semua tentang ibu hamil

7 Tips Diet Untuk Ibu Hamil

loading...

loading...
Banyak orang yang beranggapan kalau diet yang dilakukan ibu hamil itu tidak baik. Karena memang sedikit orang yang melakukannya. Sebenarnya, memang diet untuk ibu hamil ini sangat tidak dianjurkan. 

Tetapi ada beberapa keadaan yang mengharuskan ibu hamil untuk diet tetapi atas perintah dari dokter ahli kandungan. Terdapat banyak faktor yang mengharuskan ibu hamil untuk diet, tetapi mayoritas kasusnya adalah kelebihan berat badan. 

Mengalami kenaikan berat badan yang terlalu drastis pada ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, dokter menganjurkan diet makan untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan. 

Saat hamil, ibu hamil membutuhkan lebih banyak konsumsi protein, kalori, vitamin dan mineral seperti zat besi dan asam folat yang berguna untuk perkembangan bayi. Diet ibu hamil berisi tips pola makan sehat untuk ibu hamil, dengan diet ini ibu hamil tidak hanya fit dan sehat tetapi juga sangat baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan. 

Berikut ini beberapa Tips Diet Untuk Ibu Hamil yang bisa anda coba :

1. Sarapan 
Sarapan merupakan saat yang baik untuk mengonsumsi makanan. Jangan sampai anda melewatkan sarapan karena dapat menyebabkan keinginan makan yang lebih besar pada waktu makan yang berikutnya. 

Selain itu, jika anda menimbulkan sarapan akan biasanya akan timbul keluhan seperti kepala pening, mual, dan lain-lain. Waktu sarapan konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan nutrisi yang berisi protein, kalori, vitamin, dan mineral sehingga meskipun diet tetapi ibu tetap sehat karena kebutuhan nutrisi untuk ibu dan bayi tetap terpenuhi.

2. Susun Menu Diet Anda
Hal ini memungkinkan anda tidak akan mengonsumsi makanan secara berlebihan, makan sedikit tetapi kaya nutrisi sehingga kebutuhan nutrisi tidak berkurang dan asupan kalori pun tercukupi.

3. Makanan Berserat dan Rendah Lemak
Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan serat. Hindari mengonsumsi gula yang terlalu banyak, karena terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan perasaan mudah lapar. 

Disamping itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga tidak baik untuk kesehatan. Atau kalau anda masih kesulitan juga dan merasa lapar anda bisa minum susu yang low fat(rendah lemak). Pada zaman sekarang ini tentunya tidak sulit untuk mencari makanan yang sedikit kandungan lemaknya.

4. Memperhatikan Cara Pengolahan Makanan
Konsumsi makanan yang diolah dengan cara dipanggang, dibakar, atau dikukus. Kalau bisa usahakan agar anda tidak mengonsumsi gorengan. Selain dapat menyebabkan proses diet anda gagal terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berminyak terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan ibu dan bayinya. 

Misalkan suatu ketika anda makan diluar, jangan ragu untuk menanyakan proses pengolahan makanan yang anda pesan. Ini semua untuk kebaikan anda dan bayi anda.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Minumlah air putih minimal 8 gelas tiap harinya. Selain baik untuk pencernaan, banyak minum air putih juga akan menghambat rasa lapar yang dirasakan ibu. Bahkan seringkali gejala dehidrasi disalahartikan sebagai rasa lapar. 


Dengan banyak minum air putih saat anda merasa lapar lagi padahal sudah makan sebelumnya maka itu akan menghindarkan anda dari makan camilan yang justru akan membuat lemak yang ada di tubuh anda semakin banyak.

6. Ganti Camilan Anda Dengan Buah
Jika anda lapar, sedangkan kebutuhan minum sudah banyak dan anda ingin makan camilan. Maka ganti camilan anda yang banyak mengandung gula dan lemak dengan camilan yang sehat seperti buah. (Baca juga : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil)

Selain dapat menghindarkan dari kegemukan, mengonsumsi buah yang banyak kandungan vitaminnya juga baik untuk ibu dan bayinya. Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan buah sebagai camilan sehat anda setiap harinya.

7. Abaikan Perintah Untuk Memperbanyak Makan
Memang benar kalau saat hamil anda membutuhkan lebih banyak nutrisi karena harus membagi makanan dengan bayi. Tetapi itu bukan alasan untuk makan terlalu banyak, cukup makan yang banyak nutrisi nya meskipun sedikit porsinya. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi sudah bisa memenuhi kebutuhan ibu dan bayinya tanpa perlu memperbanyak porsinya.

Berat badan yang ideal dialami oleh ibu hamil adalah sekitar 12-15 kg, apabila berat badan anda pada saat hamil bertambah lebih dari itu maka tentunya anda perlu untuk melakukan diet ibu hamil yang ada di atas. 

Timbanglah berat badan saat awal kehamilan sehingga anda tahu berapa berat badan anda dan berusaha menjaga pola makan agar berat badan anda tetap ideal. Konsultasikan lagi kepada dokter tentang berat badan yang menurut anda tidak sesuai dan tidak kunjung kembali. (baca juga : Olahraga  Yang Aman Untuk Ibu Hamil)

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Tips Diet Untuk Ibu Hamil

0 komentar: