Haruskah Ibu Hamil Mengkonsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?

loading...
Menjaga asupan nutrisi yang cukup adalah hal penting untuk ibu hamil lakukan agar memiliki bayi dan tubuh yang sehat. Terkadang yang membuat beberapa ibu hamil merasa risau ketika dia disarankan oleh dokter, bidan atau orang disekitarnya untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral berbentuk suplemen. 

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah haruskah ibu hamil mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral serta seberapa pentingkah pengaruh suplemen vitamin dan mineral dalam kehamin?

Sebelumnya yuk kita bahas terlebih dahulu apa itu suplemen. Suplemen merupakan produk yang digunakan untuk melengkapi makanan, mengandung satu atau lebih bahan sebagai berikut, yaitu vitamin, mineral, tumbuhan atau bahan berasal dari tumbuhan, asam amino, bahan yang digunakan untuk meningkatkan Angka Kecukupan Gizi (AKG).


Haruskah Ibu Hamil Mengkonsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?


Agar Ibu hamil memiliki tubuh dan bayi yang sehat maka ibu hamil harus mencukupi asupan gizi harian. Disinalah peran suplemen didalam membantu ibu hamil lebih mudah memperoleh nutrisi yang cukup.

Sebenarnya tanpa mengkonsumsi suplemen vitamin dan minera ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan gizi harian dengan cara pola hidup sehat yang prakteknya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan lengkap sesuai proposional serta diimbangi dengan olahraga ringan. 


Namun dalam kondisi tertentu ibu hami memerlukan tambahan vitamin dan mineral dalam mencukupi asupak gizi sebab kurangnya makan buah dan sayur atau karena rusaknya gizi makanan karena proses pengolahan sayur dan buah yang salah sehingga kandugnan vitamin dan mineral dalam makanan menjadi rusak. 

Oleh sebab itu mengapa suplemen terkadang diperlukan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar mencukupi kebutuhan gizi harian. 



Kembali kepada pertanyaannya, haruskah ibu hamil mengkonsumsi suplemen? Jawabannya bisa Iya dan Tidak. Iya jika ibu hamil merasa sulit dan tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur serta mengalami kondisi kesehatan tertentu yang mengharuskan untuk mengkonsumsi tambahan vitamin dan mineral. Tidak jika ibu hamil merasa memiliki tubuh yang sehat, suka mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dengan mengolahnya secara benar serta tidak memiliki masalah kesehatan selama kehamilan. 

Berbagi sedikit pengalaman pribadi ya bun. Dulu waktu saya hamil setiap periksa kebidan pulang pasti membawa suplemen vitamin dan saya sangat jarang mengkonsumsi suplemen itu karena saya tidak suka minum obat, tapi alhamdulillah anak saya sehat dengan bobot normal dan pertumbuhannya alhamdulillah juga baik. Jangan ditiru ya bun hehe. 

Kembali ketopik, jika ibu hamil memilih untuk mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral maka sebaiknya berkonsultasi dahulu kedokter agar mendapatkan suplemen yang aman dengan dosis yang tepat. 

Berikut ini akan saya coba paparkan apa saja suplemen yang biasanya diberikan oleh tim medis untuk ibu hamil : 

1. Vitamin B12
2. Asam Folat (Vitamin B9)
3. Zat Besi (mineral)
4. Vitamin C
5. Omega 3 (lemak)
6. Kalsium (mineral)


Kondisi yang mengharuskan ibu hamil mengkonsumsi suplemen biasanya terjadi di awal trimester pertama, sebab umumnya ibu hamil muda mengalami keluhan yang berat seperti mual, muntah, kadang pusing dan pinggang yang sakit sehingga mengalami masalah nafsu makan yang menurun dan akibatnya tubuh kekurangan asupan gizi. Pada kondisi inilah ibu hamil sangat terbantu dengan mengkonsumsi suplemen. Tapi walaupun demikian ibi hamil tetap dianjurkan untuk memakan makanan yang kaya nutrisi seperti nasi, buah, sayur dan lauk pauk walaupun dalam takaran yang sedikit.

Sekali lagi saran saya, ibu hamil tetap mengkonsultasikan hal ini kepada dokter kandungan atau bidan mengenai tambahan asupkan gizi melalu suplemen. 

Sekian ulasan artikel Haruskah Ibu Hamil Mengkonsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral semoga memberikan manfaat untuk bunda yang membaca, jika dirasa artikel ini bermanfaat , mohon bantu kami untuk membagikan artikel kepapada orang terdekat bunda agar semakin bermanfaat. Sekian perjumpaan kita dan salam senyum.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Haruskah Ibu Hamil Mengkonsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?"

loading...