Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

loading...
Buah kurma merupakan buah yang berasal dari makkah dan madinah, disana banyak ditemui beberapa jenis buah kurma dan buah ini merupakan makanan pokok disana. Di Indonesia kurma merupakan buah yang sering kita jumpai, buah ini sangat populer terutama moment bulan ramadhan seperti saat ini. 

Buah ini menjadi menu santapan sahur dan berbuka puasa dan biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan dan minuman manis seperti campuran aneka kue basah dan kering, campuran minuman manis seperti es teller, es campur dan sebagainya.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil
Buah kurma banyak digemari oleh semua kalangan, karena selain rasanya manis tapi juga mempunyai kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil. Buah kurma juga sangat baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung gizi dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. 

Pada bulan puasa buah kurma banyak ditemui  dan buah ini sangat cocok dijadikan menu santapan ibu hamil baik untuk sahur maupun berbuka puasa bagi ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa. Kewajiban puasa untuk ibu hamil masih dalam zona abu-abu, jika kondisi atau kesehatan ibu hamil kurang meyakinkan maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa karena ditakutkan timbul gejala yang menganggu kesehatan janin, kondisi ibu hamil yang tidak diperbolehkan puasa contohnya seperti menderita diabetes melitus, adanya pendarahan, maag dan hipertensi. 

Tapi jika kondisi ibu hamil kuat dan sehat atau setelah dilakukan pemeriksaan dokter merekomendasikan untuk bisa berpuasa maka tidak ada masalah ibu hamil untuk menjalankan ibadah puasa.

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa buah kurma mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat seperti mengndung karbohidrat, zat besi, kalium, vitamin B kompleks, gula dan sebagainya. Berikut merupakan beberapa manfaat buah kurma untuk ibu hamil:

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

1. Mengandung zat besi dan vitamin B kompleks
Buah kurma bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah karena mengandung zat besi dan vitamin B komplek. Kekurangan sel darah merah yang menyebabkan ibu hamil mengalami anemia akan berdampak pada perkembangan janin misalkan bayi lahir dalam kondisi tidak normal serta bisa menyebabkan kelahiran dini atau prematur karena bayi yang lahir prematur biasanya sangat rentan terkena serangan penyakit contohnya gangguan pernapasan, gangguan sistem syaraf serta bisa menyebabkan cacat di bagian otak si kecil.

2. Mengandung Kalium
Buah kurma mengandung kalium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi calon bayi. Selain itu kalium membantu menghindari masalah –masalah yang tidak diinginkan selama fase kehamilan misalkan adanya gejala nyeri, kram maupun pembekakan yang umumnya dialami oleh ibu hamil.

3. Sumber Karbohidrat
Buah kurma mengandung sumber karbohidrat yang bermanfaat untuk menambah energi dan daya tahan tubuh agar ibu hamil kuat dan bugar dalam beraktivitas maupun saat proses persalinan nantinya.

4. Mengandung Serat
Tak jarang sebagian besar dari ibu hamil mengeluh karena gejala sembelit atau susah buang air besar, gejala tersebut bisa diminimalisir dengan mengosumsi buah kurma karena buah kurma mengandung serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan menghindari sembelit pada ibu hamil. Selain berkhasiat dalam fase kehamilan, kandungan serat pada buah kurma juga dibutuhkan setelah proses persalinan. Biasanya saat buang air besar ibu dilarang untuk mengejan terlalu kuat, karena ditakutkan jahitan akan robek, oleh karena itu ibu perlu mengosumsi buah kurma untuk melancarkan pencernaan.

5. Mengandung Gula
Kandungan gula yang mudah dicerna pada buah kurma dapat mengatasi gejala morning sickness yang biasanya dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama sepergi gejala lesu, mual, muntah dan menurunnya nafsu makan. Selain mengurangi gejala morning sickness, kandungan gula pada buah kurma juga dapat memulihkan kebugaran pada ibu hamil. 

Selain baik untuk ibu selama proses kehamilan, buah kurma juga bermanfaat untuk ibu pasca persalinan yaitu dapat memperlancar produksi air susu ibu (ASI). Bagi ibu yang sedang menyusui, salah satu jenis buah kurma yang direkomendasikan baik adalah dengan mengosumsi kurma basah. atau bisa disebut dengan ruthab. 

Kurma basah umumnya berwarna kuning, jenis kurma ini sangat bermanfaat baik untuk produksi ASI karena mengandung zat besi dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan si bayi dan merupakan unsur yang baik untuk menentukan pembentukan darah, tulang dan sumsum tulang belakang. Selain itu, jenis kurma basah juga mengandung gula dan vitamin B1 untuk membantu mengontrol laju gerak rahim. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil"

loading...