semua tentang ibu hamil

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Dikenal dengan nama botani OleaEuropaea, minyak zaitun adalah bahan makanan pendudukasli mediterania yang diperoleh dari menghancurkan buah zaitun (olive) melalui proses mesasi, minyak ini lazim digunakan dalam hidangan makanan di negara-negara seperti Italia, Spanyol, Yunani dan Portugal. 

Selain digunakan dalam masakan, minyak zaitun telah terbukti kaya manfaat bagi kesehatan karena memiliki kandungan mineral,  Protein, vitamin E dan B, zat besi dan nutrisi penting lainnya sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin. 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil
Minyak zaitun dianggap menjadi pilihan terbaik karena memiliki kandungan monounsaturated fatty acids (MUFA) yang paling tinggi di antara minyak yang lain, tidak hanya untuk wanita hamil, tetapi untuk semua orang. 

Jadi apakah ada hubungannya antara konsumsi minyak zaitun dengan kesehatan janin selama kehamilan? Hal ini jelas sangat berhubungan, mengkonsumsi minyak zaitun saat hamil, tubuh akan mendapatkan nutrisi ekstra berupa vitamin dalam bentuk asam lemak sehingga bayi dapat tumbuh sehat dan memiliki gerakan yang sempurna di dalam rahim. Berikut adalah beberapa manfaat utama minyak zaitun terkait dengan kepercayaan masyarakat pada masa kehamilan 

1. Menjaga dan meningkatkan sistem immunitas tubuh dari Infeksi
Sudah bukan pendapat lagi bahwa kandungan vitamin A dalam asam lemak yang terdapat dalam minyak zaitun dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh baik untuk ibu hamil maupun janin yang ada didalam kandungan. 

Janin yang mendapat nutrisi vitamin A yang cukup akan terhindar dari resiko infeksi. Selain itu kandungan vitamin A berguna untuk membentuk sistem penglihatan dan kesehatan mata pada tumbuh kembang bayi selama dalam masa kehamilan. 

2. Asam lemak berperan positif dalam pembentukan janin yang sempurna.
Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak dan omega-3 yang sangat tinggi, kandunganzat ini baik untuk jantung. 

Apabila asam lemak omega-3 banyak dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung akan dapat memiliki peran positif dalam perkembangan janin seperti meningkatkan fungsi otak dan keterampilan serta daya kreatif anak pada masa pasca kelahiran

Selain itu dari segi fisiologis bayi yang lahir dengan mendapatkan nutrisi asam lemak dari minyak zaitun akan mendapatkan berat badan dan tinggi yang lebih ideal.

3. Membantu pertumbuhan  gerakan motorik bayi sejak dalam kandungan
Sebuah riset menyatakan , bayi yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi minyak zaitun selama kehamilan memiliki keuntungan di dalam perkembangannya dibandingkan dengan ibu yang tidak mengkonsumsi. 

Hal ini dapat dilihat dari gerakan motorik bayi, reflek dan kecerdasan gerak yang lebih bagus. Hal ini disebabkan nutrisi dari asam lemak yang tinggi membuat bayi ketika didalam kandungan dapat bergerak lebih baik


4. Mengurangi timbulnya StretchMarks
Manfaat yang bisa didapatkan dari minyak zaitun terutama bagi sang ibu  yakni sebagai peregangan otot-otot pinggul terutama pada trismester akhir kehamilan. Setelah melahirkan pengolesan minyak zaitun adalah salah satu cara alami dalam menghilangkan Stretch mark pada area perut, dalam beberapa kasus tindakan pengolesan minyak zaitun secara rutin mampu mencerahkan noda Stretch mark dan membuat kondisi stretch mark menjadi hilang permanent.

5. Tambahan nutrisi ekstra ketika dalam masa menyusui
Padamasa persalinan, vitamin E dalam darah ibu terkonsentrasi di kelenjar payudara, selama menyusui, ibu terus memasok vitamin E. Hal ini penting untuk menjaga kadar vitamin ini selama menyusui. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun cukup untuk mencukupi pasokan vitamin E yang dibutuhkan oleh ibu menyusui

Vitamin E dalam asi juga sangat direkomendasikan untuk bayi prematur dan yang baru lahir dengan kondisi ginjal atau pankreas yang tidak sempurna karena efekvitamin E yang menguntungkan itu pada sistem hepato-bilier.

Manfaat kesehatan dari minyak zaitun untuk ibu hamil tidak bisa terlalu ditekankan karena sang ibudalam masa kehamilan juga harus mendapat nutrisi lain yang beragam guna mengoptimalkan tumbuh kembang janin dalam masa kandungan. Selain itu penggunaan luarminyak zaitun pada kulit harus terus dilakukan secara berkelanjutan bahkan setelah melahirkan. 

Meskipun demikian, kelebihan dalam konsumsi minyak zaitun mungkin tidak dianjurkan. Pastikan mengkonsumsi minyak zaitun dalam tingkat yang wajar agar mendapatkan manfaat optimal. Ada masukan menarik mengenai postingan ini? Silahkan posting komentar anda tentang artikel ini, jangan lupa share untuk mengetahui info menarik lainnya.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

0 komentar: