Menghitung Masa Subur Wanita Siklus Haid Normal 28 Hari

loading...
Masa subur wanita berhubungan dengan siklus menstruasi. Jika kita menghitung siklus menstruasi dengan benar, maka kemungkinan kita akan tahu masa subur kita kapan, dan semakin mudah untuk hamil. Sebelum kita membahas tentang masa subur lebih baiknya  kita membahas dulu tentang menstruasi. 

Menstruasi adalah masa ketika dinding rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi oleh sperma. Siklus menstruasi biasanya terjadi setiap 21 – 35 hari. Yang kedua adalah ovulasi, ovulasi adalah sel telur berkembang dalam ovarium pada masa haid. Kemudian saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel tersebut. Inilah yang disebut dengan ovulasi atau pembuahan. 

Menghitung Masa Subur Wanita Siklus Haid Normal 28 Hari
Dalam gambar diatas masa subur adalah hari ke 13- hingga
ke 15

Ovulasi terjadi sekitar 12 - 14 hari sebelum hari pertama haid. Tapi tidak semua ovulasi terjadi pada hari-hari itu. Ada juga wanita yang ovulasinya terjadi hanya beberapa hari sebelum haid karena siklus menstruasi nya pendek. Oleh karena itu, penting untuk setiap wanita mengetahui siklus menstruasinya agar bisa menghitung kapan ovulasi terjadi.

Selanjutnya, Kapan waktu subur wanita terjadi?. Masa subur terjadi di sekitar waktu ovulasi. Kira-kira 5 hari sebelum ovulasi terjadi. Pada umumnya masa subur wanita terjadi sekitar 12 – 16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya yang artinya masa subur terjadi pada hari ke-10 hingga ke-17 setelah hari pertama menstruasi sebelumnya, namun perhitungan ini didasarkan pada perhitungan siklus menstruasi normal yaitu 28 hari. Jika siklus menstruasi anda berbeda, anda bisa menghitungnya sendiri.
Cara kedua yang bisa digunakan untuk menghitung masa subur adalah elastisitas lendir, lendir yang dimaksud disini ada bermacam-macam, ada yang kental, basah dan ada yang kental semi transparan. Macam-macam lendir ini bergantung pada jumlah hormon esterogen dan juga menunjukkan kapan ovulasi terjadi. 

Masa sangat subur ditandai dengan keluarnya lendir berwarna bening, licin, dan elastis yang warnanya seperti putih telur mentah, lendir ini yang akan menjadi pelumas dan melindungi sperma menuju saluran tuba untuk membuahi sel telur. 

Untuk mengecek lendir bisa menggunakan ujung telunjuk dan ibu jari, kalau lendir yang keluar ditarik di antara telunjuk dan ibu jari terlihat tidak putus atau elastis, maka anda memasuki masa subur. Satu hal lagi yang perlu diingat, ketika masa subur biasanya vagina menjadi lebih basah dari biasanya.

Cara ketiga dengan mengecek suhu tubuh saat bangun di pagi hari atau biasanya disebut dengan suhu basal tubuh. Biasanya kita akan merasa sedikit panas, suhu normal nya adalah 35,5 – 36,6 derajat celcius, namun bila suhu tubuh kita lebih tinggi maka dipastikan anda sedang mengalami ovulasi. 

Hal ini disebabkan karena peningkatan hormon progesteron yang muncul setelah ovulasi. Peningkatan suhu ini menetap selama 3 hari dan pengukuran biasanya dilakukan 3 bulan oleh dokter dengan grafik khusus.

Apabila kita ingin mengukurnya sendiri maka ada beberapa cara yang harus dilakukan :
  1. Pengukuran suhu dilakukan ketika bangun tidur, sebelum bangkit dari ranjang dan sebelum melakukan aktivitas apapun.
  2. Letakkan thermometer di bawah lidah dengan bibir tertutup selama sekitar 5 menit, dan selama itu tetap diam dan jangan lakukan aktivitas apapun.
  3. Setelah selesai bersihkan thermometer dengan kapas dan air dingin
  4. Grafik baru dimulai pada hari pertama menstruasi. Apabila menstruasi terjadi selain pada pagi hari maka pindahkan data pada grafik yang baru
  5. Apabila terjadi sesuatu yang berhubungan dengan kondisi kesehatan sebaiknya dicatat.

Puncak masa subur seorang wanita adalah 13 hari sesudah haid pertama (lihat gambar ilustrasi diatas). Selain memperhatikan ovulasi dan masa subur, kehamilan juga ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, sel telur harus dibuahi dalam waktu  12 sampai 24 jam, kalau tidak dibuahi maka sel telur akan meluruh lagi dan menjadi darah menstruasi.

Untuk sekarang ini selain melakukan cara-cara tradisional yang dilakukan di atas, bisa juga menggunakan alat untuk mengecek masa subur yang sudah bisa dibeli di apotek-apotek terdekat. Alat ini digunakan dengan media alat seni wanita seperti alat tes kehamilan, dan memiliki ketepatan antara 90% sampai 95%.

Pengecekan masa subur wanita memang menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan prosentase cepat hamil. Tapi tidak dilupakan juga bahwa segala sesuatunya sudah diatur oleh yang Maha Kuasa. Kita hanya bisa berusaha tetapi hasil akhirnya tetap Allah yang mengatur. Semoga apa yang anda baca ini memberi manfaat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menghitung Masa Subur Wanita Siklus Haid Normal 28 Hari "

loading...