Ciri dan Gejala Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil

loading...
Kalsium adalah zat penting yang harus dicukupi kebutuhannya oleh para ibu hamil. Walaupun demikian mengenal ciri atau gejala bila tubuh kekurangan kalsium cukup penting untuk diketahui agar dapat mengantisipasi apakah tubuh kita kekurangan kalsium atau tidak. 

Kalsium yang merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi baik bagi balita, anak-anak dan orang dewasa sakalipun. Tubuh yang mengalami kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang terganggu, terutama pada balita dan anak-anak. Sedangkan pada ibu hamil dapat mengakibatkan pertumbuhan janin terganggu.

Ciri dan Gejala Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil
kemudian, apa saja gejala atau ciri-ciri bila ibu hamil mengalami kekurangan kalsium? untuk bunda pembaca setia situs ini berikut ulasannya: 

Ciri Dan Gejala Ibu Hamil Kekurangan Kalsium 

1. Punggung atau pinggang sering mengalami nyeri
2. otot terasa nyeri dan sering mengalami kram 
3. Warna gigi terlihat kuning
4. Rambut mudah mengalami rontok
5. Mudah sakit gigi dan gigi berlubang
6. Kepala sering mengalami pusing
7. Detak jantung menjadi tidak beraturan 
5. Hipertensi 
6. Sulit atau susah tidur (insomnia)
7. Mudah emosi, gugup dan sering merasa cemas

Sebagaimana yang kita tahu bahwa kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi untuk bayi, balita, anak hingga remaja, sedangkan untuk orang dewasa adalah untuk mencegah kroposnya tulang dan gigi secara dini (kropos lebih awal). Pada ibu hamil kalsium dibutuhkan lebih banyak daripada orang wanita biasa (yang tidak hamil)


Ibu hamil membutuhkan kalsium lebih banyak karena untuk menunjang pembentukan tulang pada janin dan menjaga tulang ibu hamil tetap kuat saat menopang beban lebih berat dari biasanya. Jika seorang wanita hamil kekurangan kalsium akan rentan mengalami korpos tulang (oestoprosis) dan tidak hanya itu akan beresiko bayi lahir dengan kondisi tulang yang tidak normal. 

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "The Journel of Nutrition" 2010 Kalsium juga diketahui mampu mengurangi resiko preeklamasi yang merupakan suatu kondisi dimana ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi dan protein dalam urin sehingga beresiko melahikran bayi lebih awal (prematur). 

Masih dalam penelitian diatas yang berhubungan dengan kalsium, bahwa ibu hamil yang kekurangan kalsium dapat Mengakibatkan pengembangan kardiovaskular pada janin dan dapat meningkatkan resiko tenakanan darah tinggi pada bayi yang baru lahir.

Ditahun yang berbeda 2004 yang diterbitkan dalam ""The Journel of Nutrition" mengungkapkan bahwa kepadatan mineral tulang janin dan bayi yang baru lahir berpengaruh pada tingkat kalsium dalam tubuh ibu yang mengandungnya.

Saya rasa sekarang bunda lebih mengerti ciri dan gejala ibu hamil yang kekurangan kalsium dan resiko bila bunda yang sedang hamil mengalami kekurangan kalsium. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium bunda bisa mengkonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda dan sampai jumpa diartikel lainnya. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri dan Gejala Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil"

loading...