semua tentang ibu hamil

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Menjaga kesehatan selama proses kehamilan dan mendapatkan buah hati yang sehat saat persalinan merupakan dambaan kedua pasangan suami istri, oleh karena itu ibu hamil harus menerapkan hal-hal yang bermanfaat seperti pola hidup sehat agar janin di dalam kandungan berkembang dengan baik dan ibu hamil juga tetap sehat bugar serta terhindar dari masalah-masalah atau gejala selama masa kehamilan misalkan demam dan menurunnya nafsu makan pada ibu, kelainan pada janin serta menyebabkan hal yang tentunya ditakuti oleh para ibu yakni keguguran.  

Pola hidup sehat yang perlu diterapkan oleh ibu hamil misalkan berolahraga ringan seperti yoga, senam ibu hamil, meditasi dan relaksasi serta pola sehat yang juga perlu diterapkan adalah dari segi makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil
Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus bergizi dan mempunyai nutrisi yang cukup untuk kesehatan ibu dan janin selama proses kehamilan, contohnya minuman seperti susu dan air mineral, makanan seperti sayuran, biji-bijian/kacang-kacangan dan buah-buahan. 

Berbicara tentang buah-buahan , banyak sekali jenis buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil karena banyak mengandung sumber vitamin . Jenis buah-buahan seperti apel, jeruk, alpukat, strawberry , pisang dan sebagainya. 

Buah pisang misalkan, buah yang satu merupakan salah satu buah yang mempunyai manfaat yang baik untuk ibu hamil karena mempunyai banyak kandungan vitamin yang berguna untuk kesehatan ibu hamil juga janin, apa saja manfaat buah pisang bagi ibu hamil? Mari kita simak bersama-sama.

Buah pisang merupakan salah satu buah yang banyak disukai, selain rasanya enak, mengenyangkan juga empunyai kandungan gizi yang bermanfaat salah satunya untuk ibu hamil. Buah pisang mempunyai banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Beberapa diantaranya adalah asam folat, vitamin B6, kalium, karbohidrat, vitamin A, zat besi, kalsium dan serat.

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat pada buah pisang bermanfaat untuk membantu mendukung perkembangan otak juga membantu pembentukan jaringan tubuh pada janin. Kekurangan kandungan asam folat dapat menyebabkan gangguan pada fungsi otak janin serta dapat menyebabkan perkembangan janin tidak normal.

Kandungan vitamin B6 yang dimiliki oleh pisang bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala morning sickness yang hampir selalu dialami oleh ibu hamil terutama pada usia kehamilan muda yakni seperti pusing, mual dan muntah serta menurunnya nafsu makan.

Kandungan kalium yang terdapat pada buah pisang berguna untuk membantu mengurangi pembekakan pada ibu hamil. Pada saat proses kehamilan ibu sering merasakan adanya pembekakan pada tubuh terutama pada kaki, oleh karena itu buah pisang juga perlu dikonsumsi untuk mengurangi gejala tersebut.

Kandungan karbohidrat yang dimiliki oleh buah pisang akan membuat ibu hamil merasa kenyang serta dapat memenuhi kebutuhan energi tambahan yang diperlukan agar ibu hamil tetap sehat dan bugar.

Kandungan Vitamin A pada buah pisang bermanfaat untuk pertumbuhan janin serta memperlancar sistem peredaran darah pada bayi didalam kandungan.

Kandungan zat besi pada buah pisang mampu menghasilkan hemoglobin untuk mengurangi anemia. Kekurangan sel darah merah atau anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi selama usia kehamilan tua/ trimester akhir dan pada saat persalinan.

Kandungan kalsium yang ada pada buah pisang baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan janin. Apabila kalsium belum tercukupi janin akan mengambil kalsium dari tulang si ibu sehingga menyebabkan ibu rawan terkena osteoporosis.

Kandungan serat pada buah pisang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan sehingga bisa meminimalisir ibu mengalami sembelit. Kandungan serat pada buah pisang juga membantu melancarkan saat proses persalinan.

Banyak sekali manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengosumsi buah ini untuk kesehatan janin. Buah piang banyak sekali jenisnya , banyak dari beberapa ibu yang menyukai jenis pisang yang berbeda-beda mulai dari pisang raja, pisang susu, pisang candi dan sebagainya. 

Namun, ada satu jenis pisang yang direkomendasikan baik khusus untuk ibu hamil yaitu pisang ambon. Meski banyak kabar yang mengatakan bahwa pisang ambon tidak baik untuk ibu hamil, akan tetapi ini hanya mitos belaka karena tidak ada kandungan dari pisang ambon yang berbahaya bagi ibu hamil, malah justru banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk ibu hamil yakni kandungan asam folat, vitamin B6 dan serat. 
Pisang ambon mempunya kandungan folat, vitamin B6 dan serat yang lebih tinggi dibandingkan jenis pisang lainnya. Seperti yang telah kita baca asam folat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi, vitamin B6 membantu mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil dan serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan bagi ibu hamil agar ibu hamil tidak mengalami sembelit. Jadi untuk ibu hamil tidak perlu resah mengosumsi buah pisang ambon yang satu ini. Semoga bermanfaat. (dian)

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

0 komentar: