semua tentang ibu hamil

Buah dan Sayuran Untuk Ibu Hamil Muda

loading...

loading...
Mendapatkan buah hati yang sehat adalah impian pasangan suami istri, akan tetapi untuk mendapatkan impian tersebut memerlukan sebuah proses, yakni proses kehamilan. Tahap demi tahap mulai dari usia kehamilan muda sampai menginjak usia persalinan dijalani untuk mendapatkan si buah hati yang dinantikan. 

Tak mudah untuk menjalani tahap-tahap  selama fase kehamilan, oleh karena itu anda sebagai calon ibu yang tengah mengandung wajib melakukan hal-hal yang perlu diterapkan untuk kesehatan janin sampai dengan persalinan nantinya guna meminimalisir adanya masalah-masalah kehamilan yang tidak diinginkan seperti yang banyak ditakuti oleh para ibu yakni keguguran. 

Buah-buahan dan Sayuran Untuk Ibu Hamil Muda
Keguguran umumnya terjadi pada usia kehamilan muda karena keadaan janin yang masih rentan, oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut terjadi, pola hidup sehat perlu diterapkan pada tahap usia kehamilan muda baik dengan melakukan aktivitas ringan, mengosumsi minuman yang bermanfaat seperti susu dan air mineral maupun asupan makanan yang dikonsumsi. 

Makanan yang dikosumsi untuk ibu hamil muda harus mempunyai nilai gizi yang cukup, bernutrisi dan mempunyai manfaat baik untuk ibu hamil. Meskipun saat kehamilan muda ibu sering merasakan mual dan muntah akan tetapi tetap harus mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan janin, karena saat kehamilan muda terutama pada usia 1 sampai 3 bulan janin baru mulai tumbuh dan memerlukan vitamin dan nutrisi agar janin bisa berkembang dengan baik. 

Contoh makanan yang baik dan bermanfaat untuk ibu hamil muda adalah sayuran dan buah-buahan, makanan ini baik dan banyak manfaat untuk ibu hamil di usia muda dan berikut merupakan beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat baik bagi ibu hamil muda :

Sayuran Untuk Ibu Hamil Muda
Sayur- sayuran terutama sayuran hijau bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat usia kehamilan muda selain itu sayuran mengandung zat besi yang juga bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin untuk mencegah anemia saat kehamilan, Beberapa contoh jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil muda seperti :

a. Bayam
Sayur Bayam banyak mengandung manfaat untuk ibu hamil muda karena mengandung vitamin C sebagai anti oksidan yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh si ibu, apalagi saat kehamilan muda ibu sangat rentah terhadap gangguan kesehatan, karena kondisi kesehatan ibu juga berpengaruh pada kesehatan janin. 

Selain bermanfaat untuk kekebalan tubuh bayam juga membantu mengurangi resiko bayi lahir prematur karena mengandung asam folat. Asam folat baik untuk kehamilan, kekurangan asam folat bisa menyebabkan radang gusi, diare, menyebabkan lesu dan menunrunnya nafsu makan si ibu.

b.Daun Singkong
Daun singkong mengandung asam amino yang berfungsi untuk mencerdaskan otak bayi dalam kandungan, selain itu manfaat lain daun singkong adalah menjaga kesehatan tulang ibu dan janin karena mengandung kalsium dan fosfor.

c. Sawi
Sayur sawi mengandung vitamin K dan asam folat yang baik untuk ibu dan janin. Vitamin K diperlukan oleh bayi ketika baru lahir untuk dapat membantu dalam proses pembekuan darah si bayi. Sedangkan asam folat yang terkandung dalam sawi bermanfaat untuk tumbuh kembang otak dan organ pada janin.

d.Brokoli
Sayuran ini baik untuk ibu hamil di usia muda, brokoli merupakan salah satu sumber nutrisi yang mengandung kalsium, asam folat dan serat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil, selain itu sayur brokoli juga bermanfaat untuk memerangi beberapa macam penyakit.

e.Wortel
Wortel juga merupakan jenis sayuran yang bermanfaat untuk ibu hamil muda karena mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh ibu hamil mulai dari kehamilan muda sampai persalinan untuk menjamin kualitas penglihatan si bayi, selain itu worten juga mengandung beta karoten yang berfungsi sebagai antoksidan.

Buah-buahan Untuk Ibu Hamil Muda
Selain mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk ibu, buah-buahan juga mengandung serat yang membantu mengatasi sembelit saat kehamilan, selain itu manfaat buah sangat baik untuk perkembangan janin. Berikut merupakan contoh jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil muda :

a. Alpukat
Alpukat mengandung sumber serat, vitamin B6, asam folat dan kalium. Alpukat bermanfaat untuk membantu mengurangi morning sickness dan membantu pertumbuhan otak bayi.

b. Jeruk 
Jeruk mempunyai banyak nutrisi diantaranya vitamin A, kalium, asam folat, vitamin C dan zat besi, jeruk baik dikosumsi ibu hamil muda karena mempunyai banyak manfaat yaitu mengandung vitamin C sebagai antioksidan, mengandung asam folat untuk mengembangkan sistem syaraf bayi, kalium yang bermanfaat mengatur tekanan darah sehingga ibu hamil tetap sehat dan vitamin A yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata untuk janin.

c.Pisang
Buah pisang mengandung vitamin B6 tinggi yang bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa mual saat kehamilan muda, selain itu buah pisang juga mengandung serat, vitamin C dan asam folat yang baik untuk ibu hamil.

d. Apel
Apel merupakan jenis buah yang kaya manfaat untuk ibu hamil muda karena banyak mengandung vitamin diantaranya vitamin A dan vitamin C. Buah apel dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil muda, menjaga nafsu makan, dapat mengatasi sembelit dan buah apel juga membantu mengurangi bengkak pada tubuh si ibu karena saat fase kehamilan tak hanya perut saja yang membesar tapi juga anggota tubuh lainnya terutama kaki, tentu banyak ibu yang tidak nyaman akan kondisi tersebut.

e. Strawberry
Buah strawberry mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan pada ibu hamil juga membantu merangsang nafsu makan, karena saat kehamilan muda ibu hamil sering merasakan gangguan kesehatan seperti demam dan flu serta menurunnya nafsu makan, oleh karena itu buah strawberry baik untuk dikonsumsi yang membantu mengurangi gejala tersebut.

Selain sayuran dan buah-buahan sumber makanan lain yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin pada usia kehamilan muda salah satunya adalah kacang-kacangan karena mengandung banyak serat dan protein nabati yang baik untuk ibu dan janin. contoh kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang panjang, kacang polong dan sebagainya. 

Banyak sekali sumber makanan yang bermanfaat untuk ibu dan janin, oleh karena itu ibu harus bisa menjaga pola hidup sehat agar bayi yang dikandung berkembang dengan baik serta terhindar dari masalah dan gejala yang tidak diinginkan selama proses kehamilan. Semoga bermanfaat. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Buah dan Sayuran Untuk Ibu Hamil Muda

0 komentar: