semua tentang ibu hamil

Sesak Nafas Saat Hamil Muda Penyebab Dan Tips Mengatasinya

loading...

loading...
Sesak nafas ketika hamil muda sangat wajar dialaami oleh ibu hamil. Hal ini tidak membahayakan keselamatan ibu dan bayinya, tetapi meskipun begitu ibu hamil tetap akan merasa tidak nyaman. Jika sampai anda mengalami gejala sesak nafas saat hamil muda maka hal itu harus mendapatkan perhatian lebih dan perawatan ekstra. 

Peubahan hormon saat hamil muda mempengaruhi semuanya. Ibu hamil bisa saja terkena sakit flu, batuk, dan sesak nafas. Karena kondisi fisik ibu hamil lebih sensitif jadi hal-hal yang dirasa lumrah saja terjadi saat tidak hamil, akan terasa berat dua kali lipat sakitnya. 

Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Muda
Beberapa Penyebab Sesak Nafas Pada Ibu Hamil Muda
Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya sesak nafas saat hamil muda :

Gejala flu dan batuk
Saat seorang ibu hamil terserang flu dan batuk yang disertai hidung tersumbat akan menyebabkan dada nya sesak dan agak kesulitan bernafas dengan tenang. Berdasarkan penelitian, hal ini disebabkan karena kadar hormon estrogen dan hormon progesteron meningkat selama masa kehamilan dan berakibat selaput hidung menjadi bengkak serta bisa mengering dengan mudah. Hal inilah yang menyebabkan gejala flu disertai batuk dan hidung tersumbat akan sungguh menyiksa ibu hamil karena dadanya sesak dan susah bernafas.

Pembatasan Kerja Paru-Paru
Salama masa kehamilan, bayi akan terus tumbuh dan berkembang dalam perut ibu dan semakin membesar. Semakin besar bayi yang ada di dalam kandungan, semakin membutuhkan ruang yang luas. Pada saat itu, janin yang ada dalam kandungan ibu bisa mendorong diafragma naik sekitar 4cm sehingga bisa membatasi kerja paru-paru. Paru-paru bisa menjadi lebih kecil dari ukuran ruang dan malah bisa mengurangi kapasitasnya.


Meningkatnya Volume Darah 
Volume darah yang ada di dalam tubuh akan meningkat pada saat masa kehamilan. Bagian pembuluh darah juga kapillar akan dipompa oleh jantung lebih sering dari pada saat belum hamil. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan menyebabkan sesak nafas pada ibu hamil muda.

Perubahan Hormon
Perubahan hormon pada saat hamil akan menyebabkan pelemahan daya tahan tubuh dan membuat tubuh semakin mudah sakit. Hal ini juga merupakan salah satu faktor penyebab ibu hamil mudah terserang flu dan batuk misalnya. Yang ujung-ujungnya juga berpengaruh pada kondisi pernafasan.

Tips Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil Muda
Car-cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir kemungkinan sesak nafas saat hamil adalah :

1. Makanan sehat
Hindari makanan berlemak, terlalu banyak mengonsumsi makanan beremak dapat menyebabkan berat badan anda naik dan akan semakin sering merasakan sesak nafas. Hindari juga makanan yang banyak mengandung gula dan garam, karena makanan jenis itu juga dapat menambah berat badan.

2. Hindari minuman bersoda dan berkafein
Minuman yang sebaiknya mulai anda hindari adalah teh, kpi dan cola. Minuman-minuman yang telah disebutkan di atas termasuk diuretik (jenis minuman yang bisa meningkatkan pengeluaran cairan tubuh lebih tinggi). Hal ini bisa menyebabkan anda terkena dehidrasi. Sedangkan di dalam teh terdapat kandungan zat tallin yang bisa menghambat tubuh anda untuk menyerap zat besi.

3. Konsumsi makanan berzat besi
Makanan yang tergolong berzat besi tinggi adalah daging merah, sayuran berwarna hijau gelap dan buah berry. Sempurnakan juga dengan mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C, seperti jeruk dan kiwi yang dapat membantu anda untuk lebih meudah menyerap zat besi dari makanan yang anda konsumsi.

4. Olahraga ringan tapi teratur
Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan berenang. Apabila ada keluhan saat berolahraga segera konsultasikan dengan dokter. Anda juga bisa mengikuti kelas yoga untuk membanti mengontrol pernafasan anda sehingga tidak akan terjadi sesak nafas.

5. Aktivitas ringan
Apabila anda seorang wanita karir dengan setumpuk pekerjaan. Maka mulailah untuk melakukan aktivitas-aktivitas ringan yang tidak terlalu mengganggu kesehatan anda. Jika anda terlalu memaksakan diri untuk bekerja, maka bisa-bisa anda akan mengalami sesak nafas karena kelelahan bekerja.

6. Posisi tisur yang benar
Jika anda mengalami gangguan tidur tiap malam, maka berandarlah di dua atau tiga bantal sehingga tubuh menjadi semakin rileks dan terindar dari sesak nafas. Gangguan tidur ketika hamil biasa terjadi, bahkan peningkatannya bisa mencapai dua kali lipat daripada saat tidak hamil

7. Gunakan waktu untuk relaksasi
Luangkan sedikit waktu anda, minimal 10 menit untuk relaksasi dan belajar pernafasan. Hal ini sangat baik dilakukan karena nanti juga akan berguna pada proses persalinan.


Itulah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya sesak nafas. Apabila setelah melakukan hal-hal seperti di ats dan anda tetap mengalami sesak nafas, maka sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sesak Nafas Saat Hamil Muda Penyebab Dan Tips Mengatasinya

0 komentar: