Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Ibu Hamil

loading...
Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C lebih banyak dari pada sebelum hamil, bila sebelumnya vitamin C digunakan untuk diri sendiri ketika sedang hamil vitamin C yang dikonsumsi akan digunakan juga oleh janin dalam kandungan. 

Berdasarkan artikel kesehatan yang saya baca, Bila ibu hamil kekurangan asupan vitamin akan beresiko mengalami tekanan darah dan pembengkakan pada kaki dan tangan. Kurang asupan vitamin C juga dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan penyakit anemia. Namun bila kelebihan vitamin C dapat menekan produksi progesteron yang bisa memicu keguguran.

Sebenarnya tidak hanya ibu hamil yang membutuhkan vitamin C, orang biasa yang tidak hamil juga membutuhkan vitamin ini sehingga banyak diantara kita mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran agar mendapakan asupan vitamin C. Selain itu tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C dalam tubuh, so kita harus mengkonsumsi buah-dan sayur yang kaya vitamin untuk memenhi kebutuhan vitamin C harian kita.

Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Jika asupan vitamin yang dikonsumsi dari buah dan sayur bunda tidak perlu terlalu khawatir. Namun jika vitamin C yang bunda konsumsi dari suplemen maka bunda harus lebih waspada didalam memilih produk yang tepat, mengingat banyaknya variasi produk suplemen vitamin C dipasaran. Perlu bunda ketahui juga bahwa tidak semua vitamin C itu aman untuk kandungan. Lalu harus bagaimana dan vitamin C yang seperti apa yang aman untuk ibu hamil?

Hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengkonsumsi suplemen vitamin C adalah dosis yang dikandungannya, jangan sampai bunda over dosis vitamin C sebab dapat memicu keguguran akibat tekanan progesteron. Bila bunda memiliki penyakit yang disebabkan kelebihan zat besi sebaiknya jangan mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang tinggi hal ini di sebabkan vitamin C akan membantu mercepat penyerpan zat besi dalam tubuh.

Artikel terkait, baca juga : Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil 

Tips Mengkonsumsi Vitamian C Untuk Ibu Hamil
Bila bunda sedang hamil muda, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C saya saranakan vitamin ini diperoleh dari mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran segar, selain lebih aman dan dosisya tidak telalu berlebihan. 

Jika bunda ingin mengkonsumsi vitamin C bersumber dari suplemen maka sebaiknya pahami terebih dahulu berapa dosis pertabletnya, baca aturan pakai dan konsultasikan kepada dokter atau bidan kandungan.

Hal lain yang harus di perhatikan adalah mengukur keasaman vitamin C yang berupa suplemen, alasanya vitamin C yang terlalu asam dapat menimbulkan rasa mual pada ibu hamil, dan juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan lambung, apa lagi untuk bunda yang memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung.

Sekali lagi, bila bunda ingin aman dalam memenuhi vitamin C sebaiknya ambillah sumber vitamin C alami yang terdapat pada buah dan sayuran. Namun, jika bunda dalam kondisi tertentu yang harus mengkonsumsi vitamin C bersumber dari kapsul atau tablet maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahli medis kandunga yang bunda percaya.

Pisang juga kaya vitamin C, baca juga ya bun : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil 

Demikian shareing Tips Memilih Vitamin C yang Aman Untuk Ibu Hamil, semoga dapat memberikan manfaat dan pengetahuan untuk bunda yang membaca artikel ini. Bila bunda merasa artikel ini bermanfaat, tolong bantu share ya artikel ini agar semakin berguna untuk orang banyak. Terimakasih dan salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Vitamin C Yang Aman Untuk Ibu Hamil "

loading...