklat hitam, mentega, keju, minyak kelapa, dan minuman beralkohol.

Seorang wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dan kemudian berhenti menggunakannya, maka harus menunggu waktu satu tahun dulu untuk bisa memulihkan kondisinya, bahkan pada beberapa orang membutuhkan waktu lebih dari satu tahun. 

Ciri-ciri kemandulan pada wanita,diantaranya :
  1. Nyeri haid yang diluar kebiasaan orang-orang pada umumnya
  2. Endometriosis (kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita)
  3. Penyakit radang panggul
  4. Keguguran lebih dari sekali
  5. Wanita yang memiliki penyakit menular seksual seperti genore dan klamida atau kencing nanah yang diakibatkan karena bakteri muncul akibat berganti-ganti pasangan.
Selanjutnya adalah penyebab kemandulan pada pria. Pada pria sebab kemandulan yang paling utama adalah bagaimana testis membuat dan mengeluarkan sperma, ketidak se imbangan hormon, serta penyumbatan pada organ reproduksi laki-laki. Bahkan berbagai macam penyakit pun bisa menyebabkan kemandulan pada pria. Seperti diabetes, kelainan endoktrin, penyakit menular (HIV, AIDS, gondok) dan lain-lain. 

Ada juga penyebab genetik yang menyebabkan pria menjadi mandul, seperti kelainan kromosom. Selain masalah-masalah yang disebutkan di atas, ada juga masalah pria yang dialami oleh sperma nya, misalnya sperma nya tidak bisa membuahi sel telur karena bergerak terlalu lambat, atau bahkan tidak bergerak sama sekali dan mati sebelum mencapai sel telur.

Tidak hanya sampai disitu saja penyebab dari kemandulan pria, penyebab lainnya yang sangat penting adalah ukuran testis, mengapa bisa begitu?. Karena testis bertanggung jawab atas pembentukan sperma. Jadi apabila ukuran testis terlalu kecil, hal itu bisa mempengaruhi mandul tidaknya seorang pria. 

Faktor-faktor lainnya seperti yang sudah disebutkan pada penyebab kemandulan wanita yaitu obat-obatan, seperti antibiotik, antidepresan, obat-obatan terlarang, tembakau, ganja, dan alkohol. Radiasi dan kemoterapi pada penyembuhan kanker juga bisa mengakibatkan kemandulan. 

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan adalah apabila menggunakan laptop jangan dipangku karena akan menyebabkan testis menjadi panas dan berakibat buruk pada kualitas sperma, berendam air panas sama halnya dengan memangku laptop, radiasi ponsel yang diletakkan di dalam saku celana pada saat bepergian juga dapat menyebabkan kemandulan, yang terakhir adalah celana ketat, celana ketat dapat meningkatkan suhu pada testis dan menyebabkan  produksi sperma menjadi menurun.

Ciri-ciri kemandulan pada pria. pada pria sperma menjadi titik tekan dari kemandulan apabila kualitas sperma baik, maka bisa dipastikan dia tidak mandul. Sperma yang baik adalah seperti :
  1. Volumen antara 2-5 ml.
  2. Warna putih keruh dengan kekentalan yang normal
  3. Mencair kurang dari satu jam jika berada diluar organ reproduksi
  4. Mempunyai aroma yang khas, bukan bau busuk.
Solusi untuk mengatasi kemandulan adalah dengan cara pengobatan kesuburan, apabila masih tidak bisa juga maka dilakukan pembedahan yang bertujuan untuk menghapus pola endometriosis, tetapi tingkat keberhasilan pembedahan ini rendah. 

Ada juga teknik IUI (Intrauterine insemination) atau menempatkan sperma pria ke dalam rahim wanita dengan tabung panjang dan sempit agar dapat mencapai sel telur dengan sempurna, bisa juga dengan IVF (Fertilisasi in-vitro), cara ini adalah cara terpopuler caranya adalah dengan mengeluarkan sperma dan sel telur dan dicampur bersama-sama di laboratorium sampai membentuk embrio. Jalan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencari bantuan donor sperma atau sel telur sumbangan pihak ketiga.

Demikian penjelasan mengenai kemandulan, penyebab dan ciri-cirinya. Disini dijelaskan secara teori saja apa-apa saja yang berkaitan dengan sperma, sedangkan untuk lebih baiknya, apabila kita menganggap diri kita atau pasangan kita bermasalah dan menderita kemandulan maka diperiksakan saja ke dokter.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-Ciri Pria dan Wanita Mandul Serta Penyebabnya

0 komentar: