semua tentang ibu hamil

Kalsium Bagi Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya

loading...

loading...
Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang banyak karena harus memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Kita bisa membaca di buku-buku atau literatur lain kalau yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kalori, protein, vitamin, dan mineral. Zat besi dan kalsium merupakan bagian dari mineral. 

Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia. Sama seperti zat besi, kalsium juga merupakan komponen penting yang manfaatnya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Daripada hanya menebak-nebak dan mengira, maka disini kita akan mengelupas manfaat dan sumber kalsium secara tuntas. Terutama manfaatnya bagi ibu hamil.

Kalsium Bagi Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya

Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuih untuk membentuk kekuatan pada tulang dan gigi. Dan jika tubuh kita kekurangan kalsium bisa menyebabkan pertumbuhan tulang terganggu dan mengalami osteoporosis. 

Beberapa Manfaat Kalsium Bagi Ibu Hamil 

1. Mencegah osteoporosis
Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk mempertahankan kesehatan tulang dan memberikan nutrisi pada janin. Janin membutuhkan kalsium untuk membentuk jaringan tulang rawan. Jika pemenuhan kalsium sesuai dengan kebutuhan tubuh maka kalsium juga berguna untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

2. Membantu proses metabolisme
Kalsium memdukung proses pembakaran lemaksehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Asupan kalsiuma kan membentuk tubuh yang lebih sehat karena mengalami penumpukan dalam tubuh. Bagi ibu hamil yang diharuskan untuk melakukan diet ibu hamil, maka anda bisa mengonsumsi susu rendah lemak yang memiliki kadar lemak sedikit dan banyak mengandung kalsium.

3. Meringankan gangguan menstruasi
Saat seorang wanita akan mengalami menstruasi baisanya wanita akan mengalami gejala seperti tingkat emosi yang meninggi, tingkat kesensitifan meninggi, dan juga mengalami nyeri di bagian bawah perut karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron yang mengalami fluktuasi. Dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D gejala-gejala yang dialami saat pra menstrusi dan pada saat menstruasi bisa sedikit berkurang.

4. Menjaga kesehatan jantung
Jika asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi sudah cukup. Maka, sisa dari penggunaan kalsium tersebut akan digunakan otot untuk membentuk sistem kerja yang lebih baik. Baik itu otot jantung, sistem syaraf dan pembuluh darah. Jumlah kalsium yang cukup akan secara alami menjaga kesehatan jantung.

5. Mencegah kanker
Asupan kalsium yang cukup akan membantu tubuh untuk membentuk kekebalan alami yang mengurangi resiko kanker. Jenis kalsium alami yang didapatkan dari makanansangat bermanfaat untuk mencegah beberapa jenis kanker ovarium, payudara, prostat, dan kolorektal.

6. Menjaga kesehatan dan kebugaran ibu hamil
Ibu hamil memebutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi kehamilan agar tetap sehat. Kalsium yang cukup bisa melindungi ibu hamil dari kondisi preklamsia atau kondisi tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan. 

7. Membentuk organ janin dalam kandungan
Kalsium diperlukan oleh janin untuk memebrntuk pertumbuhan jaringan tulang sehingga saat lahir bayi terhindar dari resiko cacat fisik. Kalsium juga membentuk struktur gigi yang baik dan kuat, membentuk jaringan otot, jantung, dan sistem syaraf. Serta mendukung pengembangan irama jantung pada janin dan membentuk sistem pembekuan darah.

Orang-orang biasanya akan mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya, padahal ada sumber kalsium lain selain susu yang bisa anda coba :

Makanan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil 

1. Keju
Keju beeasal dari susu. Jadi keju juga mengandung nutrisi yang hampir sama dengan susu. Keju mengandung protein, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, lemak, dan kolesterol. Meskipun sebenarnya banyak kandungan nutrisinya, tapi batasi kondumsi dan keju anda karena kelebihan kalsium juga tidak baik.

2. Yoghurt
Yoghurt juga hampir sama dengan keju yang diolah dari susu. Yoghurt merupakan susu yang difermentasi dengan bakteri pengurai. Yoghurt juga makanan yang tinggi kalsium, karena berbahan dasar susu yang banyak mengandung nutrisi termasuk kalsium.


3. Sayuran hijau
Sayuran hijau selain mengandung zat besi yang tinggi juga mengandung kalsium. Tanpa kita sadari, selain mengonsumsi susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium, kita juga memenuhinya lewat sayuran hijau yang kita konsumsi. Contoh sayuran hijau yang mengandung kalsium adalah bayam dan brokoli.

4. Kacang kedelai dan susu kedelai
Kacang kedelai mengandung kalsium yang sangat tinggi hampir sama dengan susu sapi. Tidak hanya kacang kedelainya saja, tetapi olahan dari kedelai seperti susu kedelai pun memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang juga hampir sama dengan susu sapi.


5. Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan lemak sehat dan juga protein. Namun ternyata, ikan salmon yang dikalengkan dengan tulang belakangnya mengandung kalsium yang tinggi. Pada saat ini ikan salmon sangat mudah didapatkan dimanapun. Anda bisa menambah asupan kalsium anda dengan mengolah ikan salmon apabilan anda sudah bosan dengan sayuran hijau.

6. Kacang putih
Kacang putih merupakan kacang dengan kandungan kalsium yang lumayan tinggi, pada umumnya kacang putih memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg/ porsinya.

7. Lobak
Lobak adalah jenis sayuran yang biasanya dimasak dicampur dengan sop. Dengan mengonsumsi lobak, selain anda mendapat asupan kalsium yang lumayan tinggi, anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

8. Biji wijen
Dalam 1 ons biji wijen mengandung kalsium yang setara dengan segelas susu. Bisa dipastikan kalau kandungan kalsium dalam biji wijen sangat tinggi. Wijen biasanya dipakai untuk menghias kue dan tidak dikonsumsi secara langsung.

9. Jeruk
Selain mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung kalsium yang lumayan tinggi. Bayangkan dengan banyak mengonsumsi jeruk sebagai camilan. Anda bisa memperoleh asupan vitamin C dan kalsium secara bersamaan. 

10. Ikan sarden
Sarden merupakan olahan dari ikan laut yang dikalengkan. Anda bisa mengonsumsi ikan sarden satu minggu sekali. Selain mengandung kalsium, jenis ikan juga mengandung protein dan zat besi yang juga baik untuk ibu hamil.

11. Pisang
Pisang adalah jenis buah yang tidaka asing dan harganya pun lumayan terjangkau. Pisang juga mudah didapat karena hampir di seluruh wilayah Indonesia ada pisang. Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium.


Karena pentingnya kalsium maka ibu hamil perlu untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan dan ahli gizi, makanan apa saja yang perlu anda konsumsi untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kalsium Bagi Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya

0 komentar: