semua tentang ibu hamil

Perut Gatal Saat Hamil, Penyebab dan Tips mengatasinya

loading...

loading...
Masa kehamilan merupakan masa dimana ibu hamil melewati tahap demi tahap usia kehamilan mulai dari kehamilan awal sampai dengan persalinan. 

Dalam melewati tahap kehamilan ibu sering mengeluhkan beberapa gangguan kesehatan mulai dari menurunnya daya tahan tubuh, emosi yang tidak stabil, gejala morning sickness yakni pusing , muat dan muntah.

Terkadang juga  mengalami nafsu makan yang menurun pada trimester awal, dan adanya rasa gatal pada ibu hamil yang biasanya terjadi pada trimester akhir atau menjelang persalinan, rasa gatal biasanya di bagian payudara, leher, paha terutama pada bagian perut. 

Perut Gatal Saat Hamil, Penyebab dan Tips mengatasinya

Kondisi gatal pada perut saat kehamilan itu wajar, akan tetapi jika terus-menerus dan dibiarkan tentunya akan menganggu. Kali ini kita akan membahas gejala perut gatal pada ibu hamil, apa saja penyebab gatal dan bagaimana tips untuk mengatasi rasa gatal pada ibu hamil. Mari kita simak bersama-sama.

Penyebab perut gatal Saat Hamil

1. Kulit Kering
Gatal saat masa kehamilan bisa disebabkan karena kulit kering, kulit kering disebabkan karena perut dan payudara ibu hamil terus membesar yang mengakibatkan kulit lebih kering. 

2. Garis Stretch
Garis stretch merupakan guratan pada perut yang sangat menganggu, adanya stretch pada perut dapat mengakibatkan rasa gatal pada ibu hamil.

3. PPUP 
Rasa gatal bisa terjadi karena adanya PPUP atau Prurutic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy. PPUP terjadi karena adanya peningkatan aktivitas hormon gonadotropin dan hormon estrogen. 

Tips Mengatasi Gatal saat hamil
1.Mengoleskan lotion atau pelembab
Mengoleskan lotion atau pelembab pada kulit dapat mengurangi rasa gatal. jika masih gatal, maka dianjurkan mandi untuk menghilangkan rasa gatal tersebut.

2. Memakai pakaian yang longgar dan berbahan katun
Pakailah pakaian yang longgar, karena pakaian yang terlalu sempit akan bergesekan dengan kulit dan dapat menyebabkan iritasi, selain itu usahakan untuk memakai pakaian yang berbahan kain katun. Agar mudah menyerap keringat serta halus di permukaan kulit.

3. Mengkonsumsi sayur buah dan air putih
Rutin mengkonsumsi sayur, buah dan air putih pada ibu hamil dapat membuat kulit sehat serta lembab. Selain itu sayur dan buah sangat baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.


4. Mandi air dingin
Untuk ibu hamil, rutin mandi 2 kali dalam sehari. Serta Dianjurkan pada ibu hamil untuk mandi air dingin untuk menjaga badan tetap sehat dan lembab dan menghindari rasa gatal gatal pada kulit. Pada saat mandi, jangan sampai menggalkan sisa sabun atau busa, karena sisa sabun atau busa tersebut dapat menimbulkan rasa gatal.

Selain itu, jika kulit terasa gatal jangan mandi air hangat, karena air hangat sulit untuk menghilangkan rasa gatal.

5. Ramuan herbal
Jika ibu hamil sering merasakan atau mengalami gatal-gatal pada area kulit, tidak masalah untuk menggunakan atau mengoleskan ramuan herbal. Selama hal itu dapat mengurangi rasa gatal-gatal pada kulit. Selain itu, anda juga dapat memakai bahan alami seperti lendir lidah buaya. 

Jika perut terasa gatal, oleskan lendir lidah buaya pada perut atau permukaan kulit yang terasa gatal. Karena lendir lidah buaya ini dapat meminimalir rasa gatal. Dan Selain lidah buaya, anda juga dapat mengoleskan minyak zaitun, karena minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal pada perut.

6. Menggunakan sabun dengan pH rendah
Jika ibu hamil sering merasakan gatal-gatal, maka jangan menggunakan sabun dengan pH tinggi, serta dengan aroma tertentu. Biasakan mulai sekarang untuk memakai sabun bayi, karena sabun bayi terbukti aman untuk menghilangkan rasa gatal-gatal pada perut serta aman bagi kandungan.

Banyak dari para ibu yang tak tanggung-tanggung untuk menggaruk agar sensasi gatal yang tak tertahankan di perut itu hilang tanpa menghiraukan akibatnya. Padahal menggaruk kulit saat kehamilan akan menimbulkan garis merah dan kehitaman yang membekas pada perut secara permanen, ini tentu dapat merusak keindahan kulit si ibu. 

Melalui tips diatas ibu dapat menerapkan untuk mengurangi rasa gatal saat kehamilan karena aman dan tidak membuat kulit si ibu timbul bekas yang tentunya menganggu dan membuat ibu hamil merasa lebih percaya diri. Semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perut Gatal Saat Hamil, Penyebab dan Tips mengatasinya

0 komentar: