Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua

loading...
Beberapa orang pasangan mengeluhkan masalah susahnya hamil anak kedua, jika dibandingkan dengan saat hamil anak pertama, padahal mereka sudah menghentikan program KB (Keluarga Berencana), sudah mengkonsultasikan ke dokter bahkan sudah mengonsumsi pil hormon tetapi tetap saja tidak cepat-cepat hamil. 

Salah satu hal yang sangat erat kaitannya dengan cepat atau tidaknya kehamilan adalah kondisi emosional sang ibu. Dulu waktu hamil anak pertama ibu tidak memiliki tanggungan lain selain suaminya, sehingga waktunya hanya untuk suami. Sedangkan ketika sudah ada anak pertama maka semuanya pun akan sedikit berubah. 

Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua
Ibu mulai membagi waktu dan pikirannya untuk si buah hati yang kadang sakit atau memang sedang butuh-butuhnya perhatian. Ini berakibat pada emosi pasangan khususnya sang ibu menjadi tidak menentu, kadang baik, kadang buruk, kadang senang, sedih, khawatir, dan lain-lain. Yang dapat menyebabkan susahnya hamil anak kedua antara lain :

Gangguan Hormonal
Gangguan emosi seperti yang telah dibahas di atas bisa mempengaruhi produksi hormon ibu, sehingga hormon yang dihasilkan pun terganggu. Mencari tahu produksi hormon yang tidak stabil pada wanita bisa dilakukan dengan cara melihat siklus menstruasinya. Jika siklus menstruasi selalu berubah, ini merupakan tanda adanya gangguan pada kestabilan hormon.

Stress
Terlalu stress atau banyak fikiran juga dapat mengganggu dan memperlambat kehamilan. Stress tidak hanya berlaku wanita tapi juga pria. Entah karena anak sakit, terlalu banyak pengeluaran, tanggal tua, atau penyebab-penyebab stress yang lain.

Infeksi Pada Organ Reproduksi Wanita
Infeksi bisa saja terjadi saat proses persalinan, meskipun kemungkinannya sangat kecil. Penyebab utama infeksi pada organ reproduksi wanita adalah karena kurang memperhatikan kebersihan, terutama pada daerah intim wanita. 

Hal ini tidak boleh dianggap remeh, awalnya hanya daerah sekitar daerah intim, lalu mrembet ke atasnya yakni ke mulut rahim, merembet ke rahim, dan terakhir menjalar ke saluran telur sehingga menyebabkan produksi sel telur terganggu. 

Sel darah putih akan berkumpul untuk melawan kuman penyebab infeksi, membasmi dan mempertahankan tubuh dari benda yang dianggap asing. Sperma yang datang dari luar pun dianggap makhluk asing sehingga dibasmi juga. Hal ini menyebabkan jumlah sperma yang hendak membuahi sel telur pun juga akan berkurang.

Untuk tips cepat hamil anak kedua adalah sebagai berikut :

1.  Mempersiapkan Kehamilan Secara Matang
Seperti mempersiapkan kehamilan pada umumnya hitunglah siklus menstruasi dan ovulasi anda. Tentukan masa subur anda sehingga sel telur dapat terbuahi dengan mudah. Jika siklus menstruasi anda tidak menentu cobalah untuk berkonsultasi ke dokter apa yang harus dilakukan, atau bisa juga dengan melakukan sedikit refreshing sehingga pikiran tidak stress lagi dan tidak ada gangguan pada produksi hormon.

2. Mempersiapkan tubuh Untuk Kehamilan
Meskipun secara mental ibu dan ayah sudah siap untuk memiliki anak lagi setelah anak pertama, tetapi kesiapan tubuh juga penting untuk memperoleh kehamilan kedua. Caranya adalah dengan mengatur berat badan, tidak terlalu gemuk dan jangan terlalu kurus, jangan bekerja terlalu berat, luangkan sedikit waktu untuk beristirahat minimal sepuluh menit tiap harinya, konsumsi vitamin prenatal atau vitamin yang dapat memperbesar kemungkinan kehamilan, dan jangan lupa olahraga teratur namun jangan terlalu berat.

3. Memperhatikan Riwayat Keguguran 
Wanita yang pernah mengalami keguguran mungkin tidak begitu sulit untuk hamil lagi, tetapi yang menjadi masalah adalah kuat atau tidaknya rahim untuk hamil kembali. Kemungkinan terburuk adalah ibu mengalami keguguran lagi sebelum menyadari bahwa dia sedang hamil. Kalau anda merasa kandungan anda lemah dan pernah mengalami keguguran sebelumnya maka konsultasikan lebih lanjut kepada dokter, apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit dan kandungan terjada dengan baik.

4. Memperhatikan Komplikasi Yang Terjadi Pada Kehamilan Sebelumnya.
Jika pada kehamilan sebelumnya ibu banyak mengalami masalah kehamilan, maka bisa saja tubuh ibu akan secara otomatis menolak kehamilan kedua. Ibu dan ayah perlu mengkonsultasikan lebih lanjut terkait pembuahan dengan dokter spesialis kesuburan jika memang pada kehamilan sebelumnya banyak terjadi masalah. 

5. Konsumsi Suplemen Prenatal 
Mengonsumsi suplemen prenatal dapat menambah prosentase keberhasilan kehamilan. Konsumsilah suplemen prenatal mulai dari sebelum kehamilan dan minumlah secara konsisten agar hasil bisa lebih maksimal.
Itulah sedikit tips yang dapat digunakan untuk memiliki anak kedua. Sebelum memulai semuanya jangan lupa untuk mengukur kesiapan pasangan, sudah siap mempunyai anak lagi setelah anak pertama atau belum. Perbanyak waktu untuk berdua dan hindari stress.

Langkah selanjutnya yang dapat diambil adalah mengkonsultasikan dengan dokter kandungan. Jangan lupa untuk tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan yang terakhir adalah sabar, kunci segalanya adalah sabar, jangan mudah menyerah kalau memang kehamilan yang diharapkan belum berhasil.

loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua "

loading...