semua tentang ibu hamil

Tips Cara Menghilangkan Strech Mark

loading...

loading...
Semua wanita tentunya ingin terlihat sempurna dan cantik di depan suaminya. Namun karena aktivitas dari wanita itu sendiri. Masalah yang kerap muncul adalah terjadi keluhan di kulit, seperti bekas minyak goreng, bekas terbakar atau strech mark. Kali ini kita akan membahas tentang strech mark. 

Apa itu strech mark? Strech mark adalah sebuah guratan-guratan putih kemerahan pada bagian tubuh yang memiliki panjang mulai dari milimeter sampai belasan sentimeter. strech mark biasanya muncul karena elastisitas kulit melewati batasnya. 

Seperti saat pasca hamil dan melahirkan. Banyak orang beranggapan kalau selulit dan strech mark itu sama saja. Padahal keduanya memiliki perbedaan. Strech mark adalah perenggangan kulit yang melewati batas elastisitas sedangkan selulit adalah bagian kulit yang mengalami lemak berlebihan. 

Tips Cara Menghilangkan Strech Mark

Sebab-Sebab Munculnya Strech Mark 
  1. Perenggangan kulit yang berlebihan pada ibu hamil
  2. Konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi. Obat tersebut dapat merusak kolagen kulit dan menyebabkan munculnya strech mark.
  3. Kekurangan asupan nutrisi terutama vitamin A, C, dan E.
  4. Perubahan dari gemuk ke kurus secara drastis.
  5. Terlalu banyak konsumsi makanan lemak berkalori dan berlemak tinggi.
  6. Terkena luka yang membuat sel kulit mati. 


Contohnya saat seorang wanita menstruasi, dia merasakan gatal yang sangat kemudian menggaruknya dengan kuku sekuat tenaga. Meskipun tidak langsung mengucurkan darah tapi hal tersebut juga bisa meninggalkan bekas strech mark.

Cara Mengatasi Strech Mark Secara Medis
1. Krim dan salep
Telah banyak sekali bertebaran obat penghilang strech mark dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan si apotek-apotek terdekat. Mereka mengkalim produknya mampu menghilangkan strech mark dengan mudah dan aman, padahal biasanya produk seperti ini hanya mampu untuk menyamarkan warna guratan dari strech mark tersebut

2. Terapi menggunakan laser
Kelebihan terapi menghilangkan strech mark menggunakan laser adalah strech mark bisa hilang dalam waktu cepat bahkan hanya dalam hitungan detik. Tetapi metode penyembuhan ini juga memiliki kelemahan, yakni biayanya yang mahal dan hilangnya strech mark tidak untuk selamanya, melainkan hanya berlaku selama beberapa waktu saja.

Untuk anda yang lebih suka menggunakan bahan-bahan alami. Anda juga bisa menghilangkan strech mark di rumah tanpa perlu biaya mahal 

Cara Mengatasi Strech Mark Dengan Cara Alami

1. Perbanyak konsumsi air putih
Dengan memperbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas per harinya kulit anda akan kembali elastis dan lembab. Karena strech mark terjadi akibat elastisitas kulit yang melewati batas, dengan mengembalikan elastisitas dan kelembapan kulit tentunya perlahan-lahan strech mark juga akan memudar.


2. Kopi
Gunakan bubuk kopi yang tidak bercampur dengan apapun, dan belum diseduh sebelumnya. Langsung haluskan biji kopi untuk hasil yang lebih maksimal. Anda tinggal mencampurkan bubuk kopi dan air hangat sampai membentuk krim, kemudian oleskan ke bagian strech mark secara rutin. Menghilangkan strech mark dengan kopi merupakan car yang paling terkenal dan banyak digunakan orang.


3. Bubuk cokelat
Bubuk cokelat sejatinya memang mengandung kolagen yang tinggi, sama seperti pad kopi. Gunakan masker cokelat tambahkan air hangat kemudian oleskan ke bagian strech mark secar teratur.

4. Wortel
Makanan yang satu ini bisa membantu anda untuk menghilangkan strech mark dengan cepat. Cukup haluskan wortel kemudian campur dengan madu. Setelah bercampur, oleskan ke bagian strech mark dan diamkan selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat. Pemakaian secara teratur dapat menghilangkan strech mark secara cepat.

5. Lidah buaya
Lidah buaya atau yang biasa disebut dengan aloe vera banyak mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit dan bisa menghilangkan strech mark. Anda cukup mengoleskan lendir lidah buaya secara rutin setiap harinya akan menghilangkan  strech mark secara lebih maksimal.

6. Minyak zaitun
Cara menghilangkan strech mark juga bisa menggunakan minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan vitamin C yang baik untuk kulit. Pijatkan secara rutin minyak zaitun pada strech mark dengan sendirinya bekasnya akan memudar dan menghilang. Pijatkan sesering mungkin untuk hasil yang lebih maksimal.


7. Kentang
Anda hanya perlu mengiris tebal kentang kemudian mengoleskannya ke bagian strech mark. Atau anda juga bisa memhaluskannya dan menjadikannya masker.

8. Lemon
Lemon adalah buah yang rasa asamnya sangat terkenal, namun jangan salah. Dibalik rasa masam lemok terkandung banyak vitamin C yang bagus untuk kulit. Belah lemon menjadi dua bagian, kemudian oleskan lemon ke bagian strech mark. Tunggu 30 menit kemudian bilas dengan air. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan secara teratur.

Itulah tips-tips untuk menghilangkan strech mark yang bisa anda coba di rumah. Jika melakukannya dengan alami, tentunya akan lebih dirasa aman tanpa efek samping. Meskipun biasanya memerlukan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan menghilangkan strech mark menggunakan tenaga medis.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Menghilangkan Strech Mark

0 komentar: