Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil

loading...
Telur adalah makanan yang banyak ditemui, telur merupakan makanan pokok yang biasanya digunakan sebagai pelengkap hidangan, bahan baku pembuatan kue dan sebagainya. Telur banyak digemari karena selain enak,  juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan merupakan bagian dari empat sehat lima sempurna yang dibutuhkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari. 

Manfaat telur bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah baik untuk perkembangan otak , menambah energi untuk beraktivitas sehari-hari, sebagai sumber protein dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan sebagainya.

Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil
Banyak sekali manfaat telur bagi kesehatan tubuh, maka tak heran telur banyak digemari oleh banyak kalangan tak terkecuali ibu hamil, Ibu hamil juga perlu untuk mengosumsi telur. Telur yang baik untuk ibu hamil salah satunya adalah telur rebus karena bermanfaat  baik untuk kesehatan ibu juga janin .Apa saja manfaat telur rebus untuk ibu hamil, mari kita simak bersama-sama.

Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil :

1. Meningkatkan Energi dan Kosentrasi Ibu Hamil
Kehilangan kosentrasi bisa disebabkan oleh terlalu banyak aktifitas, kondisi metabolisme menurun atau bisa juga karena perubahan hormon. Oleh sebab itu telur rebus perlu dikosumsi untuk membantu mencegah menurunnya kosentrasi, terutama ibu hamil yang disibukkan oleh pekerjaan kantor atau aktivitas sehari-hari. 

Selain membantu mencegah menurunnya kosentrasi, juga mampu menambah energi dan stamina ibu hamil karena telur rebus mengandung protein agar ibu hamil sehat dan bugar, kalau tubuh sehat dan bugar aktivitas sehari-hari akan menjadi lancar. 

2. Membantu Perkembangan Syaraf  Otak dan Janin Serta Mencegah Cacat Tabung Syaraf Bayi
Telur rebus mengandung Kolin yang bermanfaat untuk perkembangan otak dan janin serta dapat mencegah cacat tabung syaraf bayi. Kekurangan kandungan kolin dapat menyebabkan kecenderungan bayi lahir cacat atau bayi lahir dengan penyakit, kesehatan bayi yang tercukupi asupan kolin melalui sang ibu lebih sedikit terkena penyakit saat lahir. 

Selain itu manfaat lain kandungan kolin pada telur rebus yaitu baik untuk kecerdasan otak anak, tumbuh kembang bayi dan dapat memperlancar ASI ibu. Cukup luar biasakan manfaat telur rebus untuk ibu hamil.

3. Sebagai Asupan Gizi, Vitamin dan Mineral
Telur rebus perlu dikosumsi karena sebagai asupan gizi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan ibu juga janin seperti protein, karbohidrat, kolin dan berbagai macam vitamin kompleks. Salah satu manfaat diantaranya adalah kandungan protein yang tinggi bermanfaat untuk membangun plasenta dan mendukung tumbuh kembang bayi.

4. Mencegah Anemia dan Meningkatkan Metabolisme Ibu Hamil
Ibu hamil tentu banyak yang mengalami gejala anemia, jika tidak segera ditangani akan menjadi masalah yang serius untuk ibu hamil contohnya persalinan dini atau prematur serta bisa mengakibatkan bayi lahir dibawah berat badan rata-rata. 

Tentu banyak dari para ibu yang tidak mengiginkan hal tersebut. Telur rebus merupakan salah satu solusi untuk mencegah hal tersebut karena kandungan  telur rebus yang dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. 

Selain untuk mengatasi anemia, telur rebus juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh serta dapat mengurangi stress dan rasa cemas pada ibu hamil.

5. Baik Untuk Kesehatan Tulang Dan Peredaran Darah
Kandungan Kalsium pada telur rebus bermanfaat baik untuk kesehatan tulang ibu juga janin. Saat kehamilan ibu rawan terkena osteoporosis. Kalsium yang belum tercukupi mengakibatkan janin akan mengambil kalsium dari tulang si ibu sehingga menyebabkan ibu rawan terkena osteoporosis. 

Selain itu Telur rebus juga bermanfaat untuk peredaran darah, peredaran darah yang tersumbat dapat menyebabkan kaki ibu hamil mengalami pembengkakan. Kaki bengkak ini biasanya rawan sekali terjadi pada ibu hamil.

Baca juga : Manfaat Telur Asin Untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah kita baca sebelumnya banyak sekali manfaat telur rebus untuk ibu hamil. Oleh karena itu telur rebus baik untuk dikosumsi ibu hamil, Akan tetapi yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah dengan tidak mengosumsi telur mentah atau setengah matang karena akan mengakibatkan beberapa faktor resiko diantaranya adalah bakteri salmonella, bakteri ini terdapat dalam telur mentah/setengah matang. 

Bakteri salmonella yang pada dasarnya meracuni makanan, meski tidak mempengaruhi janin, akan tetapi akan berpengaruh pada kesehatan ibu misalkan akan merasakan gejala muntah, sakit kepala, diare dan dehidrasi  

Maka dari itu ibu hamil wajib tahu dan teliti dalam mengosumsi telur yang berguna untuk mencegah adanya efek samping yang berakibat tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga Bermanfaat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil"

loading...