semua tentang ibu hamil

Mual Saat Hamil Muda Dan Cara Mengatasinya

loading...

loading...
Seorang wanita yang hamil muda biasa mengalami mual dan ingin muntah. Hal ini biasanya terjadi pada trimester pertama, atau sampai usia kehamilan sekitar 3 bulanan. Gejala seperti ini biasa disebut dengan morning sickness. 

Morning sicknessmemang umum dan biasanya terjadi pada ibu yang hamil muda tetapi tidak berarti tingkat derajat mualnya sama. Tiap-tiap ibu hamil memiliki tingkat derajat kemualan yang berbeda-beda, ada yang tidak mengalami gejala ini, ada yang mengalami mual-mual biasa dan ada pula yang mual-mual parah sampai harus mendapatkan perawatan ekstra, hal ini yang biasa disebut dengan hiperemesis gravidarum. 

Mual Saat Hamil Muda Dan Cara Mengatasinya
Untuk para ibu yang baru sekali ini hamil tidak perlu khawatir, karena gejala mual dan ingin muntah tiap pagi hari setelah bangun tidur ini tidak berbahaya dan normal-normal saja. Yang sedikit berbahaya mungkin jika terlalu saja mual muntahnya.

Gejala morning sickness tidak serta merta terjadi begitu saja tetapi ada penyebabnya, yaitu :
1. Perubahan tingkat hormon estrogen
2. Perubahan sistem metabolisme tubuh
3. Perubahan internal tubuh (karena sekarang sudah ada janin di dalam rahim)
4. Stress, emosional, kekhawatiran dan terlalau lemas.
5. Peningkatan kepekaan/sensitifitas terhadap lingkungan dan polusi (termasuk lebih sensitif pada bau dan rasa).

Itulah yang menyebabkan wanita hamil mengalami mual dan muntah pada awal masa kehamilan. Yang perlu anda ketahui, saat seorang wanita sedang hamil berarti dia membutuhkan nutrisi lebih daripada saat dia sedang tidak hamil, karena bayi yang dikandungnya juga membutuhkan banyak nutrisi maka sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar menjaga kesehatannya dan banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. 

Sayangnya, masalah ibu hamil tidak hanya disitu. Kadang ada juga beberapa ibu hamil yang mualnya tidak hanya saat pagi hari saja, tetapi setiap dia melihat makanan. Kalau ibu hamil mual saat melihat makanan tentu saja dia tidak akan bisa makan dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ibu hamil untuk meminimalisir gejala morning sickness ini, antara lain :

1. Olahraga Ringan
Sering kita jumpai ibu-ibu hamil muda sering jalan-jalan di pagi hari tanpa memakai alas kaki, entah itu karena sengaja olahraga atau sekedar ingin jalan-jalan ringan sambil belanja sayur untuk memasak di rumah. Tanpa disadari olahraga ringan seperti ini dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar sehingga mengurangi gejala mual dan muntah pada pagi hari.

2. Konsumsi buah-buahan segar
Buah-buahan sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan antioksidan. Oleh karena itu, mengonsumsi buah-buahan sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Kalau bisa simpanlah buah-buahan di dalam lemari es, agar tetap segar dan dingin.  

Mengonsumsi buah-buahan dingin dipercaya dapat menurunkan kemungkinan mual dan muntah di pagi hari. Tapi ingat, makanlah buah-buahan yang diperbolehkan seperti jeruk, apel, pisang dll. Jangan memakan buah yang dilarang seperti nanas, anggur dan durian.

3. Konsumsi jahe
Jahe adalah obat herbal yang bisa membuat tenang dan menghilangkan kepenatan. Jahe juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit karena mengandung banyak manfaat. Seduhlah wedang jahe atau campurkan jahe ke dalam teh untuk menambah rasa nikmatnya. Rasa hangat yang muncul dari rasa jahe akan menurunkan rasa mual dan ingin muntah. Cukup gunakan sedikit saja jahenya dan jangan terlalu banyak.

4. Berada di ruangan yang bersuhu dingin
Suhu tubuh wanita yang sedang hamil akan lebih tinggi daripada saat tidak hamil. Suhu tubuh yang tinggi akan menyebabkan ibu hamil menjadi lebih mudah mual dan ingin muntah. Oleh karena itu, sesekali istirahatkan badan di tempat yang dingin dan sejuk. Dan apabila tidak ada, bisa juga mendinginkan badan menggunakan kipas angin.

5. Akupuntur dan akupresur
Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menurunkan gejala morning sickness adalah dengan mencoba teraphy akupuntur dan akupresur. Melakukan teraphy ini bisa meringankan gejala mual dan muntah. Tetapi anda harus teliti dalam memilih klinik pengobatan, karena ditakutkan akan berakibat buruk bagi keselamatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.

Itulah sedikit penjelasan tentang morning sickness, tidak ada yang terlalu ditakutkan karena itu gejala normal. Tapi kalau anda merasa mual dan muntahnya terlalu berlebihan dibandingkan dengan wanita hamil yang lain. Maka segera periksakan ke dokter kandungan agar memperoleh perawatan khusus. Semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mual Saat Hamil Muda Dan Cara Mengatasinya

0 komentar: