Lemas Saat Hamil Muda Penyebab Dan Tips Mengatasinya

loading...
Gejala lemas dan mudah lelah meskipun hanya melakukan pekerjaan ringan akan sering dialami ibu hamil pada trimester pertama, atau biasanya sampai satu bulan saja. Rasa lemas dan mudah lelah hilang setelah trimester kedua (4-6 bulan), dan akan muncul kembali pada trimester ketiga. 

Hal ini lumrah sekali dialami wanita hamil, dan ini tidak membahayakan. Perubahan dalam tubuh anda yang dipicu oleh hormon-hormon kewanitaan akan membuat anda merasa gampang lelah dan lemas sepanjang waktu. Penyebab dari gejala lemas dan mudah lelah saat hamil adalah :

Lemas Saat Hamil Muda Penyebab Dan Tips Mengatasinya
1. Lemas dan capek ini terjadi karena otak kurang mendapat pasokan oksigen yang disebabkan oleh produksi hormon dalam tubuh,sehingga membuat tubuh anda menjadi lemas dan mudah capek.

2. Pada awal kehamilan, atau sampai trimester pertama tubuh anda sedang mempersiapkan diri untuk membentuk placenta yang kemudian dijadikan penyangga kehidupan bagi janin dalam kandungan.

Meningkatnya hormon hCG yang cepat dan biasanya sampai dua kali lebih banyak daripada biasanya akan membuat tubuh anda bekerja dengan intensitas tinggi dan berakibat pada gula darah dan tekanan darah yang menurun sehingga anda akan merasakan lemas dan mudah lelah. Gejala nya juga kadang, setelah berdiri dari duduk anda akan merasakan pandangan gelap.

3. Saat trimester ketiga ini anda akan kembali merasakan lemas dan mudah lelah, hal ini bukan lagi disebabkan oleh pembentukan plasenta. Tetapi nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil akan langsung diserap oleh janin yang ada di dalam kandungan.

Karena pada masa inilah perkembangan fisik dan otak janin dalam kandungan berkembang pesat. Konsumsi buah dan sayuran yang bergizi tinggi agar gizi anak terpenuhi, dan ibunya pun tidak kekurangan gizi.

Karena efek dari rasa lemas dan mudah lelah ini, ibu hamil mulai malas-malasan melakukan aktivitas. Maka dari itu kita harus tahu apa-apa saja solusi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir rasa lemas dan mudah lelah ini :

1. Kenali dan mengerti tubuh anda. 
Jika anda merasa lelah dan sudah capek beraktivitas. Maka jangan dipaksakan untuk melakukan aktivitas lainnya dulu. Ukur kemampuan anda, jika tidak kuat maka berhenti sejenak dan beristirahatlah.

2. Banyak tidur dan istirahat. 
Jika anda merasa mengantuk maka tidurlah, namun jika anda hanya merasa lemas dan sedikit lelah maka tiduran dan beristirahat sejenak akan meringankan sedikit keletihan anda. Ingatlah bahwa di dalam perut anda, ada aktivitas membuat plasenta sehingga anda akan merasa lemas apabila memaksakan diri.

3. Jangan malu untuk meminta bantuan
Apabila ada pekerjaan yang anda rasa berat dan anda merasa tidak kuat untuk melakukannya. Satu-satunya cara adalah dengan meminta pertolongan kepada orang lain. Entah kepada pasangan, tetangga, kerabat atau siapapun yang bisa menolong anda. Tidak perlu sungkan, mereeka pasti tau anda sedang hamil dan tidak bisa bekerja berat.

4. Pola makan
Pola makan sehat sangat diharuskan untuk ibu hamil. Konsumsi makanan berprotein dan berkarbohidrat tinggi. Jangan sungkan untuk banyak-banyak makan, karena memang anda membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak daripada biasanya. Memakan sesuatu yang manis-manis mungkin dapat membantu meningkatkan energi anda.

5. Olahraga ringan
Lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan di pagi hari dan berenang misalnya di siang harinya. Olahraga ringan selain dapat meminimalisir terjadinya gejala lemas dan mudah lelah juga dapat menurunkan resiko adanya mual dan muntah saat bangun tidur di pagi hari.

Baca juga : Mual Saat Hamil Muda dan Cara Mengatasinya

Lakukan olahraga ringan ini jika anda sedang tidak letih. Bermalas-malasan memang menyenangkan, tapi itu akan membuat kebugaran tubuh anda menurun. Jadi intinya tetap lakukan olahraga, tetapi jangan sampai olahraga berat.

Apabila lemas dan mudah lelah yang menimpa anda sudah membuat pandangan anda sedikit gelap, maka solusinya adalah berdiri perlahan-lahan dari posisi duduk atau berbaring. Jangan sampai anda langsung bangun untuk menjaga pasokan udara menuju ke otak tidak berubah secara drastis. 

Dan jika ada waktu senggang cobalah berlatih berdiri dan duduk beberapa kali agar anda mulai terbiasa dengan kondisi tubuh anda. Demikian penjelasan tentang mual dan mudah lelah pada saat awal kehamilan. Semiga dapat membantu.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lemas Saat Hamil Muda Penyebab Dan Tips Mengatasinya"

loading...