Tips Mengatasi Sering Pusing Saat Hamil Muda

loading...
Ibu hamil muda biasanya mempunyai keluhan yang bermacam-macam. Ada yang mual di pagi hari, lemas, mudah lelah, sembelit, susah buang air besar, sesak nafas dan lain-lain. Selain itu semua, adalagi keluhan saat hamil yang mengganggu ibu hamil yakni sering pusing saat masa awal kehamilan atau hamil muda. 

Gejala pusing tergolong normal untuk para ibu hamil terutama saat hamil muda, karena memang ada penyebab dan ada alasannya. Meskipun hal ini normal terjadi, tetapi ada kondisi dimana pusing saat kehamilan akan menjadi sedikit berbahaya yaitu jika pusing ini terjadi berkelanjutan dan menyebabkan ibu hamil sering tidak sadarkan diri atau pingsan. Sebenarnya apa saja yang menyebabkan gejala sering pusing saat awal hamil. Penyebab dari gejala pusing pada ibu hamil muda adalah :

Mengatasi Sering Pusing Saat Hamil Muda
Perubahan kadar hormon
Perubahan kadar hormon progesteron dan sirkulasi darah. Selain hormon progesteron, hormon estrogen juga mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. 

Meningkatnya hormon progesteron
Peningkatan pada hormon progesteron akan menyebabkan otot polos menjadi rileks dan mengakibatkan pembuluh darah melebar, sehingga tekanan darah menurun. Tekanan darah yang menurun secara tiba-tiba akan berakibat ibu hamil merasakan pusing yang berkelanjutan. Baik saat dia sedang duduk atau saat dia sedang berdiri. Pasokan darah ke kepala juga menjadi berkurang dan rasa pusing pun muncul. Meskipun sering pusing sebenarnya adalah hal yang normal tetapi jika dibiarkan terus menerus ibu hamil akan sering pingsan karena merasakan pusing yang tidak berkesudahan.


Anemia (kekurangan sel darah merah)
Anemia atau berkurangnya jumlah sel darah merah juga dapat menyebabkan pusing karena pasokan oksigen yang dibawa oleh sel-sel darah merah ke otak jumlahnya berkurang.

Kelelahan dan stress
Usahakan untuk tidak beraktivitas terlalu berat sehingga anda tidak kelelahan. Karena jika ibu hamil kelelahan akan menyebabkan rasa pusing. Luangkan waktu sekitar 10 menit setiap harinya untuk bersantai agar ibu hamil terhindar dari stress. Perasaan tegang juga bisa memicu adanya stress atau depresi. Jadi usahakan untuk tetap tenang dan berfikiran positif.

Tips Mengatasi Pusing Atau Sakit Kepala Saat Hamil Muda 
Hal-hal yang bisa anda lakukan apabila anda merasakan pusing saat hamil adalah sebagai berikut :

1. Pusing yang terjadi akibat perasaan tegang, depresi atau stess dapat diatasi dengan mengompres leher bagian belakang dengan air es.

2. Latihan relaksasi seperti memejamkan mata, menarik nafas dan menghembuskannya, dan membayangkan suasana yang tenang agar ibu hamil tidak merasa stress atau depresi.

3. Pejamkan mata, atau istirahat sejenak jika anda mulai merasakan pusing. Apabila anda sedang dalam posisi duduk maka jangan langsung berdiri.

4. Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan berolahragalah yang ringan tetapi teratur. Karena olahraga yang ringan dan konsumsi makanan yang bergizi akan membantu anda mengurangi rasa pusing. Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, roti gandum, beras merah, dan yoghurt rendah lemak.

5. Pelan-pelan ketika hendak mengubah posisi. Misalnya saat anda tidur langsung bangun atau saat anda duduk langsung saja berdiri. Hal ini bisa menyebabkan pusing karena perubahan gerakan yang drastis dan tiba-tiba.

6. Jaga pola makan dengan car makan sedikit-sedikit tetapi sering sehingga kadar gula darah akan terjaga dan tetap normal. Minumlah sedikit-sedikit sepanjang hari agar terpenuhi 8 gelas per hari dan tidak mengalami dehidrasi.

7. Hindari perasaan-perasaan tertekan yang akan menyebabkan anda merasa stress dan depresi. Tidak memikirkan perasaan yang menekan pikiran juga akan membantu anda untuk tidak dehidrasi.

8. Apabila rasa pusing yang anda alami sudah terlalu bawalah ke dokter atau pengobatan alternatif sehingga sedikit demi sedikit rasa pusingnya akan berkurang.

Pusing memang biasa terjadi pada ibu hamil, terutama pada ibu yang hamil muda. Hal ini disebabkan karena rasa lelah, mual, lapar, tekanan darah rendah, kekurangan zat besi dan faktor emosional. Hal tersebut bisa di atasi dengan istirahat sejenak dan mengatur pola makan dan minum. 


Apabila pusing masih terus datang dan sakitnya berkepanjangan, sebaiknya anda memeriksakannya ke dokter kandungan karena ditakutkan menjadi masalah yang membahayakan kehamilan. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengatasi Sering Pusing Saat Hamil Muda "

loading...