semua tentang ibu hamil

7 Vitamin Agar Cepat Hamil Dan Penyubur Kandungan

loading...

loading...
Pernikahan merupakan suatu moment terindah untuk pasangan yang saling mencintai, akan tetapi suatu kebahagian keluarga dalam pernikahan itu tak lengkap rasanya kalau tidak ada kehadiran si buah hati.

Kehadiran si buah hati merupakan moment yang sangat diharapkan dan dinantikan oleh pasangan suami istri, maka tak heran banyak pasangan wanita yang menerapkan berbagai cara agar kehamilan itu terwujudkan, salah satunya yakni merubah pola hidup dengan mengomsumsi makanan bervitamin yang berguna untuk menyuburkan kandungan guna mencapai kehamilan.


Banyak sekali sumber vitamin dari berbagai jenis makanan di sekeliling kita, mulai dari berbagai jenis sayuran, buah-buahan, daging, ikan dan sebagainya. Berikut merupakan jenis vitamin yang berguna untuk menyuburkan kandungan agar cepat memperoleh kehamilan :

1. Vitamin E
Vitamin E tak hanya berguna untuk kesehatan kulit tapi juga mampu membantu menyuburkan kandungan. Vitamin ini mampu menjaga hormon endokrin yang berhubungan dengan kesuburan wanita , sehingga bisa mencegah kemandulan serta keguguran saat kehamilan karena vitamin E juga mampu membantu memelihara kesehatan placenta dan dinding rahim . Sumber makanan sehat yang mempunyai kandungan vitamin E contohnya adalah telur, pepaya, kecambah (taoge), biji bunga matahari , gandum dan sebagainya.

2. Vitamin B9
Vitamin B9 atau yang sering disebut dengan asam folat merupakan vitamin yang penting untuk membantu menyuburkan kandungan. Asam folat juga berfungsi memperkuat sel telur dengan menjaga kesehatan dinding rahim guna mengurangi resiko keguguran.

Tak hanya hanya wanita, pasangan pria juga perlu mengosumsi vitamin B9 (Asam Folat) karena dibutuhkan untuk pembentukan sel, sintetis DNA dan meningkatkan kualitas sperma. Vitamin B9 / Asam folat didapat dari berbagai jenis makanan contohnya bayam, asparagus,  brokoli, selada, lemon, sereal, pisang, jamur, kacang-kacangan dan sebagainya.

Artikel terkait : Buah Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

3. Vitamin C
Vitamin C sebagai zat antioksidan yang berguna untuk melawan serangan radikal bebas sekaligus bisa memelihara sel-sel tubuh. Radikal bebas harus dicegah paparannya karena bisa menurunkan kesehatan alat dan sistem reproduksi.

Pasangan pria juga perlu mengosumsi asupan vitamin C, karena vitamin C penting untuk meningkatkan kualitas sperma dan kerusakan DNA  yang membantu mengurangi resiko keguguran dan cacat kromosom. Sumber makanan yang mengandung vitamin C dapat anda temukan pada buah-buahan seperti  jeruk, jambu biji, mangga, strawberry, apel dan sebagainya.

4. Vitamin D
Untuk mendapatkan suplemen vitamin D, banyak orang memilih untuk berjemur di bawah sinar matahari yang dapat meningkatkan kesuburan. Vitamin D dapat menyeimbangkan hormon seks pada perempuan dan memperbaiki jumlah sperma pada laki-laki . Vitamin D juga dapat mengontrol sistem metabolisme tubuh. Vitamin D juga bisa didapatkan pada sumber makanan contohya susu, minyak ikan,telur dan ayam.

5. Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks yang memiliki kegunaan penting untuk meningkatkan kesuburan. Vitamin B6 berfungsi menstabilkan hormon progesteron dan hormon estrogen dalam tubuh wanita. Kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan ketidak seimbangan hormon progesteron dan hormon estrogen yang sangat penting untuk terjadinya kehamilan. Sumber vitamin B6 contohnya seperti sayur kol, ikan, kentang,  beras merah, kacang tanah, kacang polong dan sebagainya

6. Vitamin B12
Jika vitamin B6 mampu meningkatkan kesuburan pada wanita, sedangkan vitamin B12 bisa bermanfaat untuk kesuburan pria. Meski vitamin ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun mpa empunyai peranan yang sangat bermanfaat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria karena vitamin ini berfungsi untuk menambah jumlah sperma dan meningkatkan kualitas sperma. Sumber  vitamin  B12 contohnya susu, ikan dan hati.

7. Beta Carotene 
Beta carotene merupakan vitamin A yang bisa meningkatkan kesuburan. Vitamin ini berfungsi sebagai enzim yang membantu melakukan implantasi pada sel telur yang tengah dibuahi. 

Kebutuhan Lainnya 
Selain mengosumsi makanan yang mempunyai sumber vitamin, kebutuhan lain juga diperlukan seperti kebutuhan cairan yakni air putih untuk menghindari dehidrasi  dan meningkatkan kesuburan pada kandungan. Mengosumsi air putih secara rutin minimal 2 liter perhari  merupakan langkah awal untuk meningkatkan kesuburan kandungan. 
Hal penting lainnya sebagai langkah untuk menunjang kesuburan adalah menjaga kesehatan baik fisik maupun psikis misalkan dengan istirahat secara teratur dan menghindari stres dengan tetap selalu rileks, ini juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesuburan kandungan pada wanita.

Tak hanya dari pihak wanita saja yang menerapkan cara untuk memperoleh kesuburan agar cepat hamil, tetapi pihak pria pun juga perlu mengosumsi makanan bervitamin untuk kesuburan agar saling menunjang terciptanya harapan untuk memiliki si buah hati, jika itu terwujud maka keharmonisan dalam suatu rumah tangga pun juga akan tercapai. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Vitamin Agar Cepat Hamil Dan Penyubur Kandungan

0 komentar: