semua tentang ibu hamil

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Siapa yang menyangka bahwa dalam tiap tetes minyak kelapa tersimpan banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan terutama bagi ibu yang tengah dalam masa kehamilan. Minyak yang sudah ada sejak lama ini diperoleh dengan cara mulai dari memilih kelapa yang sudah tua dan memiliki santan banyak, kemudian memanaskannya hingga keluar minyak.

Meskipun tanpa wawasan medis banyak orang sejak zaman dulu meyakini bahwa minyak kelapa bagus untuk membuat ibu hamil lebih mudah ketika menjalani proses persalinan. Lantas apakah memang benar ada manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil? 

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil
Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak sekali riset dan penelitian mengenai manfaat dari minyak kelapa tidak hanya untuk ibu yang tengah hamil tetapi juga untuk kesehatan manusia pada umumnya. Sudah terbukti apabila minyak kelapa diminum sesendok demi sesendok setiap hari secara rutin akan memberikan banyak sekali manfaat dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat dari konsumsi minyak kelapa secara rutin 


Meningkatkan daya tahan tubuh 
Pada ibu yang tengah hamil muda terutama pada trismester pertama, akan mengalami penurunan Daya tahan tubuh sehingga tubuh akan mudah sekali terserang influenza dan jenis virus lain. Hanya dengan mengkonsumsi dua sendok minyak kelapa setiap hari secara rutin dapat meningkatkan sistem immunitas tubuh ibu hamil secara signifikan.

Sedikit tips apabila tidak tahan dengan aroma dan rasa minyak kelapa yang khas, anda bisa menambahkan beberapa sendok minyak kelapa kedalam minuman, salad atau smootie favorit anda. 

Mengatasi gejala mual
Pada ibu yang tengah hamil muda, sering dijumpai mendapatkan rasa mual hebat terutama pada pagi hari. Meminum minyak kelapa dapat mengurangi gejala mual dan membuat perut ibu yang tengah hamil menjadi lebih nyaman. 

Sebagai pengganti susu untuk ibu dengan kondisi alergi protein susu
Ada kabar gembira untuk ibu yang tengah hamil dan alergi terhadap protein susu. Anda tidak perlu takut dan khawatir kekurangan nutrisi karena kesulitan ketika mengkonsumsi susu. Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa akan membantu mencukupi nutrisi ibu dan janin seperti mineral, protein dan asam laurat.

Memberi pelumas terhadap jalan keluar bayi saat proses persalinan 
Bagi ibu yang sudah menginjak usia tua kehamilan,  sebagian besar akan mengalami kekeringan pada area organ vital.hal ini disebabkan karena efek kehamilan membuat organ vital ini mengalami penurunan kelembaban.rutin mengkonsumsi minyak kelapa secara teratur sama halnya seperti memberi pelumas pada jalan keluar bayi ketika akan mengalami proses persalinan kelak.

Tidak hanya pada organ kewanitaan,  pada masa kehamilan kulit biasanya juga mengalami penurunan kelembaban sehingga menjadikannya kering. Oleskan minyak kelapa pada kulit kering untuk memberi nutrisi kelembaban ekstra. Minyak kelapa juga aman saat dioleskan pada puting payudara karena kandungan nutrisinya yang tanpa tambahan bahan kimia berbahaya. 

Mengatasi stretchmark
Saat pasca persalinan biasanya anda akan menjumpai stretchmark di area perut. Untuk mencegahnya bisa dioleskan minyak kelapa pada area perut sejak masa hamil hingga menjelang persalinan.  Dalam minyak kelapa terkandung banyak vitamin E yang bagus untuk menutrisi jaringan kulit. 

Bagus untuk kulit bayi yang baru lahir 
Pada daerah pantat bayi yang baru lahir biasanya akan berwarna kemerahan dan pada bagian kepala atas terlihat kotor seperti bekas kerak. Oleskan sedikit minyak kelapa pada bagian -bagan tersebut dengan lembut.

Minyak kelapa juga bagus digunakan untuk memijat bayi, karena pada bayi yang baru lahir sentuhan sangat diperlukan untuk perkembangan fisik dan psikisnya. Manfaat lain yang bisa didapat yakni pijatan pada bayi dengan menggunakan minyak kelapa memudahkan bayi agar mudah tidur karena aromanya yang menenangkan. 
Minyak kelapa cenderung aman dan tidak menimbulkan iritasi sehingga ibu tidak harus bingung memilih satu dari jutaan merk minyak bayi yang beredar dipasaran. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari minyak kelapa bagi ibu hamil dan bayi.

Konsumsi dan penggunaan rutin akan membuat ibu dan bayi sehat dan tercukupi nutrisinya. Jangan lupa simak artikel tentang ibu dan masa kehamilan yang lain dan selalu berikan yang terbaik bagi calon ibu dan buah hati.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Minyak Kelapa Untuk Ibu Hamil

0 komentar: