semua tentang ibu hamil

Tips Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

loading...

loading...
Kehamilan merupakan moment yang sangat dinantikan oleh pasangan suami istri, karena itu merupakan sebuah tanda bahwa mereka akan segera memiliki si buah hati. Tahap demi tahap usia kehamilan dilalui mulai dari usia kehamilan muda sampai mendekati persalinan untuk menantikan hadirnya si buah hati. 

Tentunya tak mudah menjalani tahap dalam proses kehamilan, perlu adanya hal-hal yang diterapkan guna kelancaran selama proses kehamilan mulai kehamilan muda sampai dengan persalinan. Pada usia kehamilan muda  sangat rentan terjadi masalah-masalah kehamilan seperti demam dan menurunnya daya tahan tubuh si ibu yang berpengaruh pada kesehatan janin, dan janin pada usia kehamilan muda sangat rentan pula mengalami masalah- masalah yang tidak diinginkan salah satunya adalah masalah serius seperti keguguran.  

Tips Menjaga Kehamilan Muda
Tentu tak ada pasangan suami istri yang menginginkan hal tersebut, oleh karena itu perlu melakukan hal-hal yang berguna untuk mencegah dan meminimalisir adanya masalah-masalah gangguan kehamilan yang tidak diinginkan. 

Berikut merupakan beberapa Tips Yang Perlu Diterapkan Untuk Menjaga Kehamilan Muda :

Konsultasikan dan periksakan secara rutin
Saat Kehamilan muda sampai mau menginjak usia persalinan perlu berkonsultasi dan memeriksakan kandungan secara rutin pada bidan atau dokter kandungan. Ini berguna untuk mengetahui langkah-langkah kedepan yang harus dilakukan untuk kelancaran selama proses kehamilan, juga berguna untuk mengetahui jika mungkin dikenali ada masalah-masalah atau gejala saat kehamilan, sehingga bisa cepat untuk ditangani.

Konsumsi makanan minuman sehat dan bernutrisi
Menginjak usia kehamilan muda biasanya ibu hamil merasakan gejala seperti mual, muntah, menurunnya daya tahan tubuh dan nafsu makan. Oleh karena itu ibu hamil tetap harus dan wajib untuk mengosumsi makanan minuman yang sehat dan mempunyai asupan nutrisi yang cukup. 

Beberapa contoh  makanan dan minuman yang sehat dan benutrisi untuk ibu hamil muda misalkan :

a. Sayuran
Sayuran selain mengurangi rasa mual pada ibu hamil juga sangat baik untuk pertumbuhan janin juga bermanfaat untuk menambah stamina pada si ibu. Jenis sayuran yang baik dikonsumsi contohnya bayam, sawi dan sayuran hijau lainnya yang mengandung zat besi yang mampu mencegah anemia serta meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh.

b. Buah-buahan
Buah-buahan penting dikosumsi karena sangat baik untuk penambah stamina dan pertumbuhan pada janin. Jenis buah-buahan yakni seperti pisang, apel dan jeruk.

c. Kacang- kacangan
Kacang-kacangan baik untuk kehamilan muda yang diperlukan untuk membangun sistem syaraf pada bayi. Contoh kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang kedelai.

d. Susu dan air putih
Susu dan air putih merupakan minuman yang sehat untuk ibu hamil. Kandungan dalam susu salah satunya bisa mendukung pertumbuhan jaringan otak baru pada bayi sedangkan air putih juga mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil contohnya mengurangi sakit kepala saat kehamilan,mencegah dehidrasi, menghilangkan racun dan menyeimbangkan suhu tubuh.

3. Hindari Makanan dan minuman yang dilarang saat hamil muda
Selain makanan dan minuman yang baik dikomsumsi oleh ibu hamil muda , ada pula makanan dan minuman yang dilarang dikomsumsi karena tidak baik untuk untuk kesehatan ibu dan janin. 

Berikut beberapa contoh  makanan dan minuman yang dilarang untuk dikosumsi ibu hamil muda misalkan :

a.Buah Nanas
Buah nanas mengandung enzim bromelain yang sangat tinggi, kandungan enzim bromelain sangat beresiko meningkatkan kontraksi rahim, menghambat sampainya nutrisi pada janin, serta meningkatkan suhu janin menjadi lebih panas. Hal ini bisa menyebabkan kerugian pada ibu hamil yakni bisa mengalami keguguran.

b. Buah Durian
Durian tidak baik dikomsumsi oleh ibu hamil muda karena durian mengandung asam arachidonat dan alkohol. Asam arachidonat dapat memicu keguguran sedangkan alkohol dapat menyebabkan berat badan janin menjadi rendah.

c. Minuman Berkafein
Saat Kehamilan muda ibu hamil dilarang untuk mengosumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi hitam dan segala macam kopi karena dapat meningkatkan detak jantung ibu dan janin.

Note : Makanan dan minuman yang dilarang diatas tidak sepenuhnya dilarang, asal Anda berkonsultasi dulu pada bidan yang tujuannya apakah kehamilan Anda memungkinkan untuk mengkonsumsinya. Biasanya akan disarankan untuk tidak dikonsumsi atau boleh dikonsumsi asal jangan terlalu banyak dan tidak terlalu sering.

4. Hindari stress dan kendalikan emosi
Saat Kehamilan mengendalikan emosi itu diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, karena saat fase kehamilan wanita akan lebih sensitif dan cenderung terbawa emosi. Hal ini disebabkan karena ketidak stabilan hormon yang mempengaruhi tingkat stress yang dapat membahayakan janin. 

Ibu hamil juga perlu menghindari stress karena keadaan stress pada ibu hamil akan memberikan akibat pada janin yang dikandungnya karena posisi janin dalam rahim dapat merespon apa yang sedang dialami oleh si ibu.

5. Kurangi frekuensi hubungan intim saat hamil muda
Saat kehamilan muda disarankan untuk mengurangi frekuensi hubungan intim karena tingginya frekuensi hubungan intim merupakan penyebab dari adanya keguguran hamil muda.

Orgasme yang dialami wanita saat melakukan hubungan intim membuat rahim mengalami kontraksi. Saat kehamilan muda rahim belum memiliki kekuatan maksimal karena penyesuaian kehidupan dalam rahim juga embrio yang masih dalam bentuk gumpalan darah dan belum sempurna. 

Selain beberapa tips diatas,  pola hidup sehat lainnya juga perlu diterapkan oleh ibu hamil muda misalkan dari segi aktivitas. Meskipun saat hamil muda kebanyakan ibu hamil tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat atau berlebih karena hal tersebut akan membahayakan kehamilannya dan kebanyakan dari mereka biasanya lebih memilih untuk sering tidur dan banyak makan, hal seperti itu justru malah akan memicu datangnya  beberapa penyakit contohnya saja diabetes.  

Ada beberapa jenis aktivitas dan olahraga yang aman untuk ibu yang sedang hamil muda diantarannya yaitu dengan jalan santai, ini merupakan aktivitas yang aman akan tetapi tetap harus diperhatikan jalannya dan jangan terlalu cepat karena akan mengakibatkan si ibu kelelahan dan berbahaya bagi janin. 

Jalan santai membantu menghilangkan stres dan membuat ibu yang sedang hamil muda merasa tenang, kemudian aktivitas lainnya adalah bisa dengan melakukan yoga atau dengan melakukan relaksasi. 

Jadi saat kehamilan muda,  melakukan sejumlah aktivitas atau olahraga itu juga perlu akan tetapi ada batas tertentu karena ibu hamil juga harus istirahat secara teratur. Ibu hamil perlu menyisihkan waktu untuk sekedar beraktivitas atau berolahraga ringan agar janin tetap bugar juga berguna untuk membantu memberikan energi saat proses persalinan nantinya. 

Demikian ulasan artikel yang membahas tips menjaga kehamilan muda agar ibu hamil dan janin tetap sehat, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat tolong bantuannya untuk mengshare artikel ini kepada teman-teman Anda agar semakin bermanfaat untuk orang banyak. Semoga bermanfaat dan salam senyum.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

0 komentar: