semua tentang ibu hamil

6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Siapa yang tidak mengenal minyak ikan? Minyak yang didapat dari mengekstrak bagian lemak ikan ini didalamnya mengandung nutrisi penting seperti DHA (Decosa dexaeonic acid) dan EPA (Eicosa Pentaeunic Acid) serta omega3. Semua nutrisi dari minyak ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu yang sedang dalam proses kehamilan. Jadi apa saja manfaat minyak ikan untuk ibu hamil? 

Meningkatan Sistim Kerja Saraf Pusat Pada Janin
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, ibu hamil yang rutin mengkonsumsi minyak ikan selama masa kehamilannya memiliki peningkatan terhadap kualitas dan kekuatan otak serta kemampuan lingual atau berbahasa bagi buah hatinya kelak. Hal ini dikarenakan peran omega 3 dalam setiap tetes minyak ikan yang meningkatan sistim kerja saraf pusat pada janin.

Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi
Pada saat ibu sedang hamil muda, konsumsi minyak ikan secara rutin dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi akibat faktor fisik ataupun mental. Nutrisi penting yang terkandung dalam minyak ikan membantu menjaga keseimbangan aliran dan tekanan darah, sehingga mencegah sang ibu terkena hipertensi pada masa kehamilannya.

Meningkatkan Kecerdasan
Banyak yang mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi minyak ikan dapat meningkatkan kecerdasan,  penglihatan serta sistem saraf pusat pada bayi. Manfaat lain yang akan didapat dengan mengkonsumsi minyak ini yakni dapat meningkatkan berat janin. 

Meningkatkan Berat Badan Janin
Janin yang terlahir normal secara umum memiliki berat tidak kurang dari 2,5 kilogram, apabila janin yang terlahir memiliki berat kurang dari itu, besar resiko bagi sang janin untuk mengalami berbagai gangguan dan tidak seimbangan tubuh. Konsumsi minyak ikan secara rutin dapat meningkatkan berat badan janin secara signifikan.

Ketika sang ibu mulai memasuki usia tua kehamilan,  resiko terjadinya kelahiran sebelum usia kehamilan yang matang atau prematur sering sekali menghantui para calon ibu. Terjadinya bayi lahir prematur bisa disebabkan karena banyak faktor, yang paling sering terjadi adalah akibat faktor kondisi kesehatan dan penyakit kehamilan.  

Mencegah Bayi Lahir Prematur
Dengan tetap mengkonsumsi minyak ikan secara rutin sampai memasuki 20 minggu usia kehamilan, akan dapat mencegah terjadinya gangguan aliran darah yang memicu terjadinya bayi lahir prematur. Bagi ibu yang sedang hamil, minyak ikan juga memberikan nutrisi penting pada kulit. Konsumsi minyak ikan dapat mengatasi masalah kulit yang umum terjadi selama masa kehamilan seperti ekzema atau kulit meradang, gatal kemerahan dan mengelupas. 


Gangguan penyakit kulit ini disebabkan karena perubahan hormon sang ibu yang menjadi lebih sensitif ketika mengalami masa kehamilan. Selain untuk nutrisi kulit, kandungan omega 3 berperan penting dalam perkembangan mata sang janin. 

Meningkatkan Kualitas Penglihatan
Omega3 berperan penting dalam pembentukan retina menjadi lebih sempurna, sehingga meningkatkan kualitas penglihatan sekaligus membuat janin terhindar dari gangguan penyakit mata saat berada pada masa tumbuh kembangnya nanti.

Untuk ibu yang sedang hamil, ketika mengkonsumsi minyak ikan tentunya wajib memperhatikan dosis pemakaian terutama pada trismester akhir kehamilan. Sangat dianjurkan untuk ibu hamil mendapatkan sekitar 300mg DHA setiap harinya atau setara dengan 3 gram minyak ikan. 

Silahkan berkonsultasi dengan dokter anda untuk mendapatkan arahan yang tepat terkait dengan kondisi kehamilan ibu. Asupan nutrisi yang tepat sangat berpengaruh terhadap kelahiran bayi yang sehat. Tetap penuhi dan awasi nutrisi harian yang didapat sang ibu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, silakan share  untuk menyebarkan info penting ini terhadap sesama. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

0 komentar: