semua tentang ibu hamil

5 Olahraga Untuk Ibu Hamil Muda Agar Selalu Sehat

loading...

loading...
Mencapai proses kehamilan yang lancar sampai mendapatkan buah hati yang sehat pula adalah impian orang tua. Oleh karena itu, dalam mencapai impian tersebut sang ibu harus menerapkan pola hidup sehat. Dalam menerapkan pola hidup sehat tidak hanya mengosumsi makanan dan minuman yang bernutrisi baik untuk kesehatan ibu dan janin saja. 


Akan tetapi hal lain juga diperlukan untuk mendukung pola hidup sehat yaitu dengan berolahraga. Berolahraga juga sangat penting untuk ibu hamil, banyak dari para ibu hamil yang cenderung sering tidur, bermalas-malasan, makan makanan diluar kontrol dan melalaikan olahraga. 

Ini yang salah, karena jika menerapkan hal tersebut malah justru akan menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Maka dari itu olahraga untuk ibu hamil itu perlu mulai dari usia kehamilan trimester awal sampai dengan trimester akhir. 

Mungkin untuk usia kehamilan awal atau hamil muda banyak ibu yang merasa takut untuk berolahraga, karena dalam usia kehamilan muda janin masih dalam keadaan rentan. 

Padahal olahraha untuk ibu hamil ibu itu berbeda dan ada batasnya, terutama pada usia kehamilan muda yang masih rentan. Lalu apa saja olahraga yang aman untuk ibu hamil muda. Berikut merupakan beberapa contoh olahraga untuk ibu hamil muda.

1. Jalan Santai
Jalan santai merupakan olahraga yang aman bagi ibu hamil muda, terlebih di pagi hari ibu bisa menghirup udara segar. Dalam jalan santai, ibu dilarang berjalan lebih cepat dan terburu-buru harus dalam keadaaan tenang, santai dan menikmati. 

Jika terburu-buru akan menyebabkan ibu kelelahan dan berbahaya bagi janin yang dikandung. Dengan jalan santai akan membantu menghilangkan stres dan membuat ibu hamil merasa rileks dan bugar.

2. Senam Kegel
Saat kehamilan awal, senam kegel juga perlu diterapkan karena bisa memberikan hasil yang optimal. Manfaat dari senam kegel yaitu dapat mempertahankan berat badan yang ideal. Saat fase kehamilan banyak ibu hamil yang mengalami perubahan bentuk karena bertambahnya berta badan. 

Ini bisa diminimalisir dengan menerapkan senam kegel. Selain baik untuk mempertahankan tubuh yang ideal, senam kegel juga dapat melancarkan saat proses persalinan nantinya.

3. Yoga
Yoga merupakan senam yang berfokus pada keseimbangan antara pikiran, tubuh dan pernapasan melalui relaksasi. Yoga selain bermanfaat untuk kesehatan juga dapat memberikan ketenangan untuk ibu hamil. 

Yoga juga berguna bagi ibu hamil untuk mempersiapkan proses persalinan normal. Manfaat lain dari yoga adalah dapat meredakan ketegangan otot dan menyeimbangkan emosi melalui relaksasi.

4. Melakukan Aktifitas Ringan di Rumah
Ibu hamil muda dapat melakukan aktifitas-aktifitas ringan di rumah seperti mencuci piring, membersihkan perabot rumah, menyiram bunga dan sebagainya. Namun. Perlu diketahui untuk ibu hamil muda sebaiknya jangan melakukan aktifitas rumah yang berlebihan dan secukupnya saja, ini bertujuan agar ibu hamil tidak mudah kelelahan.

5. Berenang
Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang diperbolehkan untuk ibu hamil muda. Manfaat berenang bagi ibu hamil muda salah satunya adalah dapat mengurangi gejala morning sickness, memperkuat otot rahim dan sendi-sendi panggul untuk memperlancar persalinan serta dapat menjaga kesehatan jantung pada ibu hamil. 

Berikut merupakan beberapa contoh tips aman berenang untuk ibu hamil muda. 

1. Dengan menggunakan pakaian yang longgar dan tidak menekan perut atau ketat serta nyaman, disarankan untuk menggunakan baju renang khusus ibu hamil agar berenang semakin nyaman. Kunjungi Toko Kami

2. Jangan berenang terlalu lama, sekitar kurang dari 30 menit karenan dengan berenang lama dapat mempengaruhi suhu dalam rahim dan membahayakan janin. Bagi ibu hamil yang belum pernah berenang saat hamil mulai dengan 5 sampai 10 menit lalu secara bertahap tambah 1 sampai 2 menit setiap minggu. Dan bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

3. Saat berenang ibu dilarang memaksakan diri untuk terus bergerak, karena dengan begitu ibu hamil akan cepat merasa kelelahan. Lakukan istirahat dengan cara mengapung di air agar terasa lebih rileks.

Ulasan lebih lengkap mengenai : Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah kita baca olahraga juga penting untuk ibu hamil karena selain sehat juga bisa meminimalisir akan adanya gangguan kesehatan pada ibu dan juga janin. 

Namun, perlu diketahui bahwa disela olahraga ibu hamil juga jangan melalaikan untuk istirahat secara teratur. Ini agar ibu tidak cepat merasa kelelahan karen kelelahan pada ibu juga akan berakibat pada kesehatan ibu juga janin yang dikandungnya, terlebih apabila kandungan masih dalam usia muda. Semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Olahraga Untuk Ibu Hamil Muda Agar Selalu Sehat

0 komentar: