Omega 3 Untuk Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya

loading...
Masa kehamilan tentunya adalah masa yang paling penting bagi seorang ibu karena pada masa ini segala asupan yang diperoleh ibu akan dapat berpengaruh langsung terhadap tumbuh kembang janin. Banyak sekali penelitian dan riset yang makin berkembang mengenai kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan. Satu diantara penelitian tersebut adalah manfaat nutrisi omega-3untuk kehamilan. 

Mendengar kata omega-3 tentunya sebagian besar masyarakat sudah tidak asing dengan zat gizi tersebut. Secara ilmiah omega-3 merupakan asam lemak tidak jenuh ganda rantai panjang yang berfungsi utama untuk meningkatkan perkembangan sel didalam tubuh. Faktanya nutrisi omega-3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga harus diperoleh melalui konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung omega-3.

Omega 3 Untuk Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya
Omega-3 sendiri terbagi atas beberapa jenis asam lemak, dua diantaranya memiliki manfaat paling besar didalam tubuh yakni DHA (Docosahexaeonic Acid) dan EPA (eicosapentaeonic acid). Kedua zat asam lemak ini bekerja sama didalam tubuh dan berpengaruh terhadap perkembangan sel. Asam lemak DHA berperan menunjang fungsi otak, mata dan syaraf pusat sedangkan EPA mendukung fungsi jantung dan immunitas tubuh. 

Pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan omega-3 berperan penting untuk perkembangan janin. Penelitian telah membuktikan dengan menambah suplementasi omega-3 pada pola makan ibu hamil dalam dosis rendah dapat memberi efek positif terhadap perkembangan daya penglihatan dan daya pikir bayi. Konsumsi omega-3 dalam dosis yang lebih tinggi pada ibu hamil dapat mengurangi resiko alergi pada janin serta resiko bayi yang lahir prematur. 

Fakta lain menunjukkan bahwa ibu hamil dengan konsumsi omega-3 secara rutin dapat mengurangi risiko eklamsia atau keracunan kehamilan,  meningkatkan masa janin serta menurunkan depresi. Ada banyak sekali jenis bahan makanan yang mengandung nutrisi omega-3, kebanyakan bahan makanan tersebut umum dijumpai dan dapat dengan mudah didapatkan. Beberapa diantaranya adalah :

Ikan salmon 
Ikan salmon merupakan salah satu dari daftar bahan makanan yang mengandung nutrisi omega-3 paling tinggi. Sudah bukan mitos lagi kalau ikan salmon dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dalam satu porsi ikan salmon seberat 130 gram tubuh anda akan mendapatkan sekitar 1.700mg omega-3
Baca juga : Manfaat Ikan Salmon Untuk Ibu Hamil

Telur
Bahan makanan ini selain mudah didapat tentunya juga memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dari ikan salmon. Dalam satu butir telur terkandung kurang lebih 60-150mg omega-3, cukup banyak bukan manfaat telur, baca artikel terkait : Manfaat Telur Rebus Untuk Ibu Hamil 


Kacang-kacangan
Kacang almond, kacang mede dan kacang kenari merupakan sumber nutrisi omega-3 yang tinggi. Dengan mengkonsumsi seperempat kacang kenari maka anda akan mendapatkan sekitar 2,3 gr omega-3. Jumlah kandungan tersebut memenuhi sekitar 91% dari kebutuhan omega-3 di dalam tubuh.

Artikel Terkait: 

Ikan Tuna
Selain menjadi sumber protein berkualitas, Ikan tuna juga memiliki kandungan omega-3 walaupun jumlahnya tidak setinggi ikan salmon. Protein membentuk masa otot lebih baik dan membuat anda merasa kenyang lebih lama. 

Namun anda juga perlu berhati -hati karena ikan tuna adalah ikan yang mudah sekali menyerap pencemaran bahan kimia dilingkungan tempat mereka tumbuh, pastikan anda mendapatkan ikan tuna segar yang didapat dari penghasil ikan yang terpercaya.

Itulah beberapa informasi tentang pentingnya manfaat nutrisi omega-3 bagi kesehatan terutama bagi ibu yang tengah hamil. Selalu konsultasikan jumlah nutrisi dan dosis yang masuk kedalam tubuh. Pastikan tubuh tidak kekurangan zat omega-3 dan nutrisi penting lainnya agar janin dapat terlahir sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Baca juga : Nutrisi Gizi Penting Untuk Ibu Hamil Dan Janin
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Omega 3 Untuk Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya "

loading...