semua tentang ibu hamil

Susah Buang Air Besar Saat Hamil Muda Dan Cara Mengatasinya

loading...

loading...
Kembung dan susah buang air besar sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini sangat normal dan memang biasa terjadi saat ibu hamil muda. Hal ini mungkin memang normal, tetapi tetap akan mengakibatkan ibu hamil merasa tidak nyaman. 

Sembelit bukan tidak mungkin untuk dihindari. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Tapi sebelum itu marilah kita ketahui dulu apa yang menyebabkan sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil terjadi :

Tingginya kadar hormon progesteron di dalam sistem peredaran darah mengakibatkan otot polos pada usus besar menjadi rileks. Akibatnya kerja usus besar menjadi lamban sehingga makanan akan makin lama dikeluarkan. 

Tetapi dibalik susahnya buang air besar justru ada manfaat tersendiri yaitu penyerapan zat gizi lebih panjang dan tubuh dapat menyerap lebih banyak. Namun, terlalu lama sembelit juga akan berakibat buruk bagi ibu hamil


Rahim membesar dan menekan usus sehingga menghambat kerja usus sehingga terjadi sembelit atau susah buang air besar.

Setelah membahas tentang penyebab susah buang air besar baru kita membahas tentang solusi untuk mengatasi dan mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar pada ibu hamil. Solusinya yaitu :

1. Lawan dengan serat
Usus besar anda memerlukan 25-35 gram serat per hari. Untuk memenuhi kebutuhan serat konsumsi buah-buahan dan sayuran segar baik itu mentah, dimasak sebentar atau dimasak kulitnya. Buah-buahan yang banyak mengandung serat contohnya adalah buah kiwi dan pepaya. 

Buah kiwi dan pepaya merupakan buah-buahan pencahar alami yang bisa membantu melancarkan gangguan susah buang air besar. Serat juga dapat diperoleh dari makanan berjenis sereal, gandum, polong-polongan dan juga beras merah.

2. Jauhi makanan tidak berserat
Makanan yang berserat tinggi akan meningkatkan produksi kerja usus besar sehingga mencegah adanya sembelit dan susah buang besar. Untuk para ibu hamil usahakan hindari makanan tidak berserat yang bisa mengakibatkan penyumbatan dan penumpukan sisa makanan di usus. Contohnya seperti nasi putih dan roti tawar putih. Kalau bisa ganti saja dengan beras merah dan roti gandum. Agar gizi tetap di dapat dan tubuh ibu hamil serta janinnya tetap sehat.

3. Perbanyak konsumsi air putih
Tubuh manusia 80% nya terdiri dari air. Tentunya anda sekalian tahu, seberapa pentingnya peran air kalau sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Perbanyak konsumsi air minimal 8 gelas tiap harinya. Air di usus berfungsi untuk melunakkan kotoran dan memperlancar gerakan bahan makanan yang tersendat melewati usus. 

Jika anda memperbanyak konsumsi air putih terutama air putih hangat maka akan berguna dan dapat mengatasi sembelit anda, cairan hangat juga dapat merangsang kontraksi usus sehingga anda lebih mudah buang air besar.

4. Jangan tunda buang air besar
Mungkin hal ini terlihat tidak masuk akal. Tetapi menahan dan menunda buang air besar akan menyebabkan melemahnya otot pada usus besar sehingga menyebabkan susah buang air besar. Apabila anda sudah mempunyai jadwal untuk buang air besar, maka segera lakukan di kala itu juga. Jangan ditunda dan jangan ditahan.

5. Jangan makan kekenyangan
Jangan terlalu banyak makan. Makan sedikit-sedikit berkali-kali lebih baik daripada makan dua atau tiga kali dalam porsi yang besar. Karena hal tersebut bisa membebani saluran cerna anda sehingga susah untuk buang air besar. Dengan makan sedikit-sedikit tetapi berkali-kali akan membuat anda jarang merasakan rasa kembung dan begah.

6. Cek obat sebelum diminum
Biasanya obat kimia atau suplemen-suplemen yang dikonsumsi ibu hamil mempunyai efek samping yakni membuat sembelit atau merasa begah. Maka, untuk lebih baiknya cek dulu efek samping dari obat dan sumplemen yang anda konsumsi sebelum meminumnya. Kalau bisa cobalah mengganti hal-hal yang berbau kimia dengan sesuatu yang lebih alami.

7. Olahraga ringan
Tubuh yang aktiv akan memicu usus di dalamnya menjadi aktiv juga. Lakukan olahraga ringan setiap pagi, boleh berjalan-jalan ringan, berenang, atau senam hamil. Olahraga ringan sangat berguna bagi ibu hamil, tidak hanya untuk mencegah rasa kembung dan sembelit. Tetapi juga berguna untuk mengurangi rasa lemas dan mual pada awal masa kehamilan.

8. Konsumsi bakteri baik dan suplemen herbal yang aman
Bakteri baik dapat didapatkan dalam yoghurt atau minuman prebiotik. Bakteri baik dapat merangsang bakteri dalam usus untuk menguraikan sisa makanan lebih baik sehingga melancarkan buang air besar.

Jika dengan cara ini anda masih merasakan susah buang air besar maka cobalah untuk mengonsumsi suplemen alami untuk ibu hamil yang tidak menyebabkan efek samping sembelit dan lain-lainnya.

Pola hidup sehat memang sangat dianjurkan. Dengan hidup sehat kita dapat menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandung. Jangan lupa untuk mengontrol perkembangan ke dokter tiap bulannya. Sehingga persalinan dan kehamilan tidak ad masalah sama sekali.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Susah Buang Air Besar Saat Hamil Muda Dan Cara Mengatasinya

0 komentar: