Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 Aman Untuk Ibu Hamil

loading...
Mungkin diantara bunda ada yang bertanya, Makanan yang mengandung banyak vitamin B6 itu apa ya bun? Pada artikel ini akan coba saya jabarkan mengenai sumber vitamin B6 yang aman untuk bunda konsumsi. 

Sebelum kita masuk pada ulasannya, yuk kita mengenal terlebih dahulu apa itu vitamin B6, berapa dosis yang dibutuhkan perhari dan apa manfaatnya untuk kesehatan kita. Vitamin B6 juga disebut dengan piridoksin yang merupakan salah satu dari jenis vitamin B komleks yang mudah larut dalam air. Vitamin ini memiliki peran dalam metabolisme asam amino didalam tubuh kita.

Manfaat vitamin B6 cukup banyak dam tubuh kita bunda, salah satunya adalah untuk mengurangi stress, pencegahan dari penyakit berat seperti penyakit jantung, stroke dan anti penuaan dini. Jadi untuk ibu hamil yang ingin tetap awet muda bisa mengonsumsi vitamin B6 agar selalu tampil cantik. 


Kebutuhan vitamin B6 untuk ibu hamil perharinya berapa ya bunda? 
Hal ini cukup penting untuk ibu hamil ketahui, agar tidak over dosis dalam mengkonsumsi vitamin B6, sebab bila overdosis maka bunda akan mengalami masalah kesehatan lainnya yang merugikan. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin B6 perhari adalah 1,9 hingga 2,0 mg (miligram).

Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 Aman Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang mengandung Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil 
Masuk pada inti pembahasan ya bun. Makanan di bawah ini berupa sayuran, buah, kacang-kacangan dan daging. Selain dari makanan, bunda tetap bisa memperoleh asupan vitamin B6 dari suplemen, tapi harus tetap hati-hati ya bun dalam memilih suplemen dan harus dalam pengawasan dokter atau bidan.  


1. Lobak
Sayur ini mengandung vitamin B6 sebesar 0,08 mcg setiap satu cangkirnya atau setara dengan 92 gram. Saran nih bun, jangan mengandalkan lobak saja untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 ya, campur dengan makanan yang lain, karena kadarnya tergolong kecil dan bunda harus makan banyak lobak biar cukup hehe. 

2. Paprika
Salah satu dari jenis cabe ini mengandung vitamin B6 sebesar 0,27 mcg setiap 92 gram. Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B6 bunda bisa mengkonsumsi paprika kira-kira sebanyak 700 gram.

3. Bayam
Sayur bayam tergolong mengandung vitamin B6 yang cukup banyak dibandungakan 2 sayuran di atas, karena kandungannya sebesar 0,44 setiap 92 gramnya. Selain vitamin B6 yang tinggi bayam juga kaya zat besi bun. 


4. Sawi
Sayur favorit saya nih bun, sawi mengandung vitamin B6 sebanyak 0,2 mg setiap 100 gram. Sawi jugu kaya kalsium sehingga sangat rekomendasi buat bunda yang ingin memiliki tulang yang kuat karena kandungan kalsiumnya banyak yaitu 252 mg setiap 100gramnya.

5. Asparagus
Kandungan vitamin B6 pada asparagus cukup banyak yakni 0,091 mg dalam takaran 100g. Asparagus ini juga kaya akan aneka ragam nutrisi seperti vitamin A, C dan K selain itu juga mengandung kalsium dan magnesiung yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

6. Brokoli 
Sayur ini mengandung vitamin B6 sebanyak 0,2 mg setiap 100 gram, selain itu brokoli juga mengandung vitamin A dan kalsium, jadi sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin bunda. 

7. Tomat
Sampai saat ini saya masih bingung tomat ini tergolong dalam buah atau sayur ya... entahlah yang jelas tomat ini salah satu makanan yang mengandung vitamin B6 sebesar 0,08 mg setiap 100 gramnya. 

8. Salmon 
Jika bunda salah satu penggemar ikan salmon maka ada kabar baik nih bun. Karena ikan salmon mengandung cukup banyak vitamin B6 yaitu 0,6 mg pada 100gramnya. Ikan juga kaya kalsiumyakni sebesar 363 mg dengan takaran yang sama.


9. Ikan Tuna
Ikaln laut ini juga mengandung vitamin B6 yang hampir sama dengan ikan salmon bun, hanya kurang sedikit saja, yaitu 0,5 mg setiap 100 gramnya. Ikan tuna ini lebih mudah di jumpai di negara kita dari pada ikan salmon. 
10. Daging Ayam
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari wikipedia, daging ayam juga mengandung vitamin B6 yang hampir sama jumlahnya dengan ikan tuna yaitu 0,4 mg per 100 gramnya. Jadi lauk ayam bisa menjadi alternativ asupan vitamin B6 jika bunda tidak terlalu suka daging ikan karena amisnya.

11. Daging Sapi 
Daging sapi juga mengandung vitamin B6 dengan jumlah 0,4 mg per 100 gramnya, jumlanya sama dengan daging ayam. Bunda bisa memilih nih antara daging ayam atau sapi, boleh juga dua-duanya. Apakah daging kambing juga ada? Berdasarkan petunjuk dari wikipedia tidak mengandung vitamin B6 bun.

12. Kacang Hijau 
Saya suka mengkonsumsi bubur kacang hijau karena mengandung vitamin B6 sebesar 0,4 mg setiap 100 gramnya. Selain itu juga mengandung serat, kalsium, vitamin A dan juga vitamin C. 

13. Kurma
Buah khas lebaran ini juga mengandung vitamin B6 dengan kadar 0,2 mg setiap 100 gramnya. Jika bunda punya banyak dirumah silahkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian bunda. 

Sekian dulu ya perjumpaan kita pada artikel ini, Semoga informasi Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 ini bermanfaat untuk ibu hamil semuanya. Jika Bunda merasa artikel ini bermanfaat, tolong bantu kamai untuk membagikan atau share artikel ini agar lebih bermanfaat untuk banyak orang. Sekian dan salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 Aman Untuk Ibu Hamil "

loading...