semua tentang ibu hamil

6 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

loading...

loading...
Hamil adalah masa yang penting untuk wanita dalam menjaga kesehatan diri dan janin didalam kandungannya, sehingga pola hidup sehat sangat dianjurkan untuk diperaktekkan dalam rutinitas sehari-hari. Agar memiliki tubuh yang sehat, seorang wanita hamil haruslah mempu memenuhi kebutuhan gizi hariannya, salah satunya adalah kebutuhan vitamin.

Alasan mengapa vitamin dibutuhkan dan harus dipenuhi asupannya dalam tubuh, sebab tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin secara alami dalam proses metabolisme, sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin manuisa harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin.

Manfaat vitamin dalam tubuh adalah untuk menjaga ke seimbangan tubuh, membantu proses metabolisme, pembongkaran lemak menjadi energi, dan membantu dalam proses penyerapan nutrisi lainnya.

6 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat
Apa yang terjadi bila ibu hamil kekurangan vitamin?
Akan banyak masalah kesehatan yang akan muncul disaat hamil, misalkan jika Bunda mengalami kekurangan asupan vitamin D persendihan dan tulang akan mudah kropos dan beresiko janin lahir dengan tulang yang kurang sehat. Bila kekurangan vitamin C maka metabolisme tubuh terganggu dan tubuh akan rentan terserang infeksi karena menurunnya daya tahan tubuh dan banyak lagi.

Baca juga : Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Ibu Hamil 

Oleh sebab itu bunda, harus memahami secara betul nutrisi apa saja yang harus dipenuhi setiap hari, salah satunya adalah vitamin. Berikut ini ulasannya untuk Bunda :

6 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil 

1.  Vitamin A
Salah satu manfaat dari vitamin A adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengkonsumsi vitamin A sangat baik untuk Bunda yang lagi hamil di trimester pertama. Sebab biasanya ibu hamil muda rentan mengalami banyak keluhan kesehatan. Selain menjaga kesehatan tubuh Vitamin A juga umum diketahui mampu menjaga kesehatan mata.

Asupan vitamin A dapat diperoleh dari menkgonsumsi makanan berupa sayuran dan buah-buahan seperti wortel, tomat, apel, buah naga, pisang, olahan susu, umbi-umbian, bayam, buah pepaya dan mangga. Bunda bisa cari reffrensi lain makanan yang kaya akan vitamin A, jika ingin mengkonsumsi vitamin A berupa suplemen bunda harus konsultasi dokter dulu ya.

Walaupun vitamin A bagus untuk ibu hamil, mengkonsumsi vitamin A terlalu banyak atau berlebihan saat hamil justru membahayakan untuk ke sehatan janin.

2.  Vitamin B 
Vitamin B sering juga disebut dengan vitamin yang kompleks karena memiliki banyak jenis, seperti Vitamin B1, B2,B3,B5 dan seterusnya. Ke semua jenis vitamin B ini memiliki kegunaan dan manfaat untuk tubuh kita. Berikut ini ulasan singkat dari tiap-tiap vitamin B :

Vitamin B1 
Taimin adalah nama lain dari Vitmain B1 yang berfungsi untuk mengurangi keluhan morning sickness terutama untuk ibu hamil muda. Selain itu manfaat dari vitamin B1 adalah untuk menyiapkan produksi asi untuk ibu hamil di trimester akhir. Makanan sumber vitamin B1 diantaranya adalah kacang-kacangan, gandum, tomat, wortel, brokoli, anggur, jeruk dan semangka.

Vitamin B2
Vitamin B2 atau juga disebut riboflavon bermanfaat untuk membantu perkembangan janin khususnya dikehamilan minggu pertama selain itu juga berfungsi untuk memproses makanan yang bunda konsumsi menjadi nutrisi untuk janin dalam kandungan. Makanan yang mengandung vitamin B2 adalah keju, jamur, telur, kedelai, ikan dan brokoli.

Vitamin B3
Berfungsi dalam membantu anda mengurangi mual dan muntah di kehamilan pertama dan membentuk sel otak janin. Viramin B3 dibutuhkan ibu hamil sebesar 18 mg. Anda dapat melengkapi dengan konsumsi gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, susu.


Vitamin B5 
Asam pantotenat atau juga Vitamin B5 berfungsi untuk menjaga tubuh bunda tetap bertenaga sebab vitamin ini berperan dalam tubuh sebagai koenzim didalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Dari haril metabolisme ini dihasilkan energi untuk beraktifitas. Asupan vitamin ini bisa bunda peroleh dari mengkonsumsi kuning telur, ikan, alpukat, kacang-kacangan dan ubi.

Vitamin B6 
Vitamin B6 merupakan vitamin yang cukup penting dalam kesehatan yaitu berfungsi untuk memelihara fungsi darah, kulit, dan syaraf pusat pda ibu hamil sehingga bunda bisa tetap sehat. Makanan kaya akan sumber vitamin adalah kentang, ikan, hati, keju, susu, pisang, telur bayam dan wortel.
Baca juga : Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya

Vitamin B7
Vitamin ini juga dikenal dengan vitamin H atau juga dikenal dengan sebutan Biotin. Saya juga baru mengetahui bahwa istilah lain dari Vitamin B7 adalah vitamin H. Vitamin ini berguna didalam tubuh untuk mensintesis sel-sel baru yang berperan menggantikan sl yang rusak dalam tubuh kita atau dalam kata lain vitamin B7 bermanfaat untuk memulihkan tubuh ibu hamil yang lemas menjadi lebih bertenaga.

Sumber vitamin B7 adalah daging, kuning telur dan pisang. Baca juga artikel terkait : Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Vitamin B9 
Asam folat adalah nama lain dari Vitamin B9 atau juga disebut Vitamin M ini sangat dibutuhkan asupannya oleh ibu hamil, bahkan wanita yang merencanakan kehamilan di anjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B9 ini agar memiliki kandungan yang sehat.

Vitamin B9 atau folat ini berfungsi untuk membantu pembentukan syaraf janin. Ke kurangan asupan vitamin B9 pada saat hamil dapat mengakibatkan resiko bayi lahir cacat sistem syaraf otak dan kelainan tulang belakang. Sumber fitamin ini ada pada jerukm, tomat, biji bunga matahari, bayam, kacang polong dan produk-produk gandum.

Vitamin B 12 
Manfaat vitamin B12 adalah untuk membantu merubah makanan menjadi energi saat hamil, biasanya ibu hamil cenderung lemas terutama untuk ibu hamil muda. Vitamin ini baik untuk memulihkan lemas pada ibu hamil. Selain itu Vitamin 12 juga membantu memproses asam foat dalam tubuh. Makanan sumber vitamin B12 adalah susu, rumput laut dan daging sapi.


3. Vitamin C
Vitamin C berguna dalam tubuh ibu hamil sebagai zat yang membantu penyerapan zat besi, membongkar lemak menjadi energi sehingga bunda bisa lebih segar dan bugar. Selain itu Vitamin C menjaga dayatahan tubuh agar tetap sehat. Sumber vitamin C terdapat banyak pada jenis buah-buah seperti jeruk, pisang, mangga dan buah jambu.

Artikel Terkait : Vitamin C Untuk Ibu Hamil Fungsi dan Manfaatnya

4. Vitamin D
Vitamin ini berfungsi dalam pembentukan struktur tulang pada janin dalam kandungan, membantu pembentukan gigi pada bayi atau balita dan membantu dalam penyerapan kalsium. Vitamin D juga bermanfaat di dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah serangan beberapa jenis penyakit kanker. Sumber vitamin ini berada dilam tubuh kita, saat tubuh terpapar cahaya matahari yang sehat. 

5. Vitamin E
Vitamin ini juga berfungsi meningkatkakan daya tahan tubuh ibu hamil, memengurangi stress, menjaga kesehatan kulit, sebagai antioksidan alami dan menjaga sel darah merah yang mengangkut oksigen kesueluruh tubuh. Selain itu juga menjaga tubuh dari bahaya kelebihan vitamin A dan menjaganya dari kerusakan.

6. Vitamin K 
Vitamin K memiliki banyak fungsi dalam kesehatan ibu hamil salah satunya adalah untuk mencegah kroposnya tulang saat hamil karena dapat meningkatkan kepadatan struktur tulang, selain itu juga dapat melawan penyakit diabetes karena membantu kerja insulin. Sumber Vitamin K terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, selada, katuk dan brokoli

Dari kesemua vitamin di atas dibutuhkan oleh semua manusia baik  pria dan wanita, hamil dan tidak. Namun yang perlu bunda ketahui bahwa ibu hamil membutuhkan asupan lebih banyak dari wanita biasa yang tidak hamil.

Hal lain yang harus diperhatikan juga adalah jangan mengkonsumsi salah satu vitamin dengan berlebihan karena justru akan berdampak negatif. Bila Bunda ingin mengkonsumsi suplemen vitamin sebaiknya dikonsultasikan dulu terhadap dokter kandungan atau bidan agar lebih aman.

Baca juga : Perlukah Ibu Hamil Mengkonsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral?

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Vitamin Penting Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

0 komentar: