Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil

loading...
Menjaga asupan zat besi dimasa kehamilan adaah hal yang penting untuk dilakukan sebab zat besi digunakan oleh tubuh kita untuk menghasilkan hemoglobi dan protein dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Kebutuhan jumlah asupan zat besi pada wanita hamil bertambah 2 kali lipat melebihi wanita biasa dan apa bila ibu hamil tidak mendapatkan asupan yang cukup maka Bunda akan mudah merasakan lelah, lesuh dan lunglai serta mudah terserang infeksi. Selain itu Bunda akan beresiko melahirkan bayi dengan bobot rendah. Sekarang yang menjadi pertanyaan. 

Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil

Apakah Ada Gejala Atau Tanda Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil? 
Tentunya ada, karena tubuh mengalami defisiensi zat yang cukup penting sehingga menggangu kesehatan dan akan terlihat baik secara fisik ataupun nonfisik. Berikut ini beberapa tanda atau gejala bila bunda kekurangan asupan zat besi: 

1. Bunda akan mudah merasakan Kelelahan dan mudah capek
2. Lebih sensitif atau mudah tersinggung
3. Tidak berenergi
4. Raut muka menjadi pucat
5. mengalami sesak nafas
6. Sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir
7. Sering alami pusing dan sakit kepala 
8. Kaki dan tangan menjadi terasa dingin 
9. Kaki sering kesemutan
10. Lidah terasa sakit dan membengkak 
11. Kekebalan tubuh menurun 
12. Dadaterasa sakit
13. Detak jantung terasa lebih cepat

Gejala lain yang mungkin akan bunda alami bila mengalami anemia adalah kuku mudah patah, rambut menjadi rapuh (rontok), dan nafsu makan yang menurun. 


Namun pada kenyataanya semua gejala atau tanda diatas tidak akan bunda alami keseluruhan, bisa jadi beberapa saja yang dirasakan. Jika bunda mengalami gejala diatas dan benar-benar membuat bunda terasa payah maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Munculnya salah satu gejala yang dialami bunda di atas belum tentu disebabkan karena bunda kekurangan zat besi, karena bisa jadi disebabkan kekurangan zat nutrisi lain, jadi pemeriksaan kesehatan itu tetap perlu selama kehamilan. 

Sumber Makanan Kaya Zat Besi Untuk Ibu Hamil 
Bila bunda merasa yakin bahwa gejala yang bunda alami karena kekurangan asupan zat besi, maka untuk memenuhi kecukupan zat besi bunda harus mengkonsumsi makanan kaya zat besi diantaranya adalah daging merah, sayuran hijau gelap seperi bayam dan brokoli, roti gandum, sarapan sereal, kuning telur, kacang dan biji-bijian. 

Sekarang bunda telah mengetahui gejala yang akan dialami bila tubuh mengalami ekurangan zat besi, jadi mulai dari sekarang saran saya bunda harus menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, yaitu dengan cara makan makanan bergizi seimbang dan di imbangi dengan olahraga ringan untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat, jika bunda merasa informasi ini membantu menjawab masalah bunda mohon bantu kami menshere informasi ini agar semakin berguna untuk banyak orang. Terimakasih dan salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil "

loading...