Vitamin C Untuk Ibu Hamil Fungsi dan Manfaatnya

loading...
Seperti yang kita diketahui, kalau ibu hamil memang membutuhkan banyak sekali nutrisi seperti protein, kalori, mineral dan vitamin. Semua vitamin dibutuhkan dan baik untuk menjaga kesehatan ibu tetepi ada beberapa vitamin yang lebih-lebih dianjurkan daripada vitamin-vitamin lainnya, seperti vitamin C. 

Pada awal kehamilan ibu-ibu banyak mengosumsi buah yang banyak mengandung vitamin, hal ini bisa memberikan dampak positif bagi ibu dan bayinya. Manfaat-manfaat penting yang terkandung dalam vitamin C untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :

Meningkatkan fungsi paru-paru pada janin
Pada ibu hamil yang pernah memiliki riwayat sebagai perokok, atau ketika hamil pun tetap merokok, tentunya mengonsumsi vitamin C sangat dianjurkan karena dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup maka dapat membantu dalam menjaga kesehatan paru-paru janin. 

Vitamin C Untuk Ibu Hamil Fungsi dan Manfaatnya
Untuk ibu hamil yang merokok usahakan untuk berhenti dulu merokok minimal selama proses kehamilan agar kondisi janin tetap terjaga.

Menyerap zat besi
Vitamin C dapat membantu ibu hamil untuk menyerap zat besi yang diperlukan untuk tubuh, agar tubuh ibu hamil tetap sehat, fit, dan tidak lemas.

Sebagai sumber nutrisi
Ibu hamil harus harus memenuhi nutrisi yang dianjurkan agar tidak kekurangan nutrisi selama kehamilan karena ibu hamil memenuhi nutrisi untuk 2 tubuh dan bukan untuk dirinya sendiri. Dalam nutrisi yang dibutuhkan terdapat kombinasi antara protein, kalori, mineral dan vitamin.

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh
Mengonsumsi banyak vitamin C dapat membantu agar ibu tetap bugar dan sehat. Karena jika ibu lemas akibat kekurangan vitamin C maka akan berpengaruh juga bagi janinnya.

Menjaga keselamatan janin
Vitamin C juga berguna untuk menjaga keselamatan janin dengan cara melawan infeksi yang bisa membahayakan keselamatan janin, membuang racun yang membahayakan ibu dan juga bayi serta membantu menjaga kekuatan plasenta.

Artikel Terkait : Tips Memilih Vitamin C Untuk Ibu Hamil 

Vitamin C dapat kita peroleh dari buah dan sayuran. Beberapa buah dan sayuran yang mengandung vitamin C adalah :

1. Buah jambu biji
Kandungan vitamin C pada jambu biji dua kali lipat dibanding kandungan vitamin C pada jeruk manis. Buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kulit wajah berjerawat, menurunkan kolesterol serta mengobati diare.


2. Buah kiwi
Kandungan vitamin C pada buah kiwi sebanding dengan kandungan vitamin C pada jambu biji. Buah ini termasuk buah yang mengandung vitamin C sangat tinggi. Buah ini berguna untuk mencegah penyakit jantung dan hipertensi, mengobati gejala impotensi, menjaga stamina tubuh, dan menjaga kesehatan kulit.


3. Buah kelengkeng
Kadar vitamin C dalam buah kelengkeng membuat kelengkeng termasuk pada buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini berguna untuk penderita insomnia. Karena buah ini menimbulkan efek ketagihan, jadi vitamin C dapat terpenuhi dengan mengonsumsi buah ini karena efek ketagihan tadi. Tapi jangan khawatir buah ini aman dikonsumsi dalam porsi banyak untuk orang dewasa.

4. Buah pepaya
Buah pepaya mengandung banyak vitamin C sampai 2 kali lipat kandungan vitamin C pada jeruk. Buah ini berguna untuk mengurangi penimbunan lemak di tubuh, membantu proses pencernaan protein, dan meningkatkan kualitas sperma.

5. Paprika merah
Kandungan vitamin C dalam paprika merah bisa mencapai 4 kali lipat dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Tapi sayangnya paprika merah bukanlah buah yang dapat dikonsumsi seperti buah-buah yang lainnya karena paprika merah termasuk golongan dari bumbu dapur. Khasiat dari paprika merah adalah dapat mencegah katarak pada mata.

6. Brokoli
Brokoli termasuk dalam golongan sayuran. Sehingga harus dipadukan dengan bahan-bahan lain untuk mengonsumsinya. Brokoli berguna untuk mencegah kanker, detoksifikasi, mencegah gangguan lambung, mampu merawat kesehatan kulit, mencegah anemia, dan mencegah penyakit jantung.

7. Kubis
Kubis adalah sayuran yang jika masih segar bisa untuk lalapan dan juga bisa diolah menjadi aneka jenis makanan. Kubis berguna untuk mencegah penyakit kanker, selain itu juga dapat mencegah sariawan karena kandungan vitamin C di dalamnya.

8. Buah stroberi
Dengan mengonsumsi 8 buah stroberi setiap harinya maka kebutuhan vitamin C anda terpenuhi, dapat dibayangkan betapa banyaknya kandungan vitamin C di dalam buah stroberi ini. Stroberi dapat memutihkan gigi, mengatasi panas dalam, dan sebagai obat jerawat alami. Namun karena rasanya sangat masam, buah ini jarang dikonsumsi secara langsung.


9. Kembang kol
Kandungan vitamin C pada kembang kol hampir sama dengan kandungan vitamin C dalam kubis. Kembang kol berguna untuk mencegah kanker seperti kanker usus, kanker payudara, dan tumor. Karena banyaknya vitamin C, sayuran ini bisa melengkapi kebutuhan vitamin C anda tanpa ditambah dengan buah.

10. Buah jeruk
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk merupakan kandungan yang paling sedikit jika dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Sayangnya buah ini sangat mudah ditemui jd orang-orang biasanya mengonsumsi buah jeruk untuk memenuhi kebutuhan vitamin C nya. Buah jeruk berguna untuk menjaga imunitas dan mengobati penyakit flu.

11. Buah tomat
Tomat bisa dimakan secara langsung, dijus atau juga bisa digunakan untuk bahan memasak dan membuat sambal. Tomat memiliki kandungan vitamin C dibawah jeruk, yang artinya tidak terlalu banyak.

12. Cabe
Cabe adalah sayuran atau bumbu dapur yang memiliki rasa pedas. Jadi jarang orang yang mengonsumsi cabe secara langsung. Jenis cabe sangat banyak dan rata-rata mengandung vitamin C yang sangat tinggi seperti cabe merah, cabe rawit, cabe hijau, dan lain-lain.

13. Buah apel
Kandungan vitamin C dalam buah apel hanya sedikit. Buah apel berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, menstabilkan imunitas tubuh serta mengurangi adanya alergi pada tubuh.


Nah, itulah manfaat dan apa-apa saja yang mengandung vitamin C. Vitamin C memang sangat baik untuk kesehatan tetapi harus pada takaran yang benar. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dan kelebihan kadar amannya, bisa menyebabkan keguguran. 

Konsultasikan kepada dokter tiap kali anda kontrol kehamilan agar nutrisi ibu hamil terpenuhi dan tidak ada keluhan lain yang membahayakan janin.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Vitamin C Untuk Ibu Hamil Fungsi dan Manfaatnya"

loading...