Manfaat Senam Untuk Ibu Hamil

loading...
Kehamilan adalah sebuah tantangan bagi wanita. Dimana wanita harus benar-benar ekstra hati-hati menjaga dirinya sekaligus menjaga anak yang ada di dalam kandungannya dengan cara olahraga teratur, mengatur pola makan, banyak menonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan lain-lain. 

Selain itu hamil harus juga menjaga pikirannya agar tidak stress. Langkah-langkah tambahan yang mungkin dipilih ibu hamil selain yang sudah disebutkan di atas adalah mengonsumsi susu untuk ibu hamil dan mengikuti senam khusus ibu hamil.

Manfaat Senam Untuk Ibu Hamil
Senam hamil adalah senam yang dikhususkan untuk para ibu hamil dan gerakannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan sehingga dapat dikatakan senam ibu hamil sangat beda jauh dengan senam pada umumnya.

Tujuan utama dari senam ibu hamil yaitu menyehatkan ibu hamil dan memperlancar proses persalinan dengan memberikan latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang nantinya akan berperan dalam proses persalinan, seperti tulang panggul, otot perut, dan otot paha.

Bagi anda yang belum tertarik dengan senam kehamilan, maka dibawah ini akan dipaparkan apa-apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari senam ibu hamil, diantaranya yaitu :

1. Menghindarkan Ibu Hamil Dari Kegemukan
Senam hamil dapat bermanfaat untuk membakar lemak meskipun gerakannya hanya ringan-ringan saja. Karena saat ibu hamil selesai makan, dia tidak hanya santai dan tidur-tiduran yang mengakibatkan bertumpuknya kandungan bahan makanan yang mengakibatkan kegemukan dan kelebihan berat badan.

Baca juga : 5 Tips Perawatan Diri Untuk Ibu Hamil

2. Mengurangi nyeri punggung yang biasanya mengganggu pada periode kehamilan
Saat ibu baru pertama kali hamil tentunya punggung akan merasakan sedikit nyeri seiring dengan membesarnya bagian perut. Semakin besarnya perut tentu saja akan semakin menambah nyeri punggung yang dirasakan ibu hamil. Otot dipagian punggung akan tertarik seiring besarnya perut ibu.

Dengan melakukan senam hamil dan melenturkan otot tentu saja gejala-gejala semacam itu akan semakin berkurang. Selain otot punggung ibu juga akan mengalami nyeri pada otot perut dan otot pantat. Karena hal ini juga ada beberapa gerakan dalam senam ibu hamil yang berguna untuk melenturkan semua otot yang ikut andil dalam proses kehamilan.

3. Membuat Tubuh Lebih Sehat dan Bugar
Dengan melakukan senam ibu hamil, tentunya ibu akan merasakan semakin fit dan sehat karena memang olahraga ringan sangat dianjurkan untuk ibu hamil agar kondisinya tetap terjaga. Dengan gerakan yang ringan, tidak akan membuat ibu hamil merasa kalau senam hamil terlalu berat dan terlalu menguras energi.

4. Melatih Teknik Pernapasan
Dengan melakukan senam hamil secara rutin maka anda akan mendapatkan oksigen secara optimal. Biasanya di akhir senam kehamilan juga disertakan gerakan menghirup dan membuang napas secara perlahan sebagai penutup. Hal ini akan sangat berguna untuk proses persalinan nanti.

5. Melatih Relaksasi
Senam ibu hamil akan membuat anda mengurangi rasa sakit dan rasa tegang selama masa kehamilan. Senam hamil akan melatih relaksasi ibu hamil, dan membuat ibu hamil terhindar dari stress.

6. Melancarkan Persalinan
Manfaat ini adalah manfaat utama adanya senam hamil adalah memperlancar proses persalinan. Bahkan para ahli kandungan mengatakan jika seorang ibu melakukan senam hamil secara teratur, maka kesulitan saat mengalami proses persalinan akan berkurang.

Baca juga : Tips Melahirkan Normal Agar Prosesnya Lebih Mudah dan Tips Mengatasi Lemas Saat Hamil 

Hal ini bukan mitos, seperti halnya yang saya sampaikan di atas senam hamil dapat dikatakan mengurangi kesulitan saat persalinan karena memang di dalamnya terdapat gerakan-gerakan yang dapat melenturkan otot yang nantinya akan digunakan ketika proses persalinan dan juga di dalam senam hamil dilatih untuk menggunakan teknik pernapasan yang nantinya juga berguna saat proses persalinan.

Itulah hal-hal yang merupakan manfaat dari senam ibu hamil. Memang jika dilihat sepintas gerakan-gerakan senam hamil pada ibu hamil sangat mudah sehingga dapat dicontoh dari internet saja. Tetapi untuk lebih baik dan lebih amannya lakukan senam hamil dengan intruksi dan pengawasan ahli, sehingga setiap gerakan yang dilakukan memang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Tak hanya itu, untuk mengikuti senam hamil juga bisa dengan cara mengikuti program kelas hamil yang biasanya menjadi tempat rutin diadakannya senam hamil. Tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang senam hamil, ibu juga dapat memperoleh informasi serta tips mempersiapkan persalinan dan juga beberapa tips lain untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Senam Untuk Ibu Hamil"

loading...