Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

loading...
Saat fase kehamilan, Ibu hamil perlu menerapkan pola hidup sehat salah satunya adalah dengan mengosumsi makanan sehat yang mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu juga janin. 

Makanan yang baik untuk ibu hamil contohnya adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal dan yang tak kalah penting adalah seafood. Makanan seafood juga baik dikosumsi untuk ibu hamil. 

Salah satu contoh makanan seafood yang baik untuk ibu hamil adalah ikan salmon. Selain rasanya lezat, ikan salmon mempunyai banyak kandungan dan manfaat yang baik bagi ibu hamil. Berikut merupakan beberapa contoh manfaat ikan salmon bagi ibu hamil.

Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil
Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil :

1. Mencerdaskan Otak Janin
Ikan Salmon mengandung omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mecerdaskan otak bayi kelak, serta dapat membantu proses pembentukan serabut syaraf dan prostaglandin untuk kekebalan tubuh dan proses pembekuan darah pada bayi. Baca juga : Omega 3 Untuk Ibu Hamil

2. Menurunkan Stres Pada Ibu Hamil
Saat proses kehamilan, utamanya pada usia kehamilan muda, ibu hamil sering mengalami gejala morning sickness seperti pusing, mual dan muntah, perubahan bentuk tubuh yang semakin membesar dan sebagainya. 

Gejala ini sering membuat ibu mengalami stres, sementara stres sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mengancam kesehatan janin yang dikandung. Oleh karena itu, ibu juga perlu mengosumsi ikan salmon karena ternyata ikan salmon dapat membantu menurunkan stres dan bisa membuat ibu merasa lebih tenang.

3. Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Janin
Dengan mengosumsi ikan salmon dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil secara keseluruhan, karena saat fase kehamilan daya tahan tahan ibu hamil sering mengalami penurunan. Seperti gejala morning sickness yakni pusing, mual dan muntah, emosi yang tidak stabil yang bisa mengakibatkan ibu mengalami stres dan sebagainya. 

Asupan ikan salmon yang cukup dapat menambah kadar asam lemak omega 3 serta dapat meningkatkan pertahanan antioksidan untuk ibu hamil. Tidak hanya baik untuk si ibu, ikan salmon juga baik untuk janin karena dapat meningkatkan kesehatan janin. Baca juga : 5 Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Hamil

4. Dapat Membantu Mengurangi Depresi Postpartum Kontraktor Pada Rahim
Keguguran merupakan hal yang tidak diinginkan oleh para ibu hamil. Ikan salmon mempunyai kandungan DHA tinggi yang dapat membantu mengurangi depresi postpartum kontraktor pada rahim ibu hamil sehingga dapat mencegah terjadinya keguguran. 

Selain itu ikan salmon dapat membantu menormalkan tekanan darah yang bermanfaat untuk mengurangi resiko stroke , serangan jantung dan kelebihan kolesterol. 

5. Baik Untuk Pertumbuhan Bayi
Ikan salmon banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat seperti omega 3 , DHA dan ARA yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan sang bayi seperti perkembangan otak bayi, tak hanya itu kandungan ikan salmon tersebut juga dapat bermanfaat  untuk perkembangan mata dan syaraf pada bayi. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan salmon juga dapat mencegah adanya jantung koroner pada bayi.

Baca juga : 

Seperti yang telah kita baca, banyak sekali manfaat ikan salmon bagi ibu hamil, akan tetapi perlu diperhatikan oleh ibu hamil bahwa ibu harus teliti akan pantangan makanan yang perlu dihindari saat proses kehamilan. 

Contohnya seperti ikan salmon, seperti yang telah dijelaskan ikan salmon sangat baik untuk ibu hamil karena mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Akan tetapi, ikan salmon menjadi tidak baik jika ikan salmon dikonsumsi dalam keadaan setengah matang atau bahkan masih mentah. 

Ibu hamil dilarang untuk mengosumsi ikan salmon setengah matang atau mentah karena ikan salmon yang mentah atau setengah matang mungkin saja terdapat kandungan bakteri dan parasit yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. 

Oleh karena itu, ikan salmon baik dikonsumsi dalam keadaan matang, karena selain dapat terhindar dari berbagai macam resiko gangguan kesehatan yang tidak diinginkan selama masa kehamilan juga manfaat kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk untuk kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung. Ibu dapat menjadikan ikan salmon dengan berbagai macam masakan misalkan dibuat sebagai sup ikan salmon, tumis ikan salmon dan sebagainya. Semoga Bermanfaat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil"

loading...