Perawatan Ibu Hamil Muda Agar Selalu Sehat

loading...
Kelahiran buah hati merupakan idaman orang tua, karna dengan lahirnya sang buah hati lengkap sudah kebahagiaan pasangan suami istri. Tidak gampang menjalani proses kehamilan mulai dari kehamilan muda sampai menjelang persalinan, membutuhkan tahap demi tahap untuk mencapai proses persalinan yang lancar dan mendapatkan buah hati yang normal dan sehat. 

Tahap-tahap yang perlu diterapkan oleh ibu hamil yaitu dengan melakukan perawatan  yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat. Terutama perawatan saat usia kehamilan muda atau trimester awal, ibu sangat rentan terkena gangguan kesehatan seperti pusing, mual dan muntah, menurunnya daya tahan tubuh, emosi yang tidak stabil dan gejala-gejala morning sickness lainnya. 

Perawatan Ibu Hamil Muda Agar Selalu Sehat
Jika gejala seperti itu tidak dihiraukan maka akan berakibat fatal bagi ibu hamil yakni bisa mengakibatkan keguguran. Keguguran adalah hilangnya janin pada rahim yang biasanya terjadi sebelum usia kehamilan 2 minggu. 

Tentu banyak dari para ibu yang tak mennginginkan hal tersebut, oleh karena itu di usia kehamilan muda perlu dan wajib diterapkan perawatan bagi ibu hamil terutama di usia kehamilan muda, dimana janin yang masih dalam keadaan rentan. Berikut merupakan beberapa contoh perawatan khusus  bagi ibu hamil muda.

1.Jangan Terlalu Lelah
Kehamilan merupakan pola hidup baru bagi anda. Sebagai seorang ibu anda perlu mengontrol aktifitas anda, agar tidak mudah capek dan lelah. Terlebih lagi jika sedang hamil muda, karena kelelahan seorang ibu hamil akan meningkatkan resiko keguguran janin, jadi lakukan aktivitas ringan dan tidak terlalu berat.

2.Kebersihan lingkungan
Infeksi kehamilan sebagian besar diakibatkan pada kebersihan yang dibawa oleh ibu. Jagalah kebersihan lingkungan dan badan wajib bagi seorang ibu hamil, membasuh tangan setiap waktu dan sebelum makan. Karena hal ini berkaitan erat dengan faktor infeksi kehamilan, serta kebersihan makanan yang masuk dalam perut ibu hamil.

3. Jaga keseimbangan psikologis
Pada saat hamil muda, seorang ibu rentan terkena gejala morning sickness salah satunya adalah stress. Maka dari itu, seorang ibu hamil harus bisa menjaga emosional, karena hal ini juga berpengaruh pada kesehatan kandungan. 

4. Waktu istirahat
Ibu hamil perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Karena istirahat dapat menjaga energi dan meningkatkan stamina pada ibu hamil.

5. Olahraga 
Olahraga juga perlu dilakukan oleh seorang ibu yang sedang hamil, agar tubuh tetap fit dan sehat selama masa kehamilan. Dan untuk ibu hamil, sebaiknya jangan melakukan olahraga yang berat seperti berlari ataupun yang lainya. Olahraga yang baik untuk ibu hamil muda contohnya jalan ringan/jalan santai, melakukan yoga atau melakukan relaksasi.
Artikel terkait : Olahraga Untuk Ibu Hamil

6. Makanan yang bergizi
Ibu hamil dianjurkan untuk mengutamakan makan makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan lainya yang kaya vitamin dan mineral sehingga bermanfaat bagi kesehatan ibu juga janin.

7. Pakaian
Untuk ibu hamil, pakailah pakaian yang longgar dan tidak ketat. Karena pakaian yang ketat ataupun sempit akan membuat bayi kesulitan mendapatkan oksigen dan menggangu perkembangan janin dalam kandungan.

8.  Berhubungan intim
Berhubungan intim merupakan hal yang wajar bagi pasangan suami isteri. Namun frekuensi untuk berhubungan intim perlu dikurangi pada saat kehamilan muda. Karena faktor ini mengacu pada resiko keguguran pada seorang ibu yang tengah hamil muda.

9. Obat-obatan
Untuk ibu yang sedang hamil, dilarang mengkonsumsi obat secara sembarangan, terlebih lagi jika obat-obatan itu adalah obat-obatan berbahan kimia dan berbahaya. Kalaupun ibu mengosumsi obat-obatan harus ada resep dan rekomendasi dari dokter.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat tengah hamil muda, meskipun hamil muda masih belum terdeteksi namun masih banyak hal yang perlu anda perhatikan sebelum masa kehamilan memasuki trimester ke dua, dan sebaiknya anda perlu memperluas pengetahuan anda tentang informasi kesehatan pada awal kehamilan trimester awal, karena pada awal kehamilan trimester 1 ini adalah saat yang paling rentan terhadap perkembangan janin. 

Lakukanlah hal-hal diatas tersebut seoptimal yang bisa anda lakukan, agar janin anda tetap berada pada keadaan yang normal dan sehat. Jika ada keadaan yang tidak enak pada kehamilan anda, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter, mulailah dari kehamilan muda untuk sering berkonsultasi pada dokter. Karena kesehatan pada kehamilan anda, anda sendiri yang menentukan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perawatan Ibu Hamil Muda Agar Selalu Sehat"

loading...