semua tentang ibu hamil

Manfaat Telur Asin Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Tidak bisa disalahkan, sebagian besar ibu hamil pada masa kehamilannya memiliki kegemaran lebih untuk menyantap yang asin-asin. Bahan makanan dengan rasa dan kandungan garam yang kuat seperti ikan asin ataupun sayuran asin kerap menjadi bahan makanan favorit bagi ibu yang tengah hamil. 

Diantara banyak bahan makanan yang diasinkan tersebut, telur asin menjadi salah satu bahan makanan yang sangat diminati. Lantas adakah efek tersendiri ataupun manfaat telur asin bagi ibu hamil? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Telur asin adalah salah satu bahan makanan kaya protein yang dapat dengan mudah didapatkan mulai dari toko kelontong sampai toko swalayan, anda tidak akan kesulitan mencari komoditi pangan yang satu ini. 

Olahan pangan yang satu ini diperoleh dengan cara memberi garam dalam jumlah yang sangat banyak pada telur bebek yang bertujuan untuk menghentikan aktifitas enzim perombak yang memengaruhi kualitas telur. Dengan dinonaktifkannya kinerja enzim ini akan dapat membuat telur tahan lama dan dapat disimpan dalam jangka waktu hingga satu bulan. 

Seiring perkembangannya kini mulai dijumpai juga berbagai macam varian telur asin, tidak hanya sebatas direbus tetapi kini telur asin juga hadir dengan variasi seperti dioven, telur asin bakar bahkan telur asin dengan rasa unik seperti rasa udang. Pastinya anda yang gemar menyantap telur asin tentu sangat hafal dengan sensasi rasa asin yang legit dan tekstur yang lembut dilidah.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Telur Asin?
Apa benar seorang ibu yang sedang hamil boleh mengkonsumsi telur asin?  Dalam pandangan medis ibu yang sedang hamil sebenarnya dibolehkan untuk mengkonsumsi telur asin, yang perlu digaris bawahi adalah dalam konsumsinya tidak dilakukan secara berlebihan. 

Mitos Seputar Telur Asin Bagi Ibu Hamil
Selain itu telur asin juga harus dipastikan dalam keadaan bersih dan benar-benar matang. Ada sebuah mitos populer tentang mengkonsumsi telur asin bagi ibu hamil yakni ibu yang sedang hamil jika memakan telur asin akan membuat bayi yang akan terlahir kelak akan memiliki bau amis. 

Benarkah demikian? Faktanya mitos tersebut hanyalah mitos tanpa dasar yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah, justru sebaliknya pada saat hamil seorang ibu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan kaya protein seperti telur ayam, bebek dan sejenisnya termasuk ketika diolah menjadi telur asin. 

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mengkonsumsi Telur Asin Untuk Ibu Hamil
Kemungkinan efek negatif yang muncul dari konsumsi telur asin pada masa kehamilan justru bersumber pada kandungan garamnya yang tinggi. Terlebih jika ibu yang sedang hamil tersebut menderita tekanan darah tinggi. Ibu yang mengalami masalah hipertensi memang tidak dianjurkan mengkonsumsi bahan makanan yang tinggi kandungan garamnya termasuk telur asin. 

Jika anda adalah ibu yang sedang hamil dan tidak memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi tidak ada salahnya jika anda menjadikan telur asin sebagai lauk sehat. 

Manfaat Mengkonsumsi Telur Asin Untuk Ibu Hamil
Manfaat dari mengkonsumsi telur asin bagi ibu hamil telah dibuktikan secara medis membantu mencukupi kebutuhan kalsium pada masa kehamilan. Pada masa hamil seorang ibu akan membutuhkan kalsium 1,5x lebih banyak daripada wanita biasa yang tidak sedang hamil. 

Sumber Kalsium 
Kadar kalsium pada telur asin sebanyak 120mg. Asupan kalsium ekstra ini digunakan untuk pengembangan sistem persendian dan pertumbuhan tulang bayi ketika masih dalam masa kandungan. 

Kaya Protein
Siapa yang menyangka kandungan protein didalam telur asin lebih tinggi dari segelas susu. Asupan protein yang tinggi bagi ibu hamil dapat mencegah bayi yang terlahir dengan berat badan yang rendah. Selain itu protein juga berperan dalam pembentukan dan perkembangan organ tubuh, merangsang perkembangan kecerdasan janin serta mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

Mengurangi Gejala Anemia 
Manfaat lain yang akan didapat dari konsumsi telur asin yakni mampu menyembuhkan anemia dan gejalanya pada ibu hamil. Telur asin dibuat dari telur bebek yang kaya akan kandungan zat besi. Bila anda memiliki masalah anemia selama masa kehamilan, tidak ada salahnya menjadikan telur asin sebagai lauk makan siang anda, mengingat anemia adalah satu dari tanda bahaya dalam kehamilan. 

Sumber Vitamin A
Selain protein dan kalsium serta zat besi dalam telur asin juga terdapat kandungan vitamin. Dengan konsumsi telur asin dalam jumlah wajar seorang ibu hamil akan memperoleh vitamin A yang berperan dalam perkembangan visual janin, menangkal racun dan meningkatkan daya immunitas ibu hamil terhadap serangan patogen penyebab penyakit.  

Juga Mengandung Vitamin E
Selain itu pada telur asin juga terdapat kandungan vitamin E yang berfungsi untuk merawat kesehatan kulit sang ibu seperti mencegah stretchmark dan kulit kering. 

Dari banyaknya manfaat telur asin bagi ibu hamil bisa disimpulkan bahwa konsumsi telut asin pada masa kehamilan adalah aman, bahkan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kehamilan. 

Silahkan anda menambahkan telur asin dalam menu harian anda asalkan dikonsumsi dalam porsi wajar dan dalam keadaan yang benar-benar matang. Selamat menikmati telur asin dan tetap jaga kesehatan kehamilan anda, semoga bermanfaat. 

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Telur Asin Untuk Ibu Hamil

0 komentar: