semua tentang ibu hamil

8 Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil Muda

loading...

loading...
Dengan mendeteksi adanya kehamilan lebih dini mungkin akan lebih baik. Banyak tanda-tanda fisik yang terjadi terhadap wanita yang baru saja hamil. Tanda fisik lebih sering diperhatikan karena memang mudah terlihat dan tidak terlalu rumit. Tetapi, selain tanda-tanda fisik orang hamil pun mempunyai beberapa tanda non fisik yang harus diketahui, diantaranya :

1. Mengalami Pendarahan Atau Muncul Bercak Darah. 
Anda mungkin akan menemui bercak seperti ketika awal datang menstruasi tetapi hanya sedikit. Bercak darah yang muncul ini dikarenakan efek dari menempelnya calon janin ke dinding rahim. Hal ini dialami oleh wanita yang baru menginjak usia kehamilan 1 minggu. Pada usia kehamilan 2 minggu, bercak darah masih muncul beberapa kali tapi semakin sedikit bercaknya.

8 Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil Muda

2. Kram Perut/ Sakit Perut
Sakit perut pada masa kehamilan1 minggu atau 2 minggu sangat wajar. Karena calon janin menempel pada dinding rahim pada masa ini, anda pasti akan merasakan sesuatu yang biasanya tidak ada tiba-tiba saja menjadi satu dengan tubuh anda, dan berkembang sedikit demi sedikit. Selain mengalami pendarahan, ibu hamil akan mengalami juga kram perut atau sakit perut.

3. Perubahan Pada Payudara
Pada minggu-minggu awal kehamilan payudara akan terasa lebih sensitif meskipun hanya tersentuh oleh bra. Ukuran payudara menjadi semakin membesar dan apabila disentuh akan terasa lebih lembut dan empuk. Payudara biasanya terasa gatal, apalagi di sekitar bagian puting yang semakin lama semakin terlihat semakin gelap warnanya. Hal-hal ini disebabkan karena proses pembentukan ASI untuk si calon janin.

4. Sensitif Pada Penciuman
Ibu hamil merasa semakin sensitif dalam hal penciuman. Biasanya ada bau-bauan tertentu seperti parfum, asap rokok, atau bahkan bawang mutih yang memicu terjadinya mual. Sebenarnya tidak hanya indra penciuman saja yang merasakan sensitif, tetapi juga perasaannya akan lebih sensitif dari biasanya. Penciuman dan perasaan yang lebih sensitif disebabkan oleh hormon hCG yang meningkat.

5. Mudah Lelah
Pada ibu hamil muda ketika sedang beraktivitas pasti akan merasakan cepat lelah, dan lemas. Rasa mudah lelah pada ibu hamil disebabkan karena kebutuhan nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil kurang. Biasanya ibu hamil hanya makan untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk satu orang. Tetapi sekarang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi 2 tubuh. Oleh karena itu, bagi wanita hamil disarankan untuk memperbanyak konsumsi nutrisi dan vitamin yang nantinya akan dibagi dengan calon janin.

6. Mudah Mengantuk dan Moody
Seperti yang dijelaskan di atas tentang sesitif pada penciuman yang meningkat, perasaan sensitif ibu hamil juga meningkat. Hal ini menyebabkan ibu hamil akan mudah sekali tersinggung. Bahkan marah hanya untuk masalah sepele. Ibu hamil juga akan mengalami gejala mudah mengantuk karena efek dari peningkatan hormon hCG

7. Gelisah dan Stress
Bagi ibu yang baru hamil pertama kali pasti mereka akan merasakan kegelisahan. Bagaimana ketika melahirkan, apa saja yang harus dipersiapkan, apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak, serta banyak lagi pikiran-pikiran mengganggu yang lain. Memikirkan hal-hal seperti ini bahkan bisa membuat ibu hamil menjadi depresi. Namun, untuk lebih baiknya berusahalah berfikir tentang sesuatu yang positif-positif saja. Jangan terlalu gelisah dan jangan merasakan stress. Karena perasaan stress yang berlebihan akan menyebabkan kendala bagi sang janin. 

8. Mengidam Makanan
Mengidam makanan ketika hamil sudah ada dan dipercaya mulai dari zaman dahulu, sebelum ada test pack dan USG. Produksi hormon yang meningkat akan menyebabkan ibu hamil menginginkan makan makanan tertentu yang sangat dia inginkan.

Kenali kehamilan sejak awal dengan ciri-ciri kehamilan yang sudah dijelaskan di atas. Untuk lebih baiknya, belilah test pack atau periksakan segera ke dokter kandungan. Jika calon ibu sudah mengetahui tanda-tanda kehamilan sejak awal, tentu saja akan mudah untuk merawat janin yang ada dalam kandungan dengan sebaik mungkin. 

Tidak hanya ibu hamil saja yang harus mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Tetapi sorang suami juga harus seperti itu. Beberapa gejala yang berhubungan dengan perasaan sangat mudah dialami ibu hamil muda. Oleh karena itu, dibutuhkan juga dampingan dan pengertian dari calon suami agar proses kehamilan dan melahirkan nanti tetap sesuai yang diharapkan.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil Muda

0 komentar: