semua tentang ibu hamil

5 Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Tak hanya pada masa sebelum hamil, saat fase kehamilan ibu hamil juga perlu untuk melakukan perawatan yang bermanfaat selain untuk menjaga kecantikan juga untuk kesehatan ibu dan janin. Saat kehamilan biasanya banyak para ibu hamil yang kurang menjaga kebersihan dan penampilan, makan sembarangan dan tidak teratur serta mengkonsumsi makanan dan minuman diluar kontrol. 

Itu tentu tidak baik bagi kesehatan ibu dan kondisi tubuh ibu karena saat fase kehamilan banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil misalkan berat badan bertambah, terjadinya pembengkakan, menurunnya daya tubuh ibu, keadaan emosional yang tidak stabil dan sebagainya. Untuk menghindari dan meminimalisir hal tersebut, ibu hamil perlu menghindari larangan-larangan saat hamil dan menerapkan hal-hal yang berguna untuk kesehatan ibu dan janin. 

5 Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Hamil
Selain itu ibu hamil juga tetap bisa mempertahankan kecantikan tubuh saat fase kehamilan melalui perawatan dengan cara yang alami. Berikut merupakan beberapa larangan dan aturan yang perlu diterapkan untuk perawatan ibu hamil.

1. Konsumsi Makanan & Minuman Sehat
Ibu Hamil perlu menerapkan pola hidup sehat dengan mengosumsi makanan dan minuman sehat yang selain berguna bagi kesehatan ibu dan janin juga berguna untuk tetap mempertahankan kecantikan bagi si ibu. 

Minuman yang baik salah satu contohnya adalah air mineral selain bermanfaat untuk mengurangi dehidrasi dan menyeimbangkan suhu tubuh si ibu saat fase kehamilan, air mineral juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya Stretch Mark yang muncul seperti gurat-gurat pada kulit seiring bertambahnya usia kehamilan. 

Stretch Mark tentu menjadi masalah bagi si ibu karena dapat mengurangi rasa percaya diri, oleh karena itu perlu mengosumsi air mineral sebagai salah satu cara perawatan alami untuk membantu meminimalisir gejala stretch mark , dengan begitu  ibu akan merasa kembali cantik dan percaya diri. 

Kemudian untuk makanan sehat, banyak sekali jenis makanan yang sehat dan mempunyai banyak kandungan gizi dan nutrisi di sekitar kita mulai dari buah-buahan sayuran, kacang-kacangan dan sebagainya. Salah satu contoh makanan yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan si ibu adalah makanan yang mengandung sumber vitamin E, selain bisa menyuburkan kandungan vitamin E juga dapat membantu memelihara placenta dan dinding rahim pada ibu hamil. 

Manfaat lain vitamin E baik untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit si ibu. Makanan yang mempunyai kandungan vitamin E contohnya adalah telur, pepaya, kecambah (taoge), biji bunga matahari , gandum dan sebagainya.

2. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman yang Dilarang
Selain makanan dan minuman yang disarankan baik untuk kesehatan dan kecantikan ibu hamil. Ada pula makanan dan minuman yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena akan berdampak pada kesehatan ibu serta janin. Minuman yang dilarang untuk dikosumsi adalah minuman yang mengandung kafein seperti kopi, mengandung alkohol serta minuman yang dinyatakan berbahaya untuk ibu hamil lainnya. 

Contohnya saja minuman Alkohol dapat menyebabkan calon bayi lahir dalam keadaan tidak normal dan keterbelakangan mental. Sedangkan makanan yang dilarang saat masa kehamilan contohnya buah durian, buah nanas, daging dan telur yang tidak matang, makanan pedas serta makanan instan. 

Makanan instan contohnya seperti mie instan mengandung bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin karena dapat menganggu pertumbuhan janin, dapat menyebabkan gejala maag dan hipertensi pada ibu serta dapat mengalami keguguran. 


Selain makanan dan minuman yang dilarang, ibu hamil juga perlu menghindari kosumsi obat-obatan, tak terkecuali obat untuk perawatan kecantikan. Selama proses kehamilan baiknya dihindari karena akan menganggu kesehatan janin yang dikandung. 

3. Hindari gaya hidup yang dilarang saat hamil
Saat fase kehamilan ibu hamil tidak dilarang untuk tetap tampil cantik, justru ibu hamil harus terlihat cantik dan bugar. Namun untuk bisa tetap tampil cantik banyak ibu yang melalaikan gaya hidup yang sebenarnya tidak baik saat kehamilan,. 

Seperti  pemakaian hak tinggi dan berbusana ketat. mungkin sebelum kehamilan tidak begitu bermasalah dan sah-sah saja tapi jika saat proses kehamilan harus tetap diperhatikan hal-hal / gaya hidup yang dilarang karena akan menganggu kesehatan ibu juga janin. 

Memakai hak tinggi membuat otot yang bekerja untuk pinggang menjadi tegang  dan menyebabkan tubuh ibu hamil tidak nyaman dan terasa sakit pada bagian punggung, pinggang dan betis, selain itu memakai hak tinggi dapat menyebabkan kaki ibu hamil membengkak. 

Kemudian untuk ibu yang suka berbusana ketat, ada baiknya selama fase kehamilan untuk menghindari berbusana sedemikian rupa karena pakaian yang ketat akan menyebabkan janin kesulitan bergerak serta janin akan kesulitan mendapatkan asupan oksigen secara sempurna. 

Selain dua hal diatas , untuk bisa tetap tampil cantik ibu perlu teliti soal kosmetik yang dipakai seperti bedak, pelembab dan sebagainya. Ibu hamil perlu menghindari kosmetik berbahan kimia karena dapat menyebabkan perkembangan janin terganggu serta dapat menyebabkan janin keracunan. Untuk tetap bisa tampil cantik ibu hamil bisa menggunakan kosmetik berbahan alami yang aman serta mendapatkan rekomendasi dari dokter.

4. Berolahraga
Ibu hamil juga perlu berolahraga untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan kecantikan. Mungkin banyak ibu hamil yang tidak begitu peduli akan berolahraga, banyak dari ibu hamil yang bermalas-malasan dan mengosumsi makanan dan minuman diluar kontrol dan tidak memperdulikan olahraga. 

Ini yang salah, karena dengan begitu ibu hamil akan mudah terserang gangguan penyakit seperti diabetes. Oleh karena itu olahraga perlu diterapkan oleh ibu hamil, namun olahraga untuk ibu hamil itu berbeda dan ada batasnya, tidak terlalu berlebihan karena jika berlebihan akan menyebabkan ibu mudah lelah dan berpengaruh pada janin yang dikandungnya. 

Olahraga yang baik untuk ibu hamil contohnya jalan-jalan ringan, melakukan senam ibu hamil, melakukan aktivitas ringan dirumah serta dapat melakukan yoga atau meditasi yang berguna untuk kebugaran ibu. 

Selain berolahraga agar tetap bisa tampil cantik , tak ada salahnya ibu hamil mencoba untuk memanjakan diri misalkan dengan melakukan facial untuk sekedar relaksasi yang menggunakana bahan-bahan alami dan aman. Untuk ibu  hamil yang ingin melakukan facial sebaiknya memberitahukan kepada petugas facial bahwa sedang hamil, hal ini untuk menjaga kemungkinan kulit ibu lebih sensitif saat hamil.

5. Hindari Stres dan Istirahat secara teratur
Saat fase kehamilan keadaaan emosional ibu hamil sering tidak terkontrol. Hal ini disebabkan karena ketidakstabilan hormon yang mempengaruhi tingkat stres yang dapat membahayakan janin.

Oleh karena itu istirahat secara teratur juga perlu diterapkan untuk menghindari gejala stress yang dialami ibu karena dengan beristirahat secara teratur dapat menenangkan fikiran dan mengembalikan energi ibu hamil.

Demikian 5 tips bagaimana merawat diri saat hamil, semoga dapat membantu bunda-bunda yang saat ini hamil. Semoga kehamilan bunda selalu diberikan kesehatan (Amiin). Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong untuk membantu kami menshare artikel ini disosial media, dan kami ucapkan terimakasih, salam senyum.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Hamil

0 komentar: