Ciri-Ciri Secara Fisik Wanita Yang Sedang Hamil

loading...
Bagi seorang wanita tentunya sangat perlu sekali untuk mengetahui apa-apa saja yang merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Tanda-tanda kehamilan wanita bisa dilihat dari perubahan fisik yang terjadi, seperti perubahan pada beberapa bentuk badan. Berikut ini adalah beberapa bentuk badan yang akan berubah ketika wanita mengalami kehamilan :

Dada Membengkak Dan Kulitnya Menjadi Lebih Lembut
Tanda fisik yang pertama dirasakan seorang wanita adalah perubahan pada area dada. Dada akan membesar karena menyiapkan ASI bagi calon janin. Dada akan merasakan rasa nyeri atau kesemutan yang biasanya dirasakan juga ketika akan mengalami menstruasi. Pada masa ini dada akan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Tetapi bagi pengguna pil KB, pertanda dengan dada jarang terjadi.

Ciri-Ciri Secara Fisik Wanita Yang Sedang Hamil
Bentuk Tubuh Yang Berubah
Ada beberapa bagian dari tubuh yang mengalami perubahan dan menjadi lebih besar dari biasanya setelah seorang suami istri melakukan hubungan seksual di antara lain perut yang merupakan tempat dimana janin tinggal, paha, pantat, dan lengan. 

Banyak orang yang menyebut hal ini dengan pembengkakan awal kehamilan. Perubahan pada bagian perut wanita hamil akan terlihat mencolok pada kehamilan usia di atas tiga bulan. Namun, pada minggu-minggu awal perubahan-perubahan seperti ini tidak akan terlalu terlihat.

Sering Buang Air Kecil
Salah satu ciri fisik yang lain dari kehamilan seorang wanita adalah lebih seringnya dia buang air kecil dan konstipasi (kondisi tidak bisa buang air besar secara teratur atau bahkan tidak bisa sama sekali). 

Penyebabnya bukan terlalu banyak minum ataupun terlalu banyak bergerak seperti mitos-mitos kebanyakan tetapi karena pada wanita hamil, tubuhnya memproduksi hormon hCG. Pelepasan hormon ini terjadi sejak implantasi embrio di uterus. Hormon hCG juga yang menjadi tanda wanita hamil ketika mengetesnya menggunakan test pack yang dicelupkan ke air kencing.

Lebih Mudah Lelah
Wanita yang hamil muda akan mudah lelah dan biasanya akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan. Hal ini disebabkan karena terjadi adaptasi atau penyesuaian diri dengan adanya kehidupan baru yakni si janin yang ada dalam perut ibu. Secara ilmiah rasa lelah dan malas-malasan yang dialami oleh ibu hamil disebabkan karena hormon progesteron meningkat, kadar gula darah menurun, dan kadar tekanan darah menurun.

Morning Sickness
Para ibu yang hamil muda biasanya merasakan mual dan ingin muntah pada pagi hari setelah bangun tidur. Orang-orang awam banyak yang mengetahui kehamilan dengan cara ini. Tapi ada juga beberapa orang yang menganggap mual dan ingin muntah tiap pagi hanya gejala masuk angin biasa dan tidak ada sangkut pautnya dengan kehamilan. Mereka baru percaya tentang kehamilan setelah mengeceknya menggunakan test pack. 

Gejala mual di pagi hari disebabkan karena hormon hCG meningkat. Gejala mual kemungkinan terjadi saat trimester pertama atau sekitar tiga bulan kehamilan. Menurut penelitian, gejala mual ini terjadi agar ibu hamil lebih berhati-hati dalam memilih makanan, tidak makan secara sembarangan, serta menghindarkan janin dari makanan-makanan yang berbahaya.

Telat Datang Bulan
Hal yang satu ini mungkin sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Siapapun wanita yang hamil pasti tidak akan mengalami menstruasi. Maka apabila anda telat beberapa hari, minggu atau bahkan bulan. 

Maka dapat diambil kesimpulan kalau anda hamil muda. Meskipun begitu tetap harus diperiksa dulu kebenarannya, karena terlambat datang bulan bisa disebabkan juga oleh gejala stress, diet, dan lain-lain. Biasanya pada kehamilan muda, ditandai dengan munculnya pendarahan yang berupa bercak darah  yang dialami oleh implantasi janin pada dinding rahim.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, biasanya seorang wanita yang hamil muda akan selalu merasa panas, sehingga dia memakai pakaian tipis agar terasa agak sejuk. Hal ini terjadi karena memang temperature tubuh lebih tinggi ketika awal masa kehamilan. Itulah tanda-tanda dari seorang wanita yang baru saja hamil. 

Tetapi, untuk lebih akuratnya sebaiknya kita periksakan ke dokter kandungan ataupun mengeceknya sendiri menggunakan test pack agar lebih praktis dan tidak repot. Semoga bisa membantu.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-Ciri Secara Fisik Wanita Yang Sedang Hamil"

loading...