semua tentang ibu hamil

Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan

loading...

loading...
Ada cara-cara tertentu yang dilakukan suami istri yang ingin mempunyai anak perempuan, dengan alasan karena anak perempuan lebih penurut dan tidak terlalu bandel seperti anak laki-laki. Nah, ntuk mengetahui apakah cara-cara yang sudah digunakan sudah bekerja apa belum ada caranya juga. 

Kebanyakan orang menganggap hal ini hanya mitos atau isapan jempol belaka, karena banyaknya hal-hal yang disangkut pautkan dengan calon bayi perempuan. Hal-hal yang menunjukkan ibu hamil anak perempuan, di antaranya :

Tanda-Tanda Hamil Anak PerempuanDetak jantung
Detak jantung bayi biasanya berkisar antara 110 hingga 160. Menurut mitos yang beredar, apabila detak jantung bayi lebih dari 140 maka kemungkinan ibu hamil anak perempuan. Tetapi menurut penelitian hal itu tidak berlaku sama sekali, karena detak jantung antara bayi lai-laki dan bayi perempuan di dalam perut ibunya sama saja. Setelah dilahirkan bayi perempuan mempunyai detak jantung yang lebih cepat dari bayi laki-laki namun itu hanya terjadi sesaat saja dan tidak terlalu lama.

Morning sickness
Morning sickness adalah gejala mual dan ingin muntah tiap pagi hari pada ibu hamil. Menurut mitos, ibu yang ketika awal kehamilan mual dan muntah-muntah tiap pagi berarti mengandung anak perempuan. Sebenarnya sama saja. Hamil anak laki-laki pun tidak menutup kemungkinan untuk merasa mual dan ingin muntah, karena gejala ini disebabkan  oleh hormon hCG yang meningkat. 

Kalau menurut penelitian ibu yang hamil anak perempuan akan mengalami morning sickness yang berlebihan, lebih daripada saat hamil anak laki-laki. Gejala morning sickness yang berlebihan disebut dengan hiperemesis gravidarum. Morning sickness untuk bayi perempuan biasanya terjadi sekitar 12 minggu atau selama trimester pertama.

Gerakan janin tidak teratur
Yang dimaksud dengan gerakan tidak teratur adalah ketika kadang-kadang janin menendang secara tiba-tiba, dan kadang hanya diam saja tanpa pergerakan. Biasanya bayi akan bergerak pada malam hari dan jarang melakukan pergerakan pada siang hari. Mitos ini berasal dari daerah china.

Makanan kesukaan
Untuk ibu yang hamil anak perempuan lebih suka makanan yang manis-manis, seperti coklat, permen, susu, es krim, gula, dan makanan-makanan manis yang lain. Sedangkan untuk ibu yang hamil anak laki-laki lebih suka makanan yang berasa pedas, asam, dan asin. Untuk masalah ini, mitos jawa lah yang berpendapat demikian dan belum bisa dibuktikan secara langsung dengan ilmu kedokteran. Sehingga banyak orang yang tidak percaya dengan mitos satu ini.

Beberapa mitos lain yang berhubungan dengan hamil anak perempuan adalah bagian punggung dan pinggul anda akan menjadi lebih berat, panggul anda akan menjadi lebih lebar dan menyebar di sekitar pinggang serta memiliki posisi yang lebih tinggi dari biasanya (saat sebelum kehamilan), payudara bagian kiri akan memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan payudara sebelah kanan. 

Bahkan bentuk perut ketika hamil pun dipercaya sebagai tanda jenis kelamin bayi yang dikandung ibu. Jika anaknya laki-laki maka bentuk perutnya lancip dan menjulang ke atas sedangkan untuk bayi perempuan bentuk perut akan bulat dan rata.

Untuk mitos lain yang tidak berbau fisik contohnya adalah ibu menjadi lebih cerewet sebelum masa kehamilan, ibu hamil juga akan merasakan lebih moody daripada sebelum kehamilan, sering tersinggung oleh hal-hal kecil. Masih menyangkut soal yang berbau non fisik, mitosnya jika yang dikandung adalah anak perempuan maka ibunya akan merasa dominan dan terus-terusan mengajak melakukan hubungan seksual.

Dilihat dari segi kedokteran, banyak pakar-pakar ilmu kedokteran yang menganggapnya tidak logis dan masuk akal, meskipun ada beberapa dokter juga yang beranggapan bahwa hal tersebut, yang disebutkan di atas masih bisa dipikir secara nalar. Contohnya seperti tentang gerakan janin, detak jantung, dan kebiasaan makan. Meskipun sampai sekarang belum ada penelitian yang mampu membuktikannya. 

Untuk lebih jelasnya lakukan USG saat janin sudah berusia 6 atau 7 bulan. Dengan begitu kita dapat membedakan, apakah anak yang akan lahir laki-laki atau perempuan. Jangan pernah kecewa dengan jenis kelamin apapun. Laki-laki ataupun perempuan sama saja pada hakikatnya, sama-sama karunia Tuhan YME yang dititipkan kepada kita.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda-Tanda Hamil Anak Perempuan

0 komentar: