semua tentang ibu hamil

Amalan Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Ketika seorang ibu hamil pasti pikirannya bermacam-macam. Dia merasa senang, khawatir, bersyukur, gundah, gelisah dalam sekali waktu. Senang karena sebentar lagi akan mendapatkan seorang anak. 

Tetapi takut ketika mengetahui bahwa proses persalinan sedikit menyeramkan. Maka dari itu, dalam Islam mengajarkan untuk selalu berdo’a dan berusaha yang terbaik. Setelah itu baru tawakkal dan berserah diri pada keputusan Allah SWT. 

Amalan Untuk Ibu Hamil
Islam juga menganjurkan berdzikir sebagai media untuk menenangkan hati yang gundah dan gelisah pra persalinan. Amalan-amalan yang dilakukan oleh ibu hamil bertujuan untuk memberi ketenangan dan memohon kepada Allah SWT untuk dimudahkan dalam hal apapun, terutama persalinan tak lupa juga untuk memohon perlindungan Allah SWT untuk si ibu dan bayi yang akan dilahirkan.

Salah satu faktor yang menyebabkan do’a seseorang diterima bukan karena banyaknya bacaan yang dibaca tetapi karena keyakinan, ketulusan, dan keistiqomahan yang memanjatkan do’a. Dalam suatu hadits, Rasulullah SAW bersabda, : “Sesungguhnya jalan untuk diijabahnya do’a adalah do’a yang berkesinambung dan terus-menerus diminta kepada Allah SWT dalam tiap waktu.” 

Hadits ini menjelaskan bahwa jika seseorang ingin do’anya mustajabah (diterima) maka dia harus istiqomah membacanya setiap waktu. Selain itu, dengan tidak putus asa dalam berdo’a juga akan menambah keyakinan kepada kekuasaan Allah SWT.
Berikut adalah amalan-amalan yang baik dibaca dan diamalkan oleh ibu hamil :

1. Perbanyak dzikir dan istighfar
Usahakan setiap selesai sholat 5 waktu selalu berdzikir dan berdo’a. Dalam berdzikir perbanyak membaca istighfar. Bacaan istighfar adalah bacaan untuk meminta ampunan atas semua dosa yang telah dilakukan.

2. Membaca surat Al Fatihah
Membaca surat ini dipercaya dapat mengobati segala penyakit dan kesusahan. Sebaiknya baca surat al fatihah sebanyak mungkin asal hitungannya ganjil, boleh satu kali, tiga kali atau tujuh kali. 

3. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Naas
Baca surat-surat ini di pagi hari setelah sholat subuh, sore hari saat matahari hampir tenggelam dan sebelum tidur. Surat-surat ini mampu melindungi kita dari setan yang menjermuskan, pikiran-pikiran-negatif, mimpi buruk dan juga fitnah dari manusia.

4. Membaca surat Al Baqarah ayat 255 
Surat Al Baqarah ayat 255 sering disebut orang-orang sebagai ayat kursi. Anda bisa membacanya satu kali tiga kali atau tujuh kali saat pagi hari, sore hari dan sebelum tidur. Tetapi untuk lebih baiknya bacalah ayat kursi setelah sholat fardhu. 

5. Membaca surat Al Baqarah
Anda cukup membaca ayat 1-5 dari ayat al Baqarah agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam segala hal.

6. Membaca 2 ayat terakhir ayat Al Baqarah
Ayat yang hars dibaca adalah ayat ke 285 dan ayat ke 286. Sebaiknya anda membacanya pagi hari, sore hari dan malam sebelum tidur. Membaca 2 ayat terakhir surat Al Baqarah insya allah dapat menjaga dan melindungi anda dan calon bayi dari segala gangguan.

7. Banyak membaca kalimat “Laa haula walaa Quwwata illa billahi” 
Artinya adalah tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah. Kalimat ini menunjukkan bahwa kita sudah tawakkal dan berserah diri akan semua ketentuan Allah yang telah dipersiapkan. 

Ibu hamil juga harus selalu bersyukur agar nikmat hamil akan menjadi berkah yang membahagiakan. Cobalah menerapkan pendidikan anak sejak dini, pertambah iman dan ketaqwaan, jangan tinggalkan sholat, berdzikir, dan perbanyak membaca Al-Qur’an, karena menurut penelitian bayi dalam kandungan bisa mendengar apa yang dilakukan dan diucapkan oleh ibunya.

Jagalah lisan kita agar tidak berkata kotor, sehingga tidak mengakibatkan hal-hal buruk kepada ibu dan calon bayinya. Selalu doakan orang lain dengan kebaikan, jauhi menggunjing orang lain. Nasehati suami anda agar mencari rizki yang halal serta menghindari kemaksiatan. Jangan lupa untuk selalu memanjatkan do’a agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam melahirkan, dikarunia anak yang sholeh dan sholehah. . usahakan untuk selalu menutup aurat dan jangan mengenakan pakaian ketat. 

Bukan karena apa, dengan keadaan perut membuncit tentunya sangat tidak nyaman memakai pakaian ketat. Perbanyak amalan-amalan sunnah seperti sholat sunnah dan sholat tahajjud sehingga anda merasa lebih dekat dengan Sang Kholiq. Itulah hal yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. (zulfa)

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Amalan Untuk Ibu Hamil

0 komentar: