semua tentang ibu hamil

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Air kelapa, seperti namanya, adalah cairan yang berasal dari buah kelapa biasanya akan lebih nikmat bila didapat dari kelapa yang lebih muda. Minuman ini sangat menyegarkan dan memiliki rasa sedikit manis dan sangat cocok untuk dikonsumsi untuk ibu hamil karena kaya akan manfaat.

Air kelapa dapat dengan mudah ditemukan diberbagai daerah ini juga banyak tersedia diberbagai toko dengan merk yang beragam, namun pastikan sebelum mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, terlebih dahulu  wajib membaca dengan benar melalui label dan memeriksa untuk melihat bahwa tidak ada tambahan gula atau pengawet seperti natrium benzoat, pemanis buatan sakarin atau sejenisnya, karena ketika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Manfaat Minum Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil
Mengapa anda harus minum air kelapa selama kehamilan?
Meskipun banyak yang mengatakan meminum air kelapa aman pada saat hamil, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa  selama kehamilan.

1. Memenuhi cairan Harian tubuh dan mengatasi dehidrasi :
Ketika hamil, tubuhmembutuhkan lebih banyak cairan untuk membantu mengisi kebutuhan ibu serta bayi yang belum lahir. Meminum air kelapa saat kehamilan membantu untuk memperbaiki dan meningkatkan volume darah dalam tubuh. Manfaat lain yakni membantu tubuh untuk mempertahankan volume cairan amnion sehingga bayi didalam rahim dapat bergerak lebih baik.

Idealnya bagi ibu dalam masa hamil mengkonsumsi sekitar tiga liter air setiap hari. Sangat disarankan agar makanan yang Anda makan sehari-hari dapat menyediakan sekitar 20 persen dari asupan cairan harian Anda, Anda harus mendapatkan setidaknya 2,4 liter cairan dari air atau sumber lain, sumber yang paling baik salah satunya adalah air kelapa.

2. Menawarkan jumlah Elektrolit Esensial yang lebih banyak
Pada masa kehamilan seorang ibu membutuhkan banyak elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi. Banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari air kelapa seperti fosfor, natrium, kalium dan kalsium yang tentunya semua nutrisi ini penting bagi kesehatan ibu hamil.

Setiap kali berkeringat atau jika menderita diare, tubuhakan kehilangan jumlah cairan. Akibatnya, tubuh harus terus-menerus mengisi cairan dan elektrolit yang hilang. Bagi ibu hamil, kemungkinan akan menderita mual dan rasa tidak nyaman pada pencernaan atau biasa disebut morningsickness yang biasanya terjadi pada trismester pertama.

Muntah yang parah juga dapat menyebabkan hilangnya cairan tubuh serta elektrolit. Meminum air kelapa akan membantu mengisi cairan tubuh serta mendapatkan kembali jumlah elektrolit yang hilang.

3. Merupakan minuman alami kaya nutrisi tanpa kandungan lain yang berbahaya
Selama masa kehamilan segala sesuatu yang dimakan atau minum oleh sang ibu secara langsung akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi yang belum lahir. Akibatnya, sangat penting untuk menghindari obat-obatan serta makanan atau minuman yang berpotensi mengandung senyawa berbahaya apapun.

Senyawa tersebut kadang dengan mudah bisa berpindah pada bayi yang belum lahir sehingga dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Air kelapa adalah minuman sepenuhnya alami tidak mengandung bahan pengawet serta bahan kimia dan tambahan pemanis.

4. Mengandung kadar gula yang lebih sedikit dari minuman konsentrat
Dalam bentuk alami, air kelapa mengandung jumlah kadar gula yang cukup dibandingkan dengan minuman lain yang telah mendapatkan tambahan bahan pemanis. Dalam segelas air kelapa mengandung sekitar enam gram gula per porsi sajian.

5. Membunuh parasit berbahaya dalam tubuh dan mencegah Infeksi
Air kelapa mengandung bahan kimia alami yang bersifat steril, bahan tersebut membantu menghilangkan dan mengurangi jumlah parasit dan cacing di dalam tubuh. Hal ini juga membantu untuk menghilangkan cacing yang mungkin ada dalam pencernaan dan usus. Dengan menekan jumlah parasit berbahaya dalam tubuh akan dapat mengurangi resiko infeksi kesehatan.

6. Mencegah Hipertensi
Tidak sedikit wanita menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi ketika mereka berada dalam masa kehamilan. Sensasi kesegaran dari minum air kelapa dapat memiliki efek relaksasi pada penderita hipertensi dan mengurangi tingkat tekanan darah Anda.

7. Mengobati masalah pencernaan seperti sembelit 
Menderita sembelit adalah salah satu kondisi yang paling umum dan paling tidak nyaman ketika dalam masa kehamilan . Gangguan pencernaan ini biasa terjadi pada trimester pertama kehamilan, bahkan ada beberapa kasus mengenai sembelit yang terjadi sepanjang masa kehamilan.

Air kelapa  mengandung jumlah serat yang tinggi. Serat makanan dapat membantu untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Minum air kelapa padamasa kehamilan juga dapat membantu untuk meredakan rasa mulas dan masalah pencernaan.

8. Menjaga berat badan
Benar sekali air kelapa tidak mengandung lemak atau kolesterol, yang berarti bahwa ketika mengkonsumsi secara teratur dalam masa kehamilan tidak akan berpengaruh dengan melonjaknya berat badan.

9. Memiliki kandungan antibakteri dan antijamur
Untuk ibu yang sedang hamil, tidak tertutup kemungkinan akan terkena infeksi, hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh menjadi rendah selama bulan-bulan kehamilan. Didalam air kelapa mengandung berbagai zat antibakteri, antijamur dan antivirus.

Dengan mengkonsumsi air kelapa pada masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan dan bertindak sebagai pertahanan alami. Selain itu air kelapa juga mengandung zat antioksidan, anti dermatophytic, hipoglikemik, antiparasit, imunostimulan dan sifat perlindungan terhadap bakteri patogen yang semuanya sangat bermanfaat bagi ibu dan calon buah hati.

10. Baik untuk kesehatan janin bayi 
Meminum air kelapa saat hamilakan membuat tubuh tetap terhidrasi dan segar serta melindungi terhadap berbagai penyakit. Tidak hanya itu, manfaat lain juga membantu untuk menjaga berat badan dan menjaga suhu tubuh agar tetap dingin. Semua faktor ini sangat penting karena akan membantu agar bayi Anda yang belum lahir berada dalam kondisi sehat.

Dari sekian banyak manfaat kesehatan yang berhubungan dengan minum air kelapa saat Anda sedang hamil, ada juga berbagai mitos yang berkembang di masyarakat berkaitan dengan konsumsi air kelapa.

Beberapa mungkin sudah anda dengar akan tetapi tidak semuanya benar, yang harus selalu diingat adalah bahwa Anda harus selalu berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi apapun selama kehamilan Anda.

Berikut ini adalah beberapa mitos yang paling umum tentang minum air kelapa saat hamil, namun perlu diingat bahwa ini hanya mitos:

1. Minum air kelapa akan membuat bayi anda berkulit putih
Dalam hal ini tidak ada hubungannya antara meminum air kelqpa dengan corak warna kulit yang akan dimiliki oleh sang bayi. Ada banyak faktor yang berbeda yang akan memutuskan bagaimana kulit bayi Anda akan menjadi sehat, putih atau kehitaman. Dalam hal ini genetik anda dan pasanganlah yang paling berpengaruh dalam faktor warna kulit bayi.

2.  Minum air kelapa membuat rambut bayi terlahir lebat
Ini adalah mitos populer yang beredar bahwa jika Anda minum air kelapa pada kehamilan, bayi Anda akan lahir dengan kepala penuh rambut tebal dan berkilau. Namun, itu adalah sebuah mitos, dan minum air kelapa saat Anda sedang hamil tidak mempengaruhi tentang berapa banyak dan kualitas pertumbuhan rambut bayi anda.

Tips mendapatkan air kelapa yang baik :
Tentu saja, bentuk terbaik dari air kelapa adalah ketika anda mendapatkannya langsung dari vendor lokal yang akan menjual kelapa lembut segar yang berisi dengan air. Berikut adalah beberapa hal yang harus diingat saat membeli air kelapa:

Jika Anda membeli air kelapa kemasan, jangan membeli air kelapa yang dibuat menggunakan konsentrat air kelapa segar. Produk tersebut sebagian besar terbuat dari sejenis sirup dan tidak akan sehat dan segar seperti yang Anda inginkan.

Ketika membeli air kelapa fresh, pilihlah jenis kelapa yang hijau cerah karena kelapa tersebut memiliki air dan gizi yang lebih baik daripada kelapa yang berwarna lebih gelap. Hindari membeli air kelapa bermerek yang mengandung pemanis.

Baca Juga :
Manfaat Mengkonsumsi Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil
Manfaat Mengkonsumsi Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

Begitu banyak manfaat dari meminum air kelapa bagi ibu hamil. Yang perlu diingat selain gizi yang baik saat masa kehamilan seorang ibu harus tetap menjaga pola hidup sehat  dan kontrol emosi agar dapat menekan tingkat stres selama masa kehamilan sehingga bayi didalam kandungan dapat lahir dengan kondisi yang sehat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan silahkan share blog ini untuk menyebarkan berita baik ini pada sesama. (suha)

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Minum Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

0 komentar: