15 Penyebab Wanita Susah Hamil Faktor Biologis

loading...
Sepasang suami istri akan melakukan apa saja agar mereka bisa mendapatkan keturunan. Entah itu hal-hal yang masuk akal maupun hal-hal yang tidak masuk akal. Padahal sebenarnmya ada beberapa hal yang mengakibatkan seseorang susah mendapatkan keturunan, salah satunya adalah karena memang fisik dan mentalnya belum siap.

Tetapi di balik itu semua, ada beberapa faktor biologis yang menyebabkan seorang wanita susah untuk hamil. Diantaranya adalah sebagai berikut :


15 Penyebab Wanita Susah Hamil Faktor Biologis
1 Menoupause Dini
Sindrom ini ditandai dengan berhentinya atau kurang lancarnya proses menstruasi padahal usianya masih muda atau belum berumur 40 tahun.

2 Kerusakan Pada Saluran Telur/Tubba
Kerusakan ini terjadi pada jaringan perut yang disebabkan karena peradangan tubba.

3 Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)
Sindrom ini disebabkan karena terproduksinya hormon androgen sehingga PCOS tidak seimbang dan menyebabkan permasalahan pada ovulasi dan datang bulan.

4 Endometriosis
Yang terjadi pada masalah ini adalah tumbuhnya jaringan rahim di bagian luiarnya yang mempengaruhi telur, saluran telur, rahim, serta fungsi sperma.

5 Ovarium Jaringan Perut
Kaerusakan ovarium pada hjaringan perut, hal ini disebabkan karena operasi pembedahan akibat kista yang menyerng ovarium.

6 Adhesi Pelvis
Ovarium terganggu karena akibat dari operasi panggul  dan usus buntu. Gangguan ini mengubah struktur saluran tubba dan telur wanita.

7 Masalah Tiroid
Masalah tiroid disebabkan karena adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktiv, tetapi tidak stabil karena dalam beberapa waktu tiba-tiba saja tiroid menjadi tidak aktiv.

8 Pengolahan Kanker
Terjadi pada proses penyembuhan kanker (radioterapi). Proses menggunakan radioterapi tidak hanya mengganggu kesuburan wanita saja tetapi juga bisa mengganggu kesuburan pada pria, hal ini disebabkan karena efek samping dari radiasi.

9 Gaya Hidup
Gaya hidup sangat menentukan kesuburan manusia, karena gaya hidup sehat juga tidak akan merugikan siapa pun. Beberapa pola hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan susah hamil yaitu merokok yang terlalu berlebihan (pecandu rokok) baik pria maupun wanita.

Seorang pecandu alkohol, suka makan junk food (makanan cepat saji), terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak tak baik, menonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter sehingga dapat menganggu kesuburan, workholic atau orang yang sangat kecanduan bekerja sampai-sampai sering begadang malam dan mengonsumsi kafein yang berlebihan.

10 Usia
Untuk orang-orang yang berumur 40 tahun ke atas hamil sangat susah, karena semakin bertambahnya umur wanita maka semakin berkurang juga jumlah sperma yang dihasilkan. Maka untuk lebih baiknya setelah menikah langsung saja menyiapkan bekal dan persiapan, agar bisa hamil sebelum umur 30-40 tahun. Bekal atau persiapan yang disiapkan tidak hanya menyangkut materi tetapi juga menyangkut mental calon ayah dan ibunya.

11 Lama Menunda Hamil
Hal ini biasanya terjadi pada wanita karir yang ingin sukses dulu tanpa perlu disibukkan untuk hamil dan mengurus anak, mereka berfikir setelah mengumpulkan cukup uang nantinya mereka tinggal hamil dan mempunyai anak berapapun, padahal faktanya, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa produksi sperma akan menurun seiring bertambahnya usia.

12 Aktivitas Menguras Tenaga
Aktivitas yang menguras tenanga contohnya bekerja yang berlebihan, sampai lembur dan akhirnya kelelahan dan untuk mengatasi hal itu maka dia mengonsumsi suplemen unruk daya tahan tubuhnya. Aktivitas yang lain adalah olahraga yang berlebihan.

Meskipun olahraga itu sangat penting untuk kesehatan kita tetapi tidak baik juga apabila kita olahraga secara berlebihan, bahkan untuk pria olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan sperma mati. Maka dari itu, untuk lebih baiknya konsultasikan dulu kepada dokter harus berapa kali kita olahraga selama seminggu agar sehat dan stamina tetap terjaga.

13 Kualitas Sperma
Untuk para pria sehat, dia akan mengeluarkan 39 juta ekor sperma saat ejakulasi, tetapi ada juga orang-orang yang mengeluarkan kurang dari 20 juta ekor sel sperma, memang meskipun hanya 20 juta tapi ada kemungkinan ovum terbuahi, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kehamilan bisa jadi sangat lama terjadi.

14 Faktor Pelumas
Hampir semua jenis pelumas berseiko membahayakan sperma bahkan bisa menjadi penyebab kemandulan, pastikan cairan pelumas tidak mengandung bahan spermisida. Apabila anda ingin menggunakan pelumas gunakan yang berbasis air dan tidak berbasis minyak bumi, karena minyak bumi dapat memperlambat sperma.

15 Berat Badan
Selain faktor-faktor di atas, faktor terakhir yang dapat mempengaruhi waktu kehamilan adalah berat badan, wanita cenderung mengidaamkan tubuh yang kurus dan rampinng sampai-sampai dia harus melakukan diet ketat. Hal ini sangat berpengaruh pada proses kehamilan, karena hormon testosteron dan hormon esterogen tercipta dari lemak. Jadi seharusnya sekurus apapun wanita, dia harus mempunyai sedikit cadangan lemak.

Artikel terkait : 12 Cara Alami Agar Cepat Hamil (Perlu untuk dicoba)

Tidak hanya masalah terlalu kurus, bagi wanita-wanita yang terlalu gemuk juga mungkin susah untuk hamil, ini disebabkan karena sel-sel lemak terlalu banyak sehingga menghalangi sel sperma untuk masuk. Dan pada pria kelebihan berat badan akan membuat sel sperma bergerak lambat dan jumlah sperma yang dikeluarkan mungkin turun karena testis terlalu hangat sebagai efek dari terlalu banyak lemak.

Untuk dapat memastikan apakah salah satu faktor biologis diatas menimpa pada Anda yaitu dengan memeriksakan kesehatan pada tim medis yang ahli dibidang kehamilan. Namun apa bila tim medis mengatakan Anda dalam kondisi yang sehat dan sangat memungkinkan untuk hamil tetapi faktanya tidak juga hamil, maka kemungkinan besar tuhan belum mempercaiyai Anda untuk diberikan keturunan saat ini.

Tingkatkan usaha dengan menjaga kesehatan tubuh tetap baik dan teruslah berdoa agar segera diberikan kehamilan oleh yang maha kuasa. Terimakasih telah membaca artikel 15 penyebab wanita susah hamil semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di situs ini. Salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "15 Penyebab Wanita Susah Hamil Faktor Biologis"

loading...