Manfaat Daging Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil

loading...
Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di dunia karena memiliki ukuran yang besar dan daging yang lezat dengan warna daging yang menarik. Mungkin bunda yang membaca artikel ini juga penasarn ya tentang manfaat mengkonsumsi daging ikan tuna untuk ibu hamil.

Sebenarnya ikan itu juga penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisi kandungan tercukupi. Nah untuk mengetahui lebih dalam manfaatnya untuk ibu hamil yuk kita bahas dulu apa saja kandungan Gizi pada daging ikan tuna seberat 100g.

Setelah saya mencari informasi yang cukup valid dan bisa dipercaya, saya menemukan info tetang kandungan gizi tuna, yaitu dari situs departemen pertanian amerika atau yang disebut juga dengan USDA. Ternyata cukup banyak juga kandungan gizi ikan tuna yang bermanfaat bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini informasinya: 

Manfaat Daging Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil


Kandungan Gizi/Nutrisi Daging Ikan Tuna Per 100g
  1. Kalori (kcal) 184
  2. Jumlah Lemak 6 g
  3. Lemak jenuh 1,6 g
  4. Lemak tak jenuh ganda 1,8 g
  5. Lemak tak jenuh tunggal 2,1 g
  6. Kolesterol 49 mg
  7. Natrium 50 mg
  8. Kalium 323 mg
  9. Protein 30 g
  10. Kalsium 10 mg
  11. Zat besi 1,3 mg
  12. Magnesium 64 mg
  13. Vitamin A 2.520 IU
  14. Vitamin B6 0,5 mg
  15. Vitamin B12 10,9 µg
Bagiamana bunda, cukup lengkap bukan nutrisinya. Sekarang yuk kita bahas apa saja manfaat dari masing-masing jenis gizi pada daging ikan tuna ini : 

Manfaat Daging Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil
Untuk memperoleh manfaat dari ikan tuna bunda bisa mengkkonsumsinya dengan cara di masak dengan baik. Bisa digureng, di panggang atau dimasak sesuai dengan selera bunda. Oke kita langsung masuk pada pokok pembahasan yaitu manfaat ikan tuna untuk wanita hamil : 

1. Kalsium 
Ikan tuna merupakan salah satu sumber kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kalsium bagi ibu hamil di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang tetap baik. Sedangkan untuk janin membantu dalam proses pembentukan tulang. Berat kalsium pada ikan tuna 100g adalah 10 mg. Perlu untuk di ketahui juga bahwa kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil perhari adalah 1300mg. 

Jadi untuk mencukupi kebutuhan kalsium bunda bisa menambahkan makanan lainnya dalam menu makan setiap hari. Bila bunda ingin lebih lanjut mengetahui tentang kalsium pada ibu hamil, bunda bisa membca juga artikel ini : Kalsium Bagi Ibu Hamil, Manfaat dan Sumbernya.

2. Zat Besi
Nutrisi yang tidak kalah penting untuk ibu hamil selain asam folat adalah zat besi dan beruntungnya daging ikan tuna juga mengandung nutrisi ini. Zat besi dalam tubuh di perlukan untuk membantu darah menyalurkan oksigen kesuluh tubuh, mencegah anemia pada ibu hamil dan membantu tubuh menghasilkan energi.

3. Kalium 
Kekurangan kalium dalam tubuh dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan diantaranya susah tidur, sering alami sakit kepala dan otot terasa lemas. Sedangkan manfaat kalium untuk ibu hamil adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu metabolisme tubuh, menjaga fungsi otak dan mencegah terjadinya kram pada ibu hamil.

4. Vitamin B6
Manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil adalah mengurangi gejala morning sickness, membantu merombak lemak dalam tubuh, Meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga tubuh ibu hamil tetap bertenaga.

Baca juga : Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil Manfaat Dan Sumbernya

5. Vitamin B12
Ikan tuna juga mengadung vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, membantu dalam memproses asam folat.

6. Protein 
Manfaat lain dari mengkonsumsi ikan tuna adalah karena mengandung protein yang berfungsi sebagai nutrisi yang berperan dalam regenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak. Selain itu protein juga sebagai sarana untuk mengatur metabolisme tubuh.

7. Natrium 
Natrium dalam tubuh ibu hamil memeliki peranan yang sangat penting, dan kebutuhan natrium dalam tubuh perhari adalah 200 hingga 500 miligram. Dengan mencukupi kebutuhan natrium sehari-hari akan bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal, jantung yang sehat dan memencegah gangguan penglihatan.

Dari salah satu nutrisi diatas yang tidak saya sebutkan adalah kolestrol, umunya bunda dan masyarakat lainnya menganggap kolestrol adalah hal yang menjadi penyebab penyakit, pada hal pernyataan ini tidak sepenuhnya benar bunda, sebab tubuh kita juga mekolestrol untuk aktifitas metabolisme. Penyakit akibat kolestrol terjadi apa bila tubuh mengkonsumsi kolestrol berlebihan.

Setelah di teliti dari kandungan nutrisi di dalam daging ikan tuna ternyata banyak juga ya manfaatnya untuk ibu hamil. Saran nih untuk bunda, agar tubuh tetap sehat bunda harus mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup ya, selain itu imbangi juga dengan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam senyum. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Daging Ikan Tuna Untuk Ibu Hamil "

loading...